Gambaran Religiusitas Remaja Kristen Broken Home di Kelurahan Fatululi Kota Kupang

Ireni I. Pellokila, Delsylia Tresnawati Ufi, Kristian Edison Afi

Abstract


Penelitian berjudul “Gambaran Religiusitas Remaja Kristen Broken Home di Kelurahan Fatululi Kota Kupang” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran religiusitas remaja Kristen broken home di Kelurahan Fatului Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Penelitian dilakukan di Kelurahan Fatululi Kecamatan Oebobo Kota Kupang NTT. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif kualitatif yaitu metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap remaja Kristen Broken Home di Kelurahan Fatululi Kota Kupang. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan Dimensi religiusitas dari Glock dan Stark, yaitu: Dimensi  Practice, dimensi religious belief, Dimensi religious knowledg, Dimensi religious feeling, dimensi Religius Effect.


Keywords


Broken Home; Religiuisitas; Remaja Kristen

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Muhammad Zul, Hasnawi Haris, dan Muhammad Akbal. “Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah.” Phinisi Integration Review 3, No. 2 (2020): 305.

Aviyah, Evi, dan Muhammad Farid. “Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja.” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 3, No. 02 (2014).

Azam, Afshan, Qiang Fu, Ibrahim Abdullah, dan Syed Ali Abbas. “Impact of 5-D of Religiosity on Diffusion Rate of Innovation.” International Journal of Business & Social Science 2, No. 17 (2011).

Djie, Anita, dan Jessica Ariela. “Religiusitas dan Ketidakjujuran Akademik Pada Mahasiswa Kristen di Universitas Kristen di Tangerang.” Indonesian Journal for The Psychology of Religion 1, No. 1 (2021).

Fitriani, Annisa. “Peran Religiusitas dalam Meningkatkan Psychological.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama XI, No. 1 (2016).

Gunarsa, Prof. Dr. Singgih. D, dan Dra. Yulia D. Gunarsa. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. BPK Gunung Mulia, 2008.

Hartanti, Santi Sri, and Vira Salsabila. “Analisis Kondisi Fisik dan Psikis Terhadap Anak Korban Broken Home.” Fmipa Nasional UNIMUS (2020).

Hurlock, Elizabeth B. “Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima.” Jakarta : Erlangga, No. Edisi 5 (2011).

Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, dan Bambang Samsul Arifin. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, No. 1 (March 2022): 1224-1238.

Lie, Fitriyani, Pupung Puspa Ardini, Setiyo Utoyo, dan Yenti Juniarti. “Tumbuh Kembang Anak Broken Home.” Jurnal Pelita PAUD 4, No. 1 (2019).

Muttaqin, I, and B Sulistyo -. “Analisis Faktor Penyebab dan Dampak Keluarga Broken Home.” Raheema 6, No. 2 (2019).

Sarbini, Wasil, and Kusuma Wulandari. “Kondisi Psikologi Anak dari Keluarga Yang Bercerai (The Conditions of Child Psychology Toward Family Divorced).” Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2014 (2014).

Sativa, alisa rosi, and avin fadilla Helmi. “Syukur dan Harga Diri dengan Kebahagiaan Remaja.” (2006).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta, 2013.

Thouless, H. R. Pengantar Psikologi Agama. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2000.

Urratun, Nasikhah, dan SU Prihastuti. “Hubungan Antara Tingkat Religiusitas dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Masa Remaja Awal.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan 2, no. 2 (August 2013): 69-72.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v8i1.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.