Pembelajaran Transformatif Pendidikan Agama Kristen di Era Teknologi Digital

Darti Darti, Djoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, Noh Ibrahim Boiliu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih pada dunia pendidikan khususnya Pendidikan Agama Kristen. Menghadapi era teknologi digital, guru Pendidikan Agama Kristen harus dapat melakukan transformasi dalam pembelajaran khususnya di sekolah. Upaya transformasi tersebut harus mampu memahami karakteristik generasi milenial dan generasi Z untuk menentukan strategi mengajar yang efektif. Melalui teori pembelajaran transformatif, guru Pendidikan Agama Kristen dapat mengadaptasi pemebelajaran transformatif bahwa dalam konteks Indonesia, transformasi pendidikan Kristen memiliki tujuan yaitu, mempromosikan ciri dari kewarganegaraan yang berilmu, serta menghayati identitas kebersamaan secara kolektif dalam satu kesatuan. Hal ini didasari karena pendidikan Kristen berasal dari, oleh dan untuk warga gereja dan pada saat yang sama merupakan warga negara, yang bersifat publik. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini ialah metode literatur yaitu dengan menggali ide dan mengutip pendapat dari penulis buku serta artikel yang dapat menjadi acuan tulisan ini. Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa tujuan utama PAK adalah membawa peserta didik untuk mengenal lebih dekat kepada kasih Allah dalam Kristus.

Keywords


Pembelajaran, transformatif, Pendidikan Agama Kristen, Era Teknologi Digital

Full Text:

PDF

References


Allen, Judy. "A Lesson from Paul on Transformation." 2017. https://openthebible.org/article/a-lesson-from-paul-on-transformation/ diakses 21 mei 2023

Amon, Sensius Karlau dkk. “Pendidikan Agama Kristen Berpola Pedagogik Transformatif Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menurut Matius 11:28-30”. Journal of Christian Education Vol.3 No.2 (2022): 124-147

Borromeus Mulyatno, Carolus. “Pengalaman Para Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Setelah Berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat”. Jurnal Basicedu Vol. 6 No.5 (2022): 7797-7805

Cohen. In Christian Transformative and Spiritual Learning: Toward a Model for Pedagogical and Theological Clarity, by Colin Meneely. 2015.

Dharmawan, I Putu Ayub, dkk. "Pengajaran Berbasis Teknologi Digital (Perkembangan dan Praktik)." Widina Bhakti Persada, 2022.

Keriapi, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia”. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol.5 No.2 (2020): 82-93

Meneely, Colin. "Christian Transformative and Spiritual Learning: Toward a Model for Pedagogical and Theological Clarity." 2015.

Nusantara, Widya dan M. Djauzi Muzakir. “Pembelajaran Transformatif Pada Kegiatan Pendampingan Anak Jalanan di Kota Malang”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (PJJ) Vol.22 No.1, (2015): 1-13

Pengelola Web Kemendikbud, “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19.” Kemdikbud.go.id, 2020.

P, Graham C and Longchamp. Transformative Education. taylor francis, 2022.

Reynard, Ruth. Critical Approaches - Education for Change and Transformation Within the Church. Trevecca Nazarene University, https://didache.nazarene.org/index.php/volume-6-1/56-6-1-reynard

Rowan, Leonie. "Transformative Approaches to New Technologies and Student Diversity in Futures-Oriented Classrooms." In Transformative Approaches to New Technologies and Student Diversity in Futures-Oriented Classrooms: Future Proofing Education, by Leonie Rowan. B.V.: Springer Science+Business Media, 2012.

Saputra, Tjendanawangi dan Serdianus. “Pelayanan Yesus Sebagai Teladan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Agama Kristen”. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Vol. 3 No.2 (2022): 252-273

Saputri. Media Pembelajaran Era Teknologi digital. Jakarta: Non, 2022.

Saputri, Namda Rizky. "Instagram Reels as Media in Writing Procedure Text for the Ninth Grade Students of SMPN Pageruyung Academic Year 2021/2022." Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2021. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.519

Seel, Norbert M. "Encyclopedia of the Sciences of Learning." In Experimental and Quasi-Experimental Design for Research on Learning, by Seel N, 3341-3344. Springer: Springer References, 2012.

Taylor, Edward W. The Theory and Practice of Transformative Learning: A Critical Review. Washington DC: Columbus,2012, 198. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-6300-797-9_2 diakses pada tanggal 21 Mei 2023

University, Western Governors. "What is transformative Learning?" WGU Blog, 2020.

Welton. In Christian Transformative and Spiritual Learning: Toward a Moddel for Pedagogical and Theological Clarity, by Colin Meneely. 2015.

Y, Masinambow. "Transformasi Pendidikan Kristen Dalam Konteks Kebangsaan Indonesia." EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2021: 120-136.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v8i2.175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.