Pembelajaran Inquiry Menurut John Dewey dan Penerapannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen

Agustina Sipahutar, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho

Abstract


Artikel ini membahas tentang pembelajaran inquiry yang diusulkan oleh John Dewey dan penerapannya dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Pembelajaran inquiry adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada eksplorasi aktif, penemuan, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. John Dewey, seorang filsuf pendidikan terkenal, mengembangkan konsep ini sebagai alternatif terhadap pendekatan pembelajaran tradisional yang berfokus pada pemindahan pengetahuan dari guru ke siswa. Metode penulisan kepustakaan digunakan dalam penelitian ini, di mana berbagai sumber kepustakaan, termasuk buku, artikel jurnal, dan sumber-sumber online, digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pembelajaran inquiry dan penerapannya dalam Pendidikan Agama Kristen. Melalui pembelajaran inquiry, siswa dapat aktif terlibat dalam eksplorasi dan diskusi yang lebih mendalam tentang nilai-nilai dan keyakinan Kristen. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman yang lebih mendalam, dan pengembangan kemampuan berpikir kritis dalam konteks agama Kristen.


Keywords


Model Pembelajaran Inquiry, John Dewey, Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Pt Refika Aditama, 2018.

Atmoko, Banu. “Ajarkan Siswa Keterampilan Berpikir Kritis.” Rumah Belajar. Last Modified 2020. Http://Pena.Belajar.Kemdikbud.Go.Id/2020/01/Ajarkan-Siswa-Keterampilan-Berpikir-Kritis/.

Christofer, Irawati. "Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri untuk Penguasaan Konsep pada Pembelajaran PAK Jarak Jauh." Jornal Bonafide: Jurusan Teologi dan Pendidikan Kristen, Siau, Vol.3, No. 2 (2022). Available at: http://jurnal.sttissiau.ac.id/index.php/jbs/article/view/124

Cobb, P., & Kallus, M. (2011). A framework for supporting collaborative inquiry in mathematics classrooms. In R. K. Sawyer (Ed.), Structure and agency in the neoliberal university (pp. 65-81). Routledge.

Dewey, John. Democracy and Education (New York: Dover Publication Inc, 2004). Hal. 4-6.

Diane H. Tracey Lesley Mandel Morrow. Lenses On Reading An Introduction To Theories And Models. London (U.K.): Guilford Press, 2012.

Mashfufah, Aynin, Joko Nurkamto, Sajidan, dan Wiranto. Model Pembelajaran Inquiry Laboratory Berbasis Etno-Sosioekologi Untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan Pada Mahasiswa. Penerbit Lakeisha, 2020. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Kdyheaaaqbaj.

H. Darmadi. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa, Cetakan Pertama: Februari. Deepublish, Sleman. 2017.

Maulana, Muhammad. “Melatih Siswa Berpikir Historis Dengan Model Pembelajaran Inquiry Training (Latihan Penelitian)” (2019): 9–25.

Murnaka, Nerru Pranuta, dan Sri Ratna Dewi. “Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.” Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang 2, No. 2 (2018): 163.

Rahman, Abdul. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Riset. Guepedia, 2014. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Pxrneaaaqbaj.

Pavnifto, Robert W. Foundational Issues in Christian Education, 2d ed. (Grand Rapids: Baker). 1987.

Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pemikiran dan Praktek PAK dari Plato sampai Ig. Layola cetakan 6. Jakarta: BPK Gunung Mulia. 2002.

Setiasih, Shanty Della, Regina Lichteria Panjaitan, Julia. “Penggunaan Model Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet Di Kelas V Sdn Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang.” Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No (2016): 1-19.

Sudarmanto, E., S Mayratih, A Kurniawan, L A Abdillah, M Martriwati, T Siregar, R M Noer, et al. Model Pembelajaran Era Society 5.0. 1. Penerbit Insania, 2021. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Isk5eaaaqbaj.

T. Saiful Akbar. “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun Dan John Dewey.” Jurnal Ilmiah Didaktika Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran Vol 15, No (2015): 21-34.

Verawati, S.P, Wahyudi, & Chairunnisya, S. “Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Ni Nyoman Sri Putu Verawati, 2 Wahyudi, 3 Chairunnisya Sahidu” 5, No. 1 (2015): 18–23.

Wardoyo, S. M. Pembelajaran Konstruktivisme Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta, 2015.

Kilpatrick, William Heard. “Dewey’s Philosophy of Education,” Educational Forum 17, no. 2 (1953): 143-154




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v8i2.184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.