Peran Guru PAK dalam Mengemban Missio Dei di Zaman Post-modern Melalui Pembelajaran PAK di Sekolah

Nelson Hasibuan, Johnson Sitorus, Ampinia Rahap Wanyi Rohy, Edwin Goklas Silalahi

Abstract


Adapun tujuan dalam artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terkait bagaimana peran guru PAK dalam mengemban Missio Dei di zaman post-modern melalui pembelajaran PAK di sekolah. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif deskriptif pendekatan studi kepustakaan; melalui jurnal-jurnal dan buku-buku yang bereputasi baik. Sementara itu, hasil temuan dalam penelitian ini adalah peran guru PAK dalam misio dei di sekolah; pertama, pendidik mengutamakan otoritas Alkitab di sekolah. Guru PAK harus mengajarkan bahwa Alkitab adalah sumber moralitas, iman, dan aspek kehidupan lainnya. Kedua, pendidik memperkenalkan pribadi Tuhan Yesus Kristus di sekolah. Karena Yesus adalah jalan, kebenaran, dan hidup, orang dapat memperoleh pengenalan yang benar tentang pribadi dan karya Allah (Yohanes 1:18; 14:6). Pendidik akan dapat lebih memahami kehendak Allah. Pendidik yang merasa terpanggil harus terlibat dalam proses PAK, yaitu memiliki keterpanggilan untuk mewujudkan tanda-tanda kerajaan Tuhan dalam kehidupan pribadinya atau dalam sekolah harus mengajarkan hal tersebut di zaman post-modern.


Keywords


Guru Pendidikan Agama Kristen, Missio Dei, Zaman Post-modern

Full Text:

PDF

References


Amtiran, A. A. Memahami Missio Dei sebagai Suatu Perjumpaan Misioner dengan Budaya. Magnum Opus: Jurnal Teolog dan Kepemimpinan Kristen, Vol. 1 No. 1 (2019). DOI: https://doi.org/10.52220/magnum.v1i1.26.

Arrington, F. L. Doktrin Kristen Perspektif Pentakosta. Andi. 2015

Betu, M. K., & Arifianto, Y. A. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Misi Kristen: Upaya Aktualisasi Amanat Agung. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial, Dan Budaya, Vol. 5, No. 1. (2020). DOI: https://doi.org/10.53827/lz.v5i1.79

Chadwick, R. P. Teaching And Learning An Integrated Approach to Christian Education. Fleming H. Revell Co. 2011.

Darmawan, I. P. A. Pendidikan Kristen di Era Postmodern. Jurnal Simpson: Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 1, No. 1 (2014). https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/Js/article/view/3.

Geisle, N., & Geisler, D. Conversational Evangelism, Bagaimana Mendengarkan dan Berbicara agar Didengarkan. Yayasan Gloria. 2010.

Handoko, Y. T. Belajar Penginjilan dari Yesus (Pengajaran dari Yohanes 4:3-26). 2023. https://www.warungsatekamu.org/2019/11/belajar-penginjilan-dari-yesus-pengajaran-dari-yohanes-43-26/diakses

Hasibuan, N. Contextual Teaching and Learning (Sebuah Paradigma Baru Tentang Strategi Pembelajaran PAK). PT. Multigraph Print. 2018.

Hasibuan, N. Shema Israel Dan Implementasinya Dalam Pendidikan Keluarga Kristen Di GBI Sumber Sari Bandung. Mawar Saron: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, Vol. 1, No. 1 (2018). DOI: https://ojs.sttmsl.ac.id/index.php/Jurung/article/view/3.

Hendricks, H. Penginjilan Langsung dalam Youth for Christ, Pola Hidup Kristen. 2017.

Herwanto, L. I. Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Karakter Anak. EDUKASI; Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 10, No. 1 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.47562/edk.v10i1.80.

Homrighausen, E. G., & Enklaar, I. H. Pendidikan Agama Kristen. BPK Gunung Mulia. 2013.

Kolibu, D. R. Buku Ajar: Teologi Pendidikan Agama Kristen. Program Pascasarjana, Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen Universitas Kristen Indonesia. 2016.

Kristianto, P. L. Prinsip & Praktik Pendidikan Agama Kristen. Andi Offset. 2016.

Lim, J. T. K. Hebrew, Hermeneutics and Homiletics: Collected Works with New Essays and Sermons of Johnson T. K. Lim. Word N. Works. 2010.

Lumintang, S. I. Theologia & Misiologia Reformed (Menuju Kepada Pemikiran Reformed & Menjawab Keberatan). Departemen Literatur PPII. 2016.

Manullang, M. Misi Dalam Perjanjian Lama. Jurrnal Teologi “Caltivation’, Vol. 3, No. 1 (2019): 654–662. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jtc.v3i1

Mulyono, Y. S. Implementasi Pengajaran Hidup Benar Menurut Roh Kudus Berdasarkan Galatia 5:16-26. METANOIA, Vol. 3, No. 1 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.55962/metanoia.v3i

Nainggolan, J. M. Pendidikan Berbasis Nilai-nilai Kristiani. Bina Media Informasi. 2011.

Pasaribu, S. Hubungan Keterampilan Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran PAK Dengan Perkembangan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 6 Kota Pematangsiantar. 2023. https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/3914/

Pazmino, R. W. Foundation Issues in Christian Education. Baker Book House Company. 2018.

Peters, G. W. Teologi Alkitabiah Tentang Pekabaran Injil. Gandum Mas. 2016.

Purwantara, I. R. Penginjilan, Menyingkirkan Kendala-Kendala Intelektual dalam Penginjilan. Penerbit ANDI. 2012.

Sari, M. dan Asmendri. Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian IPA. (Library Research). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Vol. 6, No. 1 (2020), (41-53). oai:ojs.ejournal.uinib.ac.id/jurnal:article/1555.

Sidjabat, B. S. Strategi Pendidikan Kristen (Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis). Andi Offset. 2015.

Sumiyatiningsih, D. Mengajar dengan Kreatif & Menarik (Buku Pegangan untuk Mengajar Pendidikan Agama Kristen). Andi Offset. 2016.

Taileleu, R. Prinsip Penginjilan Menurut Matius 28:16-28 Dan Implikasinya Bagi Gereja Masa Kini (Studi Eksegetis). 2017. http://repo.sttsetia.ac.id/id/eprint/83

Telaubanua, A. H. N. Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Industri 4.0. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 6, No. 2 (2020). DOI: https://doi.org/10.51689/it.v6i2.243.

Telaumbanua, A. Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. Fidei: Vol. 1, No. 2 (2018). DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v8i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.