Makna Relasi Menurut Perspektif Martin Buber dalam Komunikasi di Era Teknologi Digital dan Relevansinya dalam PAK

Delinda Elizabeth Aritonang, Fernando Dapot Hamonangan Lumbantobing, Jilian Kristina Laondang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa konsep berpikir relasi Martin Bubber merupakan konsep relasi manusia dalam komunikasi di era teknologi digital. Pentingnya relasi manusia kepada Allah dan sesama manusia sekitar berdampak positif bagi kehidupan komunikasi manusia sebagai  makhluk sosial. Namun, di era teknologi digital, terdapat pergeseren makna relasi dalam kehidupan manusia dimana komunikasi semakin pasif seiring pesatnya perkembangan teknologi. Metode kualitatif deskriptif dilakukan untuk mengumpulkan data, menganalisis, dan mengevaluasi melalui pemikiran kritis dari buku, artikel jurnal dan Alkitab yang berkaitan dengan pembahasan. Metode ini membagi penelitian ini menjadi tiga poin penting. Pertama, makna relasi dari perspektif Martin Bubber. Kedua, memaknai relasi di era teknologi digital dalam konsep berpikir Martin Bubber. Ketiga, Relevansinya dalam Pendidikan Agama Kristen. Hasil dari penelitian ini adalah menyampaikan makna relasi menurut konsep berpikir Martin Buber kepada manusia dalam pola komunikasi kepada Allah, dirinya sendiri dan sesama manusia untuk mengimplementasikan makna relasi di era teknologi digital. Kesimpulannya adalah untuk menyampaikan relevansi dari makna relasi menurut konsep berpikir Martin Bubber untuk hidup saling berkomunikasi baik antar sesama manusia dan terutama kepada Allah di era teknologi digital.


Keywords


Relasi; Martin Bubber; Pendidikan Agama Kristen; Teknologi Digital

Full Text:

PDF

References


Arif, Arifuddin M. “Perspektif Teori Sosial Emile Durkheim dalam Sosiologi Pendidikan.” Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial 1, no. 2 (t.t.): 1–14.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. “Revisi UU ITE, Akankah Bisa Lindungi Kebebasan Berekspresi Masyarakat?,” 2021. https://bemu.umm.ac.id/id/berita/revisi-uu-ite-akankah-bisa-lindungi-kebebasan-berekspresi-masyarakat.html.

Boiliu, Fredik Melkias, dan Meyva Polii. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 76–91. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.18.

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, dan Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.7.

Hamidulloh Ibda. Filsafat Umum Zaman Now. 1 ed. Pati: CV. Kataba Group, 2018.

Hemowo. Wow Aku Bisa. Bandung: MLC, 2004.

Hia, Robeti. “Konsep Relasi Manusia Berdasarkan Pemikiran Martin Buber.” Melintas 30, no. 3 (2015): 303. https://doi.org/10.26593/mel.v30i3.1448.303-322.

Ign. Hendro Setiawan. Bergulat dengan Usia. Depok: Kanisius, 2021.

Insany, Arie, dan Babang Robandi. “Pemikiran Kritis Filsuf Kierkegaard Tentang Manusia Eksistensialis dan Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan 22, no. 3 (Desember 2022): 343–58.

Julia T. Wood. Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian. Jakarta: Salemba Humanika, 2013.

Linwood Urban. Sejarah Singkat Pemikiran Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2021.

Pusey, Edward B., trans. oleh. The Confession of Saint Augustine. New York: Washington Square Press, 1962.

Ronald Adler & Russell Proctor. Looking Out Looking In. 14 ed. Wadsworth: Cengage Learning, 2012.

Rulli Nasrullah. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot