Implikasi Keteladanan Yesus sebagai Pengajar bagi Pendidikan Kristen yang Efektif di Masa Kini
Abstract
Abstrak
Dewasa ini, gereja dan para pendidik diajak untuk kembali mengingat dan fokus pada tugas dan fungsinya dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi orang percaya dengan penuh rasa tanggung jawab kepada Yesus sebagai pemimpin jemaat. Keteladanan Yesus sebagai sosok Guru Agung harus menjadi dasar motivasi bagi semua pendidik Kristen untuk mentransformasi kehidupan peserta didik untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur, dimana keteladanan Yesus sebagai pengajar dianalisis dan nampak dalam beberapa hal, yakni: menekankan kegiatan mengajar, bergantung dengan Roh Kudus, mengajar dengan kuasa, tidak tergantung pada tempat, tidak memandang muka, memuridkan, menggunakan metode dan media yang relevan, menjawab kebutuhan pendengarnya, dan menjadi teladan.
Full Text:
PDFReferences
Anderson, Clifford V. Christian Education in Historical Perspekctive in Introduction to Biblical Education. Chicago: Moody Press,1981.
Barclay, William. Duta Bagi Kristus. Jakarta: BPK Gunung Mulia,1985.
Friedeman, Matt. The Master Plan of Teaching. Wheaton: Victor Books, 1990.
Ford, Leroy. Kenalilah Murid Anda. Semarang: Lembaga Literatur Baptis, 2000.
Hasugian, Johanes Waldes. "Kurikulum Dan Pembelajaran Warga Jemaat Dewasa Di
Gereja." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5 (2019): 36-53. https://www.sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/96/67
Horne, Herman H. Teaching Techniques of Jesus. Oklahoma City: Publisher Name Includes, 2014.
Hutabarat, Oditha R. dan Janse Belandina. Pedoman Untuk Guru. Bandung: Bina Media Informasi, 2006.
Kristanto, Paulus Lilik. Prinsip dan Praktek PAK Penuntun Bahgi Mahasiswa Teologi dan PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen. Yogyaakrta: Andi Offset, 2015.
Lie, Tan Giok. "Tantangan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran Masa Kini." Jurnal Stulos 12, no. 1 (2013): 1-24.
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Price, J.M. Yesus Guru Agung. Bandung: LLB, 2011.
Ryken, Leland. The Dictionary Biblical Imagery.USA: Inter Versity Christian Fellowship,1998.
Siahaan, H.E.R., 2016. Hikmat Sebagai Implikasi Pendidikan Kristiani: Refleksi 1 Raja-raja 3: 1-15. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), pp.15-30. https://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis/article/view/99/95
Sibarani, Mortan. "KEUNGGULAN POLA PENGAJARAN YESUS DALAM MATIUS 5:
-2 DAN 7: 28-29." Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 3, no. 1 (2020): 48-60. http://jurnal.sttsetia.ac.id/index.php/phr/article/view/49
Stamp, Donald C. Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Gandum Mas,1993.
Tafonao, Talizaro. "Yesus Sebagai Guru Teladan dalam Masyarakat Berdasarkan Perspektif Injil Matius." Khazanah Theologia 2, no. 1 (2020): 52-60. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/kt/article/view/8390/4063
Utomo, Bimo Setyo. "(R) Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa." DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 102-116. https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/dunamis/article/view/111/100
DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i2.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
| ![]() |
View Regula Fidei Stats