Pengaruh Kepemimpinan Visioner Digital dan Literasi Digital Rohani terhadap Implementasi Misi Gereja Digital: Sebuah Studi Literatur dan Kajian Alkitabiah

Budi Priyono

Abstract


Transformasi digital menuntut gereja untuk menyesuaikan pola kepemimpinan dan strategi misi pelayanan. Artikel ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan visioner digital dan literasi digital rohani dalam mendukung implementasi misi digital gereja di era modern. Kajian dilakukan melalui studi literatur ilmiah terkini dan telaah Alkitabiah yang relevan, sehingga menghasilkan kerangka konseptual baru yang mengintegrasikan iman Kristen dengan kompetensi digital. Hasil studi menunjukkan bahwa kepemimpinan visioner digital mampu memberikan arah dan inspirasi bagi jemaat untuk terlibat aktif dalam pelayanan digital, sedangkan literasi digital rohani menjadi filter etis dan teologis agar penggunaan teknologi tetap sesuai dengan nilai-nilai Injil. Artikel ini memberikan kontribusi teoritis dalam memperkaya wacana teologi kepemimpinan kontemporer serta kontribusi praktis berupa panduan bagi gereja lokal dalam mengembangkan strategi misi digital yang relevan dan kontekstual. Penelitian ini juga menawarkan novelty berupa integrasi konsep literasi digital rohani, yang masih jarang diteliti, sebagai faktor penting dalam kesuksesan misi gereja digital.


Keywords


Kepemimpinan Visioner Digital, Literasi Digital Rohani, Misi Digital Gereja, Teologi Kepemimpinan, Transformasi Digital

Full Text:

PDF

References


Benitez, J., Arenas, A., Castillo, A., and Esteves, J. “Impact of Digital Leadership Capability on Innovation Performance: The Role of Platform Digitization Capability.” Information & Management 59, no. 2 (2022): 103590.

Campbell, H. A., and Tsuria, R. Digital Religion: Understanding Religious Practice in Digital Media. London: Routledge, 2019.

Farhan, B. Y. “Visionary Leadership and Innovative Mindset for Sustainable Business Development: Case Studies and Practical Applications.” Research in Globalization 8 (2024): 100219.

Gilster, P. Digital Literacy. New York: Wiley & Sons, Inc., 1997.

Jung, D. “Church in the Digital Age: From Online Church to Church-Online.” Theology and Science 21, no. 4 (2023): 781–805.

Levitt, H. M., Bamberg, M., Creswell, J. W., Frost, D. M., Josselson, R., and Suárez-Orozco, C. “Journal Article Reporting Standards for Qualitative Primary, Qualitative Meta-Analytic, and Mixed Methods Research in Psychology: The APA Publications and Communications Board Task Force Report.” American Psychologist 73, no. 1 (2018): 26.

López-Figueroa, J. C., Ochoa-Jiménez, S., Palafox-Soto, M. O., and Sujey Hernandez Munoz, D. “Digital Leadership: A Systematic Literature Review.” Administrative Sciences 15, no. 4 (2025): 129.

Mpofu, Blessing. “Transversal Modes of Being a Missional Church in the Digital Context of COVID-19.” HTS Teologiese Studies/Theological Studies 77, no. 4 (2021): 6341–6352.

Müller, J., and Friemel, T. N. “Dynamics of Digital Media Use in Religious Communities—A Theoretical Model.” Religions 15, no. 7 (2024): 762–778.

Ng, W. “Can We Teach Digital Natives Digital Literacy?” Computers & Education 59, no. 3 (2012): 1065–1078.

Rankin, J. L. “Implications of Digital Church for Christian Leaders.” Cogent Arts & Humanities 11, no. 1 (2024): 2408868.

Saif, N., Ali, S., Shaheen, I., Goh, G. G. G., and Khan, S. U. “Revolutionizing Healthcare Leadership: The Critical Role of Digital Citizenship in Knowledge Sharing.” Scientific Reports 15, no. 1 (2025): 8970.

Schlag, T., Frey, G., and Yadav, K. “Religious Leadership and Digital Innovation: An Explorative Interview Study with Church Actors in the Swiss Context.” Religions 16, no. 4 (2025): 491.

The Holy Bible, New Revised Standard Version, Matius 28:19–20.

Van Deursen, A. J. A. M., and Van Dijk, J. A. G. M. “The First-Level Digital Divide Shifts from Inequalities in Physical Access to Inequalities in Material Access.” New Media & Society 21, no. 2 (2019): 354–375.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v10i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot