Evaluasi Pembelajaran Model CIPP Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen

Rinto Hasiholan Hutapea

Abstract


This manuscript intends to examine the learning evaluation of the CIPP (Context, Input, Process, Product) model as a measuring tool that can be used by Christian Religious Education teachers to determine teaching success. Literature review is the approach used to achieve the objectives of this study. The results of the study revealed that the success of teaching Christian Religious Education teachers cannot ignore aspects of the learning context. Where Christian Religious Education teachers need to pay attention to the media and learning facilities available and used. The availability of learning facilities, the understanding of students and teachers in the use of media, as well as the quality of the material delivered in the classroom are inputs that also need to be considered by the teacher. This aspect of input is closely related to the competence of the Christian Religious Education teacher himself. Where teachers are required to have the ability to use facilities, learning media, and the ability to master learning materials. This aspect of the process becomes the next important part as a measure of the success of teaching Christian Religious Education teachers. Especially the evaluation of each learning implementation process. Be it evaluation of the process of teacher teaching activities, evaluation of the process of using and utilizing media and learning facilities, as well as evaluating obstacles and obstacles in learning. Finally, the product aspect which includes the results of the implementation of learning, as well as the impact of the knowledge possessed by students and teachers are aspects that encourage the success of teaching Christian Religious Education teachers. Where the results of the implementation of learning in the classroom can be seen from the level of efficiency and effectiveness of teaching teachers. Whether it is related to the use of effective learning methods and media, or subject matter that is easy to understand and accept by students.

Manuskrip ini bermaksud untuk mengkaji evaluasi pembelajaran model CIPP (Context, Input, Process, Product) sebagai alat ukur yang dapat digunakan oleh guru Pendidikan Agama Kristen untuk mengetahui keberhasilan mengajar. Literatur review menjadi pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan dari penelitian ini. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keberhasilan mengajar guru Pendidikan Agama Kristen tidak dapat mengabaikan aspek konteks pembelajaran. Dimana guru Pendidikan Agama Kristen perlu menaruh perhatian pada media dan sarana pembelajaran yang tersedia maupun yang digunakan. Ketersediaan fasilitas pembelajaran, pemahaman peserta didik dan guru dalam penggunaan media, serta kualitas materi yang disampaikan dalam kelas menjadi input yang juga perlu diperhatikan oleh guru. Aspek input ini berkaitan erat dengan kompetensi guru Pendidikan Agama Kristen itu sendiri. Dimana guru dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menggunakan fasilitas, media pembelajaran, maupun kemampuan dalam menguasai materi pembelajaran. Aspek proses menjadi bagian penting berikutnya sebagai alat ukur keberhasilan mengajar guru Pendidikan Agama Kristen. Khususnya evaluasi setiap proses pelaksanaan pembelajaran. Baik itu evaluasi proses aktivitas mengajar guru, evaluasi proses penggunaan dan pemanfaatan media maupun sarana pembelajaran, serta evaluasi hambatan dan kendala-kendala dalam pembelajaran. Terakhir, aspek produk yang meliputi hasil pelaksanaan pembelajaran, serta dampak pengetahuan yang dimiliki peserta didik dan guru menjadi aspek yang mendorong keberhasilan mengajar guru Pendidikan Agama Kristen. Dimana hasil pelaksanaan pembelajaran di kelas dapat dilihat dari tingkat efisiensi dan efektivitas mengajar guru. Baik itu berkaitan dengan penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif, maupun materi pelajaran yang mudah dipahami dan diterima oleh peserta didik.

Keywords


evaluasi pembelajaran; guru; model CIPP; pendidikan agama kristen

Full Text:

PDF

References


Abdullah. “Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Guru 2, no. 4 (2021): 33–42.

Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Nurmiani Sinaga. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadap Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 2 (2020): 1689–1699.

Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. Universitas Kristen Satya Wacana, 2020. http://dx.doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Asmuni, Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy. LPPM IKIP Mataram, 2020. http://dx.doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Fitrah, Muh., and Ruslan. “Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Bima.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2021): 178–187.

Handayani, Ch. Dini Ika. “Efektifitas Pembelajaran Melalui Media Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid 19.” Kajian Ekonomi Dan Bisnis. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi SBI Yogyakarta, 2020. http://dx.doi.org/10.51277/keb.v15i2.71.

Hindrasti, Nur Eka Kusuma, and Ardi Widhia Sabekti. “Pengalaman Calon Guru Sains Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Sains (Jps) 8, no. 2 (2020): 139.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Luthfi, Nurrana Fitria, and Syukrul Hamdi. “Evaluation of Online Learning in Natural Science for Junior High School.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 24, no. 2 (2020): 218–227.

Mansyur, R. A. “Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and learning journal 1, no. 2 (2020).

Mukti, M. Panji Wahyu, and Wahyu Lestari. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya Di SMP 1 Jekulo Kudus Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Sitakara VI, no. 1 (2020).

Mulyanah, Nyi, and Ana Andriani. “Strategi Bimbingan Dan Pelatihan Guru Dalam Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Google Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid -19” 2 (2021): 67–73.

Pratama, Rio Erwan, and Sri Mulyati. “Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Gagasan Pendidikan Indonesia. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2020. http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405.

Pujiono, Andrias. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Society 5.0.” Skenoo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2021).

Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Rezeki, Putri. “Teknik Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19.” at-Tarbiyah al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020): 61.

Sakina, Nahdiyah, Sri Nurmawati, Yuni Sarawati, and Ahmad Walid. “Evaluasi Pembelajaran Daring Terhadap Mata Kuliah Statistika IPA IAIN Bengkulu.” Academy of Education Journal. Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, 2021. http://dx.doi.org/10.47200/aoej.v12i1.436.

Sutarto, Sutarto, Dewi Purnama Sari, and Irwan Fathurrochman. “Teacher Strategies in Online Learning to Increase Students’ Interest in Learning during COVID-19 Pandemic.” Jurnal Konseling dan Pendidikan 8, no. 3 (2020): 129.

Syarifudin, Albitar Septian. “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua 5, no. 1 (2020): 31–34.

Wirawan. Evaluasi. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Yudiawan, Agus. “Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat.” AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong, 2020. http://dx.doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64.

Yusuf, Muri. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v7i2.141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.