Pendidikan Anak dalam Amsal 22:6
Abstract
Penginjilan pada dasarnya merupakan sarana yang dipakai untuk mengajak orang percaya kepada Tuhan. Pengabaran injil merupakan tugas tanggungjawab pertama dan utama yang harus dilakukan oleh gereja. Pemberitaan Injil bertujuan untuk menghasilkan jemaat atau gereja. Penginjilan sangat memiliki peranan penting dalam perkembang dan pertumbuhan gereja.Pengabaran injil harus dilakukan oleh gereja sebab itu akan sangat menentukan pertumbuhan gereja secara kuntitatas dan kualitas. Oleh sebab itu, penginjilan merupakan sesuatu hal yang sangat urgen dan harus dilaksanakan secara kontekstual. Uregensi penginjilan merupakan faktor terpenting yang harus dilakisanakan dalam konteks apa pun. Sebab penginjilan merupakan tugas utama bagi gereja dan orang percaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengesplor penginjilan yang kontekstua dalam meningkatkan pertumbuhan gereja masa kini secara kuantitas dan kualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pnedekatan studi literatur. Hasil penelitian ini, akan mendeskripsikan, menganalisis terkait dengan urgensi penginjilan kontekstual dan pertumbuhan gereja masa kini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adoe, Yelvi Sofia, dan Joko Sembodo. “Peranan Keluarga Menurut Amsal 22:6 Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Miktab: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 1, no. 1 (29 Juni 2021): 52. https://doi.org/10.33991/miktab.v1i1.277.
Alkitab Sabda, t.t. https://alkitab.sabda.org/article.php?id=20.
———, t.t. https://alkitab.sabda.org/article.php?no=97&type=12.
———, t.t. https://alkitab.sabda.org/article.php?book=Ams&id=152.
———, t.t. https://alkitab.sabda.org/commentary.php?book=20&chapter=22&verse=6.
Berman, Ruth A., dan Dorit Ravid. “Interpretation and Recall of Proverbs in Three School-Age Populations.” First Language 30, no. 2 (Mei 2010): 155–73. https://doi.org/10.1177/0142723709359246.
Bruce, Tina, Carolyn Meggitt, dan Julian Grenier. Child & Care Education. 5th ed. London: Hodder Education, 2010.
Dosen Bahasa, t.t. https://dosenbahasa.com/makna-akhiran-lah.
Entwistle, Harold. Child-Centred Education. London: Routledge, 2014.
Grant, Robert McQueen, dan David Tracy. A Short History of the Interpretation of the Bible. 2. ed., rev.Enlarged. London: SCM Press, 1984.
Harianto G. P. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2021.
Ignatius M. C. Obinwa. “Proverbs 22:6 and Youth Formation Towards Peaceful Co-Existence in Nigeria.” Ministerium: A Journal of Contextual Theology 8 (2022).
KBBI, t.t. https://kbbi.web.id/didik.
———, t.t. https://kbbi.web.id/jalan.
———, t.t. https://kbbi.web.id/patut.
———, t.t. https://kbbi.kata.web.id/masa-tua/.
———, t.t. https://kbbi.web.id/simpang.
Kelelufna, Jusuf Haries. “Tidak Patut Mendidik Menurut Jalan yang Patut: Studi Eksegesis Amsal 22:6.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 1 (29 September 2020): 18–36. https://doi.org/10.30648/dun.v5i1.310.
Mickelsen, A. Berkeley. Interpreting the Bible. Grand Rapids: Eerdmans, 1987.
Nadeak, Sanjay dan Eva Sharon. “Strategi Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Menurut Amsal 22:6 Terhadap Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Dan Implikasi Bagi Orang Percaya.” Jurnal Tabgha 3, no. 2 (28 Oktober 2022): 130–54. https://doi.org/10.61768/jt.v3i2.31.
Obet Nego, dan Debby Chirst Mondolu. “Pentingnya Tongkat Didikan Dalam Pola Asuh Anak Berdasarkan Amsal 22:15 Sebagai Evaluasi Terhadap Permissive Parenting.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 7, no. 1 (24 Juni 2020): 50–67. https://doi.org/10.47154/scripta.v7i1.60.
Panjaitan, Tutur Parade Tua, Surya Kencana Meliala, Joyanda Sianturi, dan Febriman Nazara. “Mengimpelementasikan Karakteristik Kepemimpinan Salomo Pada Masa Kini: Eksposisi 2 Tawarikh 1:1-13.” HAGGADAH: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2 April 2022): 133–47. https://doi.org/10.57069/haggadah.v2i2.30.
Perkas, Jaya. “Aplikasi Amsal 22:6 dalam Pendidikan Keluarga.” HAGGADAH: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (9 Maret 2022): 79–86. https://doi.org/10.57069/haggadah.v2i1.24.
Samosir, Agustina Raplina. “Bait Suci: Kemegahan Versus Penderitaan: Sebuah Tafsir Ulang atas Pembangunan Bait Suci Salomo Menurut 1 Raja-raja 5:1-18.” Indonesian Journal of Theology 6, no. 1 (30 Juli 2018): 69–82. https://doi.org/10.46567/ijt.v6i1.18.
Saronisa Ginting. “Refleksi Teologis Pendidikaan Kristen Berdasarkan Amsal 22:6 Terhadap Tantangan Sosial yang dihadapi Generasi Z.” ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.54024/illuminate.v2i2.161.
Setio, Robert. “Ambiguitas, Interkulturalitas, Dan Hibriditas Relasional Dalam Relasi Antara Israel Dan Bangsa-Bangsa Lain.” DISKURSUS - JURNAL FILSAFAT DAN TEOLOGI STF DRIYARKARA 13, no. 1 (1 Januari 1970): 55–76. https://doi.org/10.36383/diskursus.v13i1.91.
Wahyu, Dadan, Rudolf Sagala, Stimson Hutagalung, dan Rolyana Fernia. “Kajian Praktis Tentang Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Alkitab Anak Berdasarkan Amsal 22:6.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (3 Desember 2021): 67–84. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.60.
Wenas, Maria Lidya, dan I Putu Ayub Darmawan. “Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2 Agustus 2017): 118. https://doi.org/10.46445/ejti.v1i2.69.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.