Pengembangan Kurikulum Kontekstual Pak Berbasis Nilai Kristiani Dan Aspirasi Belajar Peserta Didik Menurut Campbell Wyckoff

Desy Irawati Santoso, Yusthina Hardiyati Ndolu, Fernis Laia, Djoys Anneke Rantung, Stepanus Stepanus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum kontekstual Pendidikan Agama Kristen yang berakar pada nilai-nilai Kristiani dan aspirasi belajar peserta didik, dengan merujuk pada pendekatan pedagogis menurut Campbell Wyckoff. Dalam konteks perubahan zaman dan keragaman kebutuhan peserta didik, kurikulum PAK dituntut untuk lebih relevan, holistik, dan transformatif. Pendekatan kontekstual dipilih karena mampu menghubungkan nilai-nilai iman Kristen dengan realitas hidup sehari-hari peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Campbell Wyckoff menekankan pentingnya pemahaman perkembangan iman anak dan remaja sebagai dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan refleksi teologis-pedagogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum PAK yang kontekstual harus mempertimbangkan nilai-nilai kasih, keadilan, dan pengharapan dalam Kristus, serta memperhatikan suara dan harapan belajar peserta didik. Rekomendasi yang dihasilkan meliputi desain kurikulum yang dialogis, partisipatif, dan relevan dengan konteks sosial peserta didik, guna membentuk pribadi yang beriman, kritis, dan peduli terhadap sesama.


Keywords


Kurikulum Kontekstual, Pendidikan Agama Kristen, Nilai Kristiani, Aspirasi Belajar, Campbell Wyckoff

Full Text:

PDF PDF

References


Boiliu, E. R. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual dan Digital dalam Pendidikan Agama Kristen. Educatum: Jurnal Dunia Pendidikan, 2(1), 51–65.

Boiliu, N. I. (2024). Modul Colloqioum Didacticum (1st ed.). Magister Pendidikan Agama Kristen Universitas Kristen Indonesia.

Bunga, A. R., Sewak, S., Rome, R., Pasoloran, P., & Sappe, S. (2025). Rekonstruksi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Identitas Spiritual Remaja Berdasarkan Efesus 4:14-15. Cendekia Pendidikan.

Gea, R. (2025). Peran Guru PAK dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Nilai-Nilai Kristiani Pada Peserta Didik di SD Negeri 076067 Orahili , Nias Utara. April.

Gulo, R. P., & Salurante, T. (2023). Revitalisasi Pendidikan Kristen di Anticipating Era: Studi Eksposisi Efesus 5: 15-16. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 145–157.

Gultom, E., & Pasaribu, A. G. (2025). Desain Kurikulum dan Perencanaan Pengembangan Pendidikan Agama Kristen Menurut Pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters dalam Pembentukan Iman Jemaat di HKBP Pearaja Tarutung.

Hutapea, R. H., Sahertian, C. D. W., & Tarumaselly, Y. (2024). Pembelajaran kontekstual pendidikan agama Kristen melalui Tari Giring-Giring berbasis media audio visual. 10(3), 626–635.

Iman, M. N., Inaku, M. S., & Doly Hanani. (2024). Eksplorasi Tantangan Dan Peluang Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Berbasis AI: Studi Multi Perspektif DI MAdrasah Aliyah Negeri 1 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Irfani, 20(mei), 60–76.

Kristiani, Iyai, Y., & Purwonugroho, D. P. (2023). Peran Kebijakan Merdeka Belajar Terhadap Pengembangan Karakter Dan Spiritualitas Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi Kristen. Grafta, 29–37.

Lahope, T. A., Hasibuan, N., & Jenesa, A. G. (2024). Deskriptif Analisis Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Society 5 . 0. 14(1), 149–174. https://doi.org/10.46495/sdjt.v14i1.277

Lauterboom, M. (2014). Perkembangan Anak dan Remaja serta Implikasinya bagi Pendidikan Agama Kristen di Konteks Gereja 1. Makalah Seminar Sehari “Sekolah Minggu Dan Remaja,” 5.

Legi, R. E., Tolego, Y. B., Lumantow, A. I. S., & Rumetor, J. J. (2025). Pendidikan Agama Kristen Dewasa : Tantangan , Strategi , dan Implikasi Bagi Pengembangan Spiritualitas dalam Konteks Sosial-Budaya Modern. 5(1), 38–56.

Lende, S. N., & Arifianto, Y. A. (2025). Etika Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pilar Dalam Membangun Karakter Siswa Yang Berlandaskan Nilai Kristiani. 5(1), 321–335.

Lumbantoruan, J., & Pasaribu, A. G. (2024). Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum PAK Dalam Peningkatan Iman Anak Sekolah Minggu Di Gereja GBI Parhorbon Tahun 2024. Pediaqu: Pendidikan Sosial DAn Humaniora, 3, 37–48.

Nababan, K., Frisca, K. N., Manik, W., & Lumbantobing, K. (2016). Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kilas Balik Dan Arah Masa Depan. 4(1), 1–23.

Naibaho, S. L., Rantung, A. D., & Naibaho, L. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Remaja Generasi Z. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 548–561.

Padakari, S. L., & Korwa, F. (2025). Spiritualitas Kontekstual: Model Pendidikan Iman Kristen Dalam Menjawab Tantangan Generasi Z. Imitatio Christo, 1.

Picanussa, B. E. (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristiani. Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.36972/jvow.v3i1.30

Purba, Y. S., & Rantung, A. D. (2019). DESAIN KURIKULUM PAK ANAK USIA 9-12 TAHUN DI SINODE GEREJA KRISTEN PROTESTAN SIMALUNGUN (GKPS) DENGAN MENGGUNAKAN TEORI WYCKOFF. SHANAN: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 27–61.

Rondo, P., & Mokalu, V. R. (2022). Implementasi Psikologi Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter. DIDASKALIA : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 26–43. https://doi.org/10.51667/djpk.v3i1.878

Rungkat, N. J. (2022a). Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff. Jurnal Luxnos, 8(1), 25–39. https://doi.org/10.47304/jl.v8i1.169

Rungkat, N. J. (2022b). Peranan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wyckoff. LUXNOS: Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia, 8(1), 26–39. https://doi.org/https://doi.org/10.47304/jl.v8i1.169

Sagala, M. Y. S. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4, 11576–11584.

Sembiring, L. A., & Simon, S. (2022). Menggagas Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Misiologi. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 32–45. https://doi.org/10.54170/harati.v2i1.95

Sianipar, R., Bernadus, H., Tetelepta, Tafonao, T., Harefa, O., & Lombok, L. (2024). Problematika Pengajaran Pendidikan Agama Kristen di Indonesia: Perspektif Regulasi, Kurikulum, Dan Sarana Prasarana. Jurnal Dunia Pendidikan, 1(1), 145–154.

Simanjuntak, J. M. (2023). Desain Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Implementasi Desain dan Pengembangan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Pelayanan Pendewasaan Umat di Sekolah dan Gereja. Penerbit Andi.

Stanley, & Demmaloga. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Anak Di Panti Asuhan Griya Shekinah Mataram. 3(2), 188–205.

Sukino, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1. https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6597

Tarumingi, D. A., & Kampilong, J. K. (2024). Mengasihi dalam perubahan pendidikan Agama Kristen di tengah perubahan zaman. Gema Edukasi Mandiri.

Tonapa, D., Legi, R. E., Ivone, A., Lumantow, S., Herman, Y., Jennifer, A., Mailoor, A., Tinggi, S., Transformasi, T., & Manado, I. (2025). Membangun Karakter Kristiani Melalui Agama Kristen Building Christian Character Trough Contextual Approach In. 6(1).

Usmany, J. R., & Sutiono, V. S. (2022). Integritas guru pendidikan agama kristen dalam kurikulum merdeka belajar. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(1), 89–105.

Waldes Hasugian. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa di Gereja. Kurios, 5(1), 36.

Yenni Septiani Purba, D. A. R. (2019). Desain Kurikulum PAK Anak Usia 9-12 Tahun Di Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Dengan Menggunakan Teori Wyckoff. Shanan, 3, 1–23.

Zega, Y. A., & Zebua, W. S. (2025). Transformasi Strategi Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Metode Heuristik Bagi Generasi Z. 1. https://doi.org/10.63536/imitatiochristo.v1i1.1

Zega, Y. K. (2020). Teori Perkembangan Iman Menurut James Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen. Pendidikan Dan Kebudayaan Misso, 12(2), 140–151.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v10i2.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot