Evaluasi Pembinaan Iman Anak Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP)
Abstract
Anak merupakan terang dan harapan bagi keluarga, Gereja, masyarakat, dan bangsa. Oleh karena itu, anak-anak perlu mendapatkan pendidikan dan perhatian yang optimal agar mereka dapat bertumbuh tidak hanya dalam hal fisik, intelektual, dan sikap, tetapi juga dalam iman. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya peran orang tua dalam mendukung aktivitas gerejawi anak, kurangnya variasi metode pengajaran, serta keterbatasan sumber daya dan pelatihan pembina sehingga pembinaan kurang menarik dan kurang sesuai dengan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan iman anak menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan iman anak berjalan dengan baik dan teratur, dengan metode pembinaan yang cukup variatif. Orang tua berperan aktif dalam membina iman anak di rumah, sementara gereja mendukung kegiatan anak melalui fasilitas dan dukungan moral. anak-anak mulai menunjukkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Kristiani. Meskipun demikian, tetap ditemukan tantangan, seperti keterlibatan orang tua yang belum optimal dalam kegiatan gereja, pengaruh pergaulan negatif dan teknologi, belum tersedianya kurikulum dan buku panduan, serta perlunya pelatihan lanjutan bagi pembina. Berdasarkan hasil analisis, diperlukan upaya berkelanjutan untuk menyusun kurikulum, menyediakan panduan, meningkatkan kompetensi pembina, dan memperkuat sinergi gereja, keluarga, serta lingkungan sosial dalam pembinaan iman anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amsikan, Modesta. “Pengaruh Pastoral Sekolah Bagi Pembinaan Dan Perkembangan Iman Remaja SMP Di Kota Kefamenanu.” Jurnal.Stpsantopetruska.Ac.Id, 2019, 15–32.
Aneza, INKA, Aurora Nur Inayah, Fitri Nursifah, Sifa Nursaripah, and Bayu Adi Laksono. “Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Model CIPP (Context Input Process Product Evaluation) Di PAUD Kober Nurul Anwar.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 5, no. 2 (2023): 18–32. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i2.6798.
Antariksa, Walid Fajar, Abdul Fattah, and Mutiara Arlisyah Putri Utami. “Evaluasi Program Pendidikan Pesantren Mahasiswa Model Cipp (Context, Input, Process, Product).” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2022): 75–86. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.848.
Christiani, Yesika. “Penerapan Model CIPP Dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum K13.” Integration of Climate Protection and Cultural Heritage 26, no. 4 (2019): 1–37.
Darina, Darina, Fransisca Widya Agustiningtyas, and Intansakti Pius X. “Pelaksanaan Kegiatan Sekami Di Paroki Santa Maria Bunda Karmel Mansalong.” In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi 1, no. 7 (2021): 200–206. https://doi.org/10.56393/intheos.v1i7.1177.
Darodjat, and Wahyudiana M. “Model Evaluasi Program Pendididkan.” Islamadina Volume XIV, no. 1 (2019): 1–28. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/1665.
Daud, Dr.Mison immanuel. Perkembangan Kurikulum Sekolah, 2022.
Donni, Jerry. “Penguatan Pendidikan Iman Dalam Jemaat : Tantangan Dan Pendekatannya Di Gereja Kontemporer.” Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 3, no. November (2023): 265–70. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/pambelum.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by M.Si Dr.Patta Rapanna, SE. Makasar, 2021.
Fajarianto, Tri Chandra, and Pendidikan Keagamaan Katolik. “Kreativitas Pembina Minggu Gembira Melalui Lagu Dan Gerak Di Gereja Katolik” 02, no. 02 (2019): 53–57.
Jengan, Maria, and Ahmad Fajri. “Penerapan Media Pembelajaran Alkitab Deuterokanonika Untuk Anak Sekolah Minggu Berbasis Augmented Reality Pada Stasi Santa Implementation of Deuterocanonical Bible Learning Media for Sunday School Children Based on Augmented Reality at Santa Maria Jengan.” Jurnal Sebatik 28, no. 2 (2024): 1–6. https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i2.0000.
Kurniadi, Benediktus Benteng, Tri Chandra Fajariyanto, and Yova Andriani Br Ginting. “Pelaksanaan Pendidikan Iman Anak Oleh Orangtua Di Paroki Santo Yosef Delitua.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 2 (2022): 415–33. https://doi.org/10.37364/jireh.v4i2.119.
Lewar, Fransiska Adel. “Peran Pembina Dalam Membangun Minat Anak Untuk Terlibat Dalam Kegiatan Bina Iman.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 3 (2024): 123–28. https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v2i3.3808.
Malau, Chrystian Loudry, Antonius Denny Firmanto, and Nanik Wijiyati Aluwesia. “Wajah Baru Bina Iman Anak Katolik (Biak) Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pelayanan Pastoral 2, no. 1 (2021): 20–30. https://doi.org/10.53544/jpp.v2i1.245.
Maria, Anna, Rosita Kw, Barbara Leto, Kolin Tukan, Maria Nansiaz, Elisiana Kedang, Hinga Werang, et al. “Meningkatkan Iman Anak Melalui Kegiatan Sekami Di Paroki Kunjungan Santa Maria Pamakayo Stasi Nusadani” 3, no. 1 (2025): 69–74.
Moraes Correia, Luiz Cláudio. “Lumen Gentium.” Pesquisas Em Teologia, 2024, 01–04. https://doi.org/10.46859/pucrio.acad.pqteo.2595-9409.2024v7n13e01.
Mukin, Angelina Febrianty, and Emmeria Tarihoran. “Membangun Fondasi Iman Anak Melalui Katekese Keluarga.” Jurnal Magistra 2, no. 2 (2024): 210–21. https://doi.org/10.62200/magistra.v2i2.128.
Mutiara, Thabita, Nisma Simorangkir, Dorlan Naibaho, and Ibelala Gea. “Pengaruh Materi Sekolah Minggu Terhadap Perilaku Anak Sekolah.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Katolik 2 (2025): 11–23. https://doi.org/10.61132/nubuat.v2i1.742.
Pantan, Frans, and Eli Sabet Kristin Natalia. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Usia 7-12 Tahun Terhadap Perilaku Disiplin Anak Di Sekolah Minggu.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2019): 1–20.
Paska, Paskalis Edwin Nyoman, Kasymirus Kawi, Emmeria Tarihoran, Bernadeta Sri Jumilah, Sr. Antonela Batlyol, and Darianto Darianto. “Pendidikan Iman Dalam Keluarga Katolik Di Dekenat Kota Malang.” SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral 1, no. 1 (2019): 43–71. https://doi.org/10.53544/sapa.v1i1.8.
Prayitno, Anselmus Djoko. “Penguatan Kompetensi Para Pendamping Iman Anak Kevikepan Semarang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Nian Tana 2, no. 1 (2024): 171–79.
Punda Panda, Herman, Donatus Bhato Taso, Fransiskus Tena Ate, and Sekundus Ikun. “Pelatihan Fasilitator Katakese Paroki St. Fransiskus Xaverius Fatuoni, Timor Tengah Utara.” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 5, no. 2 (2024): 433–46. https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i2.3468.
Rama, Alzet, Ambiyar Ambiyar, Fahmi Rizal, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, and Rizky Ema Wulansari. “Konsep Model Evaluasi Context, Input, Process Dan Product (CIPP) Di Sekolah Menengah Kejuruan.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 8, no. 1 (2023): 82. https://doi.org/10.29210/30032976000.
Reyaan, Viktoria Stela, and Emmeria Tarihoran. “Peran Pendidikan Agama Katolik Dalam Bina Iman Anak Di Keluarga.” In Theos : Jurnal Pendidikan Dan Theologi 3, no. 3 (2023): 203–8. https://doi.org/10.56393/intheos.v3i3.1862.
Sembel, Gratia Annastasia, and Michael C A Manumpil. “Peran Orang Tua Terhadap Keaktifan Anak Sekolah Minggu Dalam Ibadah Anak Sekolah Minggu.” Ejournal.Teologi-Ukit.Ac.Id 2, no. 2 (2021): 104–12. https://ejournal.teologi-ukit.ac.id/index.php/educatio-christi/article/view/68.
Shinta, Rosalia Dewi, Irene Hartutik, and Joko Wahyu Yuniarto Yustinus. “Pengembangan Bahan Pendamping Iman Anak Dengan Metode Dinamika Kelompok Berbasis Permainan.” Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral (Lumen) 1, no. 2 (2022): 1–12. https://www.kajianpustaka.com/2020/07/anak-tunagrahita.html.
Sihombing, Roysaputra. “Pembinaan Warga Gereja Dengan Model CIPP Pada Generasi Milinial Pada Saat Ini.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 13, no. 1 (2023): 104–16.
Siswoyo, Hadi. “Sekolah Minggu Sebagai Sarana Dalam Membentuk Iman.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 7, no. 1 (2020): 121–34.
Sondang Lastiar Sianipar, Andar Gunawan Pasaribu. “Metode PAK Dalam Pertumbuhan Iman Rohani Remaja Madya.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora VIII, no. I (2023): 1–19. https://publishherqu.com/index.php/pediaqu.
Supardi, Supardi, and Yuki Lastari. “Pembinaan Rohani Anak Sekolah Minggu Oleh Guru Pendidikan Agama.” Proceeding National Conference of Christian Education and Theology 1, no. 1 (2023): 39. https://doi.org/10.46445/nccet.v1i1.694.
Syakur, Ibnu, Abd Madjid, and Sadam Fajar Shodiq. “Analysis of CIPP Evaluation Model on Religious Programs in Schools : Systematic Literature Review” 12, no. 3 (2025): 605–20.
Winditya, Hermawan. “Pengembangan Iman Anak Dalam Komunitas Melalui Pendidikan Agama Yang Berkualitas.” JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama) 1, no. 2 (2021): 94. https://doi.org/10.25078/japam.v1i2.2901.
Woga, E Y. “Peran Katekis Dalam Pertumbuhan Iman Anak Melalui Kegiatan BIAK.” Jurnal Silih Asah 1, no. 2 (2024). https://journal.sttkb.ac.id/index.php/SilihAsah/article/view/29%0Ahttps://journal.sttkb.ac.id/index.php/SilihAsah/article/download/29/47.
Zen, Eugene, and Yanto Paulus Hermanto. “Membangun Iman Anak Melalui Keteladanan Orang Tua Ditinjau Dari Persfektif Alkitab Dan Perkembangan Anak.” Davar : Jurnal Teologi 2, no. 1 (2021): 30–42. https://doi.org/10.55807/davar.v2i1.21.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v10i2.300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.