Pendampingan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Literasi Digital Orangtua Milenial

Jonson Togatorop, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, Esti Regina Boiliu

Abstract


Kemajuan teknologi digital menjadi tantangan dan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan manusia karena dapat mengubah pola hidup manusia dan memiliki karakteristik yang dapat dimanipulasi. Seiring perkembangan teknologi digital, berkembang juga tindak kejahatan yang terfasilitasi dan dapat merugikan manusia sendiri, serta banyaknya kemunduran dalam pola pikir dan perilaku yang normatif. Teknologi dapat membuat orang menjadi adiktif (kecanduan) dan sulit untuk berubah sehingga diperlukan pendampingan dan bimbingan khusus dan serius. Banyak orang tua yang merupakan generasi milenial yang menggunakan teknologi digital secara tidak terkendali sehingga mereka mengabaikan pentingnya pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya. Sebagai akibatnya banyak anak yang mengalami pola asuh yang kurang berkualitas di tengah keluarganya, dan hal itu tentu saja akan berdampak pada masa depannya dan masa depan suatu bangsa. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pemikiran tentang pola pendampingan pendidikan agama Kristen terhadap peningkatan literasi digital pada orang tua milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Penelitian ini menghasilkan pola pendampingan pendidikan agama Kristen yang CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) terhadap orangtua milenial.

Keywords


Pendampingan Pendidikan Agama Kristen; Literasi Digital; Orang Tua Milenial

Full Text:

PDF

References


Nababan, Samuel. dkk., Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Dampak Penggunaan Teknologi bagi Remaja di era Digital, Vol. 3, No. 2 (2024): 205-217.

Boiliu, Esti Regina, Noh Ibrahim Boiliu, dan Djoys Anneke Rantung, Teori Belajar Humanistik Sebagai Landasan dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2 (2022): 1767-1774

______ Pembelajaran PAK di Era Digital: Sikap Inklusivisme di Tengah Kemajemukan, Luxnos: Jurnal Sekolah Tinggi Teologi Pelita Dunia, Vol. 7, No. 1 (2021): 77-89

______ & Sozawato Telaumbanua, Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen, REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, Vol. 2, No. 2 (2022): 90-100.

______ dan Mariyanti Adu, Peran Orang Tua dalam Menunjang Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen pada Masa Endemi Covid 19, Huperetes: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 3, No. 2 (2022): 92-100

Tompul, Dina Meriana, Djoys Anneke Rantung, Noh Ibrahim Boiliu, Perspektif Sistem Dalam Teknologi Pendidikan, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), Vol. 5, No. 1 (2023): 2890-2898

Jati, Wafdane Dyah Prima. Literasi Digital Ibu Generasi Milenial Terhadap Isu Kesehatan Anak dan Keluarga, Jurnal Komunikasi Global, 2021

Rachmat, Irfan Fauzi & Sofia Hartati, Literasi Digital Anak Usia Dini, Jurnal Jendela Bunda, 2020.

Munawar, Muniroh. dkk, Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini, Jurnal UNNES (Universitas Negeri Semarang), 2019.

Fatmawati, Nur Ika. Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial, Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 2019.

Sumiyati, Keluarga Sebagai Sekolah Pertama Anak, Proceedings of The 1st Annual Internasional Conference on Islamic Early Childhood Education, Faculty of Tarbiyah and Teaching Science, State Islamic University Kalijaga, Yogyakarta, Volume 1, (2016): 31-40.

Sari, Desi Kurnia, Sri Saparahayuningsih, dan Anni Suprapti, Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Berperilaku Agresif: (Studi Deskriptif Kuantitatif Di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu), Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (1), 1-6

Muliastrini, N. K. E. New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Abad 21, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 4 No 1, (2020): 115-125

Mukh. Sihabudin, Peranan Orang Tua dalam Bimbingan Konseling Siswa, Jurnal Kependidikan, Vol. III No. 2 (2015): 123-137

Sidabutar, Nerti, dkk., Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Upaya Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Dengan Baik Pada Masa Kini, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), Vol. 4, No. 6, (2022): 5921-5928

Camerling, Yosua Feliciano, Mershy Ch. Lauled, dan Sarah Citra Eunike, Gereja Bermisi Melalui Media Digital di Era Revolusi Industri 4.0, Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen Vol. 2 No.1 (2020): 1-22

Widiawati, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak” (Jakarta: Universitas Budi Luhur, 2014), 106.

Shindunata, Teori Kritis Sekolah Frankfurt (Jakarta: PT. Gramedia, 2021), 266.

Kusumasari, Dita dan S. Arifianto, Makna Teks Ujaran Kebencian Pada Media Sosial, Jurnal Komunikasi, Vol. 12, No. 1, (2020): Hal 1 – 15

Ginting, Roslinda Veronika Br. dkk., Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi, Jurnal Pasopati - Vol. 3, No. 2 (2021): 118-122.

Fajri, Dwi Latifatul. Pengertian Literasi Digital Menurut Para Ahli dan Manfaatnya, https://katadata.co.id/intan/berita/61cc3dc639d4e/pengertian-literasi-digital-menurut-para-ahli-dan-manfaatnya. (2021), Jumat, 01 Juli 2022, 18.05 Wib.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/keluarga.

Natalia, Agita. Pengertian Keluarga Milenial dan Tipe dalam Mengasuh Anak, https://ajaib.co.id/skill-yang-harus-dimiliki-milenial.

Marbun, Nurmiati dan Berta Tarigan, Pendampingan Orang Tua dalam Pertumbuhan Rohani Remaja, KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, Vol. 2, No. 2 (2020): 43-55

Harefa, Gustav Gabriel dan April Yanti Zebua, Strategi Gereja dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Anak, HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Vol. 2, No. 2 (2022): 17-24

Yoanita, Desi. Pola Komunikasi Keluarga di Mata Generasi Z, Jurnal SCRIPTURA, Vol. 12, No. 1, (2022): 33-42

Zahra, Fadia dan Puspita Wulandari, Disfungsi Peran Keluarga Bagi Generasi Z, Journal of Development and Social Change, Vol. 5, No. 2, (2022): 15-26

http://fra.europa.eu/en/publication/2017 diakses 01-07-2022

Tomas Costello “Church Statistics” (http://reachrightstudios.com di kutip 01-07-2022

http://reachrightstudios.com/10-church-statistics-need-know-2018/ diakses 01-07-2022

Michael J. Anthony (ed), Fondasi Pendidikan Abad-21, (Jakarta: Gandum Mas, 2017), 188-189.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v9i1.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.