Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja dalam Menghadapi Tantangan Zaman di Era Digital

Rudi Roberto Walean, Jefrit Johanis Messakh, Laurenz Enjelina Siagian, Fenieli Harefa, Kasieli Harefa

Abstract


Pendidikan Agama Kristen bertanggung jawab perkembangan iman remaja. Tanggung jawab PAK direalisasikan melalui pelaksanaan PAK bagi remaja di gereja. Dalam perkembangan teknologi di era digital ini banyak remaja mengalami gangguan mental, psikis, ancaman moral, terlibat dalam tindak kejahatan, seks bebas dan pelanggaran hak cipta yang mudah dilakukan. Masalah lain yang dihadapi oleh remaja adalah banyak diantara mereka kurang memahami penggunaan teknologi dan tidak mengetahui serta menyadari akan bahayanya penggunaan teknologi informasi yang salah sehingga mudah terjerumus ke dalam perilaku yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana remaja menghadapi tantangan zaman diera digital melalui Pendidikan Agama Kristen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalitatif, dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Pendidikan Agama Kristen mampu melengkapi Remaja untuk tidak takut dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah diera digital dan siap untuk mengambil keputusan secara cermat dan tepat dengan tidak menyampingkan nilai-nilai kebenaran.

Keywords


Era Digital; Tantangan Zaman; Remaja; Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Agus Prihanto, “Pentingnya Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0.” Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2021).

Angelika, Berliora cania Gabriel sinaga sri yunita. “Memperkokoh Identitas Nasional Pada Kalangan Remaja Di Era Digital.” Multidisiplin Indonesia 1, no. 3 (2022).

Baginda Sitompul. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Digital.” Pendidikan Tambusa 6, no. 3 (2022).

Desi Arisandi Laga Nguru, “Implementasi Pendidikan Karakter Kristen Di Era Digital.” Pelita Bangsa 1, no. 2 (2021).

Eny Suprihatin. “Kontekstualisasi Rom 12:2 Dalam Keniscayaan Dunia Digital. Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika.” Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 1 (2021).

Gloria. “Hasil Survei I-NAMHS: Satu Dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental.” Liputan Universitas Gajah Mada. Last modified 2022.

Hadipramana, Josef, Aguslinar, Dara Nazar Pratiwi, and Nina Wulandari Ginting. “Program Pendampingan Remaja Terhadap Dampak Teknologi Digital Terhadap Gaya Hidup Di Desa Sidodadi Ramunia, Kabupaten Deli Serdang.” PUSKIBII 1, no. 1 (2019).

Inge K. Mardia, Anita Trisiana, Destyn Ayu Safitri, Supriyanti, Alfian Yuda Pratama, Ta’at Putra Wahana. Pendidikan Global Berbasis Teknologi Digital Di Era Milenial. Surakarta: Unisri Press, 2022.

Jah Siti Khodijah, Alfiah Khodijah, Najah Adawiyah, Imam Tabroni. “Tantangan Pendidikan Karakter Di Era Digita.” Lebah 15, no. 1 (2021).

Khoiril Anam, Soegiyanto, Nanang Indardi, Siti Baitul Mukarromah, Ribut Wahidi, Didi Muhtarom, Dani Nurdiansyah. “Gaya Hidup Aktif Bagi Anak Remaja Sebagai Upaya Menghadapi Dampak Negatif Era Digital.” Muhammadiyah Untuk Indonesia 1, no. 2 (2020.

M Nainggolan. Strategi Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Generasi Info Media, 2008.

Meilani. “Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Di Era Globalisasi Berdasarkan Amsal 22:6.” Christian Education and Leadership 3, no. 1 (2022).

Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2012.

Nani Pratiwi, Nola Pritanova. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja.” Bahasa Dan Sastra Indonesia 1, no. 2 (2019).

Nuli Meilinda. “Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas).” Abdimas Mandiri 4, no. 1 (2020).

Rina Febriana. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.

Rukin. Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Jakat Mulia Publishing, 2014.

Selvi Irinani Susanti Dope. “Konsep Diri Remaja Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Zaman.” JIREH 2, no. 1 (2020).

Siaran Pers No. 17/Pih/Kominfo/2/2014. “Riset Kominfo Dan Unicef Mengenai Perilaku Anak Dan Remaja Dalam Menggunakan Internet.” Kominfo. Last modified 2014. https://www.kominfo.go.id/.

Tari Sutarmi. “Dampak Teknologi Bagi Anak Dan Remaja Di Era Digital.” Akademi Edu. Jakarta, 2019. Last modified 2019. https://www.academia.edu/.

Wawan Setiawan. Era Digital Dan Tantangannya. Jakarta, 2017. https://core.ac.uk/.

———. Era Digital Dan Tantangannya. Taruntung, 2022.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v9i1.201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.