Transformasi Spiritual melalui Pendidikan Agama Kristen untuk Orang Dewasa
Abstract
Penelitian ini mengkaji transformasi spiritual yang dialami oleh orang dewasa melalui pendidikan Agama Kristen. Banyak orang dewasa mengalami krisis iman dan pencarian makna hidup yang dapat mempengaruhi kedalaman spiritual mereka. Tantangan kehidupan modern seperti tekanan pekerjaan, masalah keluarga, dan kebutuhan akan pemenuhan material sering kali menyebabkan kelelahan emosional dan spiritual. Selain itu, ada juga masalah keterlibatan religius yang menurun, di mana orang dewasa merasa sulit untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan gereja dan komunitas keagamaan. Oleh karena itu, penting untuk membentuk spiritualitas individu dewasa pada aspek kehidupan yang mendorong kepada pertumbuhan religius. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang transformasi spiritual melalui pendidikan agama Kristen untuk orang dewasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Kristen memberikan dampak signifikan dalam memperdalam pemahaman spiritual, meningkatkan keterlibatan religius, dan memperkuat komitmen iman. Transformasi spiritual ini tercermin dalam perubahan perilaku, peningkatan kualitas hubungan sosial, dan pengembangan sikap positif terhadap tantangan hidup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jefrit J. Messakh & Jacob Messakh, Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Karakter Misi dalam Konteks Globalisasi. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education. Vol. 3 (2); 2023: 74-89.
Wilber, K, A , (2019) Theory of Everything: An Integral Vision for Business, Politics, Science and Spirituality. Shambhala Publications.
Fowler, J. W, (2015) Stages of Faith: The Psychology of Human Development and the Quest for Meaning, Harper & Row.
Emmons, R. A, (2018) The Psychology of Ultimate Concerns: Motivation and Spirituality in Personality, Guilford Press.
James, W, (2006) The Varieties of Religious Experience: A Study in Human Nature, Longmans, Green, and Co.
Pargament, K. I, (2015) The Psychology of Religion and Coping: Theory, Research, Practice, Guilford Press.
Parker, E. (2019) Spiritual Growth and Christian Education. London: SCM Press
Erikson, E. H, (1963) Childhood and Society, Norton & Company.
Koenig, H. G., McCullough, M. E., & Larson, D. B, (2001) Handbook of Religion and Health, Oxford University Press.
Banks, R, (2015) Re-envisioning Theological Education: Exploring a Missional Alternative to Current Models, Eerdmans.
Kinnaman, D., & Hawkins, A, (2011) You Lost Me: Why Young Christians Are Leaving Church...and Rethinking Faith. Baker Books.
Kartini, D. (2018) Pendidikan Agama Kristen dan Transformasi Spiritualitas Dewasa. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Smith, C., & Denton, M. L, (2019) Soul Searching: The Religious and Spiritual Lives of American Teenagers, Oxford University Press.
Saragih, J. S. (2020) Peran Gereja dalam Pendidikan Agama untuk Orang Dewasa. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Tisdell, E. J. (2020) Exploring Spirituality and Culture in Adult and Higher Education, Jossey-Bass.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.