Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Teori Kecerdasan Majemuk

Valentina Dwi Kuntari J, Yonatan Alex Arifianto, Saturnina Elisa

Abstract


In the use of communication and formation technology in Christian Religious Education subjects based on the theory of multiple intelligences, it is an educational process that can make it easier to find out every intelligence possessed by students. Through this theory, the use of technology can further help student to develop the intelligence possessed by student. The author uses the literature review method in this study. The description in this article concludes that the use of imformation and communication technology based on multiple intelligences can be implemented in Christian religious education learning. This is done to identify and develop the theory of multiple intelligences by using information and communication technology in religious education. The use of information and communication technology on multiple intelligences through Christian religious education including the role of media in learning in the concept of multiple intelligences, the ability to utilize learning resources and be able to master and be creative with the chousen method. Therefore, the use of methods to develop the abilities possessed at different levels of development.


Abstrak

Dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pada mata pelajaran PAK berbasis teori kecerdasan majemuk merupakan suatu proses pendidikan yang dapat lebih memudahkan untuk mengetahui setiap kecerdasan yang dimiliki peserta didik. Melalui teori tersebut dengan penggunaan teknologi dapat lebih membantu peserta didik untuk mengembangkan kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik. Penulis menggunakan metode pustaka dalam kajian ini. Uraian dalam artikel ini memberi simpulan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis kecerdasan majemuk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen. Hal ini dilakukan bertujuan untuk dapat mengetahui serta dapat mengembangkan teori kecerdasan majemuk dengan penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan agama Kristen. Penggunaan teknologi tersebut yang digunakan terhadap kecerdasan majemuk melalui pendidikan agama Kristen diantaranya perananan media dalam pembelajaran dalam konsep kecerdasan majemuk, kemampuan memanfaatkan sumber belajar dan mampu menguasai dan kreatif terhadap metode yang dipilih. Karena itu penggunaan metode untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki terhadap tingkat perkembangan yang berbeda.


Keywords


Christian education; information and communication technology; multiple intelligences; kecerdasan majemuk; pendidikan Kristiani; tekonologi informasi dan komunikasi

Full Text:

PDF

References


E.G.Homrighausen, and I.H.Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Adam, Steffi & Muhammad Taufik Syastra. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbabis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” Jurnal CBIS 03, no. 02 (2015).

Bali, Muhammad Mushfi El Iq. “Impementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Distance Learning.” Tarbiyatuna: Kajia Pendidikan Islam 03, no. 01 (2019).

Cholip, Cecep Abdul. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Indonesia 2, no. 6 (2017).

Gardner, Howard. Multiple Intellegences (Kecerdasan Majemuk). Batam: Interaksara, 2003.

Husudungan Simatupang, Ronny Simatupang & Tianggur Medi Napitupulu. Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: ANDI, 2020.

Legi, Hendrik. Metode Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Jawa Barat: EDU Publisher, 2021.

Najib, H. Mohammad. Komunikasi Dan Teknologi Informasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

Nuryana, Zalik. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Tamaddun XIX, no. 1 (2018).

Setyawan, Daryanto. “Dampak Perkembangan Teknologi Inormasi Dan Komunikasi Terhadap Budaya.” Simbolika 4, no. 1 (2018).

Sujoko. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Geger Madiun.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 01, no. 01 (2013).

———. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagi Media Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Geger Madiun.” Jurnal kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 1, no. 1 (n.d.).

Suparno, Paul. Teori Intelegensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius, 2004.

Sutopo, Ariesto Hadi. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graba Ilmu, 2012.

Zuluchu, S. E. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020).




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v7i2.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

  


View Regula Fidei Stats