Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan dalam Membina Sikap Toleransi Beragama

Viktor Deni Siregar, Fredik Melkias Boiliu

Abstract


Sikap toleransi sebagai suatu landasan yang sangat penting untuk memberikan kedamaian dan kerukunan antar umat beragama sehingga saling menghargai dan menerima menjadi hal penting untuk dilakukan dalam keberagaman agama. Penelitian ini dilakukan bertujuan agar terbinanya sikap toleransi dalam beragama melalui pendekatan PAK Humanis sebagai paradigma yang baru dalam memandang toleransi bukan dari sisi doktrinal namun lebih kepada kemanusiaan terhadap kemajemukan umat beragama di Indonesia. Pentingnya penelitian ini dilakukan agar setiap orang Kristen memandang keberagaman yang ada bukan untuk dicurigai sebagai hal yang mengganggu keimanan namun harus mengimplementasikan ajaran Yesus Kristus untuk saling menerima dan mengasihi sesama manusia tanpa melihat suku, agama, ras, antargolongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data, menganalisis, dan memberikan tanggapan argumen melalui artikel jurnal, buku, dan Alkitab yang berkaitan dengan pembahasan sehingga ditemukan hasil PAK Humanis dalam membina sikap toleransi beragama.


Keywords


Humanis; Membina; Pendidikan Agama Kristen; Toleransi Beragama

Full Text:

PDF

References


Bakar, Abu. “Konsep Toleransi dan Kebebasan Beragama.” TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama 7, No. 2 (2015): 123-31.

Butar-Butar, Dayanto Rikardo, Ester Lina Situmorang, Jabes Pasaribu, dan Manahan Uji Simanjuntak. “Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Toleransi dan Implementasinya Ditengah Masyarakat Majemuk.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 4, No. 1 (2019): 88-101.

Casram. “Membangun Sikap Toleransi Beragama dalam Masyarakat Plural.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, No. 2 (2016): 187-98.

Devi, Dwi Ananta. Toleransi Beragama. Alprin, 2020.

Fredik Melkias Boiliu, Noh Ibrahim Boiliu, dan Esther Rela Intart. “Pendidikan Agama Kristen Antisipatif Radikalisme dalam Beragama di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei 4, No. 2 (2019): 124-36.

Gea, Leniwan Darmawati, dan I Putu Ayub Darmawan. “Tantangan Humanisme Bagi Pendidikan Agama Kristen Abad 21 dan Tanggap Teologisnya.” Jurnal Shanan 5, No. 1 (2021): 1-14.

Hastuti, Ruwi. “Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi.” Jurnal Antusias 2, No. 4 (2013): 23-68.

Hernowo, Aris, Alvyn Hendriks, Stimson Hutagalung, dan Rolyana Ferinia. “Akulturasi Nilai Adiluhung "Urip Iku Urup" dan Matius 5 : 16 Bagi Masyarakat Agama yang Kultural.” Jurnal Religi: Jurnal Studi Agama-Agama 18, No. 01 (2022): 1-18.

Huldayanti, Kristanti Winarti. “Hubungan Pendidikan Agama Kristen dan Ilmu Humaniora Ditinjau dari Perspektif Sejarah Pendidikan Agama Kristen.” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia 7, No. 6 (2022): 7293-7308.

Indonesia, Redaksi. “Suku Bangsa.” Portal Informasi Indonesia, 2017. https://indonesia.go.id//profil/suku-bangsa/kebudayaan/suku-bangsa?lang=1.

Jenjang, Kristen, Sekolah Menengah, Juanda Manullang, Renny Maria, dan Agustinus Manullang. “Relevansi Pendidikan Humanis Paulo Freire dengan Pendidikan Agama” 7, No. 2 (2021): 482-90.

Matitaputty, Prasetio L Th. “Merawat Hidup Bersama di Tengah Kemajemukan dan Konflik Antarumat Beragama.” ARUMBAE 3, No. 1 (2021): 51-62.

Sigit, Kidung Asmara, dan Ismail Hasani. Intoleransi Semasa Pandemi. Edited by Halili Hasan. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara, 2020.

Siregar, Viktor Deni, Mersi Yolandra Bohalima, Talizaro Tafonao, dan Yunardi Kristian. “Intervensi Teologis Kristen Sebagai Perspektif Toleransi Pluralisme Agama-Agama.” CHARISTHEO 2, No. 1 (2022): 100-111.

Siregar, Viktor Deni, and Talizaro Tafonao. “Berbagai Konflik Dialami Oleh Remaja di Era Digital 4.0 Ditinjau dari Psikologi Perkembangan Afektif.” In Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1:13-20, 2021.

Widodo, Priyantoro. “Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia.” PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 15, No. 5 (2019): 9-14.

Yuliana, Asnah. “Teori Abraham Maslow dalam Analisa Kebutuhan Pemustaka.” Libraria 6, No. 2 (2018): 349-76.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v8i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot