Supervisi Akademik Untuk Peningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen

Hemi Bara Pa, Kristian E. Y. M. Afi, Maglon Ferdinand Banamtuan

Abstract


Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan supervisi akademik oleh pengawas untuk meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen. Metode yang digunakan pada riset ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Maka hasil yang diperoleh pada saat melakukan riset tersebut adalah 1). Perencanaan supervisi akademik dilakukan oleh pengawas adalah melakukan koordinasi dengan Kepala Sekolah untuk membimbing dan mengarahkan guru Pendidikan Agama Kristen untuk selalu mempersiapkan seluruh perangkat pembelajaran sebagai kelengkapan dari supervisi akademik; 2). Pelaksanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas selalu diberikan keluasan kepada guru Pendidikan Agama Kristen untuk tetap mengajar di dalam kelas; 3). Evaluasi supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas kepada guru Pendidikan Agama Kristen ada memberikan laporan tertulis kepada pengawas dan kepala sekolah tentang hasil belajar siswa; dan 4). Tindak Lanjut supervisi akademik, laporan hasil evaluasi belajar yang dimasukan ke pengawas dan kepala sekolah dijadikan sebagai bahan untuk evaluasi untuk mempertimbangkan kinerja guru Pendidikan Agama Kristen.


Keywords


Supervisi Akademik; Pengawas; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Rahman, A. “Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan,” PILAR, Vol 12, No 2 (2021): 50-65.

Ambarita, B, P Siburian, dan S Purba, Pengembangan Disain Model Supervisi Akademik Berbasis Manajemen Pendidikan. digilib.unimed.ac.id, (2014): 41-53.

Chadijah, C.“Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Etos Kerja Mandiri Guru SD Kota Lhokseumawe,” Jurnal Serambi Akademica, Vol. 7 No. 3 (2019): 321-327.

Jati, D H P, “Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMA Kristen Satya Wacana,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4 No. 2 (2022): 2331-2337.

Baety, D N dan D R Munandar, “Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19,” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3 No. 3 (2021): 880-889.

Firmansyah, F.“Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3 No. 2 2021 (589-597).

Guntoro, G, “Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Jurnal Ilmiah Iqra’, Vol 14, No 1 (2020): 64-77.

Fatkhurokhim, H. “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan terhadap kinerja guru di sekolah dasar,” BASIC EDUCATION, Vol. 5 No. 33 (2016): 114-120.

Matondang, L dan S Syahril, “Kinerja Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3 No. 6 (2021): 4094-4101.

Ansori, M. Metode penelitian kuantitatif Edisi 2 (books.google.com, 2020), (81-83).

Isnaini, M. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor dalam Pengawasan Kinerja Guru di Sekolah Dasar,” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA (journal.uinmataram.ac.id), Vol.18 No. 2 (2019): 215-228.

Pohan, M. “Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah di Masa Pandemi Covid 19,” Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan (scholar.archive.org, 2020), vol. 4. No. 2. (2020): 195-208.

Muchlis, M.“Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” Journal Of Administration and Educational. Vol 5, No 1, (2022. (49-58).

Priadana, M. S. dan D Sunarsi, Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books, 2021, (43-45)

Nuriati, N., M Azis, dan H A S Husain AS, “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4 No. 1 2022 (565 - 571).

Ramlis, R. “Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Dengan Teknik Individual Di SD Negeri 16 Surau Laut Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner (JIPV), Vol.4 No. 1 2023 (8-14) 2023.

Adibah, W., S Suhartono, dan R Hidayat, “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.3 No. 4 2021 (1997-2007),

Anuli, Y. “Penerapan Supervisi Klinis Oleh Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru,” TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 6 No. 1 2018, (29-39).

Widyastuti, Y“Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Mengolah Administrasi Pembelajaran Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.8 No. 2 2020 (162-169).




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v9i1.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.