Prinsip Pemilihan Teknologi Pembelajaran dalam Teori Belajar Kognitif Anak 8-12 Tahun dan Relevansinya bagi Pendidikan Agama Kristen

Eunice Yatundu Rombe, Irwanto Dillak, Yetri Anisa Noti, Dyoys Anneke Rantung

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk memahami bagaimana prinsip pemilihan teknologi pembelajaran bagi anak 8-12 tahun. Latar belakangnya yaitu pemahaman prinsip pemilihan teknologi pembelajaran yang masih sangat minim khususnya bagi pendidik yang baru mengajar atau pemula. Kurangnya pengalaman membuat mereka tidak kreatif dalam memberikan pengajaran, sehingga peserta didik kurang atau bahkan tidak memahami apa yang pendidik sampaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara literatur yaitu dengan menggali ide dan mengutip pendapat dari penulis buku-buku serta artikel yang juga dapat menjadi acuan literatur. Hasilnya adalah pemilihan teknologi pembelajaran yang tepat mampu mengoptimalkan perkembangan kognitif anak, khususnya anak usia 8-12 tahun. Kesimpulan, pendidik Pendidikan Agama Kristen harus memperhatikan prinsip pemilihan teknologi pembelajaran dan memahami teori belajar kognitif serta memahami bagaimana kognitif anak usia 8-12 tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menjadikan peserta didik sebagai pusat dari pembelajaran.

Keywords


Pendidikan Agama Kristen, Teknologi Pembelajaran, Teori Belajar Kognitif

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainul. “Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran.” Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1, no. 1 (8 November 2017): 9–20. diakses 27 Juni 2023. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784.

Agustian, Niar, Unik Hanifah Salsabila. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.” ISLAMIKA 3, no. 1 (31 Januari 2021): 123–133. diakses 27 Juni 2023. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1047.

Aluk, Magdalena, Emanuel B.S Kase, and Yohanes Rusae. “Peran Pendidikan Usia Dini Bagi Perkembangan Kognitif Anak dalam Mengikuti Pelajaran di Sekolah Dasar Inpres Wekakeu, Desa Ekin, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu.” Jurnal Pastoralia 1, no. 2 (19 November 2020): 1–20.

Amra, Abhanda. “Profesionalisme Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era Teknologi Informasi.” Ta’dib Vol. 14, no. 2 (2011). diakses 26 Agustus 2023 https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/210.

Anidar, Jum. “Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 3, no. 2 (20 Desember 2017): 8–16. diakses 26 Juni, 2023. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/528.

Aspi, Muhammad, dan Syahrani. “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan.” ADIBA: Jurnal of Education Vol. 2, no. 1 (2022). diakses 27 Agustus 2023 https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/57.

Boiliu, Esti Regina, Noh Ibrahim Boiliu, dan Djoys Anneke Rantung. “Teori Belajar Humanistik Sebagai Landasan Dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (30 Januari 2022): 1767–1774. diakses 27 Juni 2023. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8962.

Hasan, Salim. “Telaah Perkembangan Kognitif Anak Madrasah Ibtidaiyah Pada Masa Pandemi.” Education and Learning Journal 2, no. 2 (26 Juli 2022): 93. diakses 27 Juni 2023. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/130.

Huang, Ronghuai, J. Michael Spector, and Junfeng Yang. Educational Technology. Singapore: Springer Singapore, 2019.

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (September 2016): 28–40. diakses 25 Juni 2023. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/12.

Ismail, Ilyas. Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran. Makassar: Cendekia Pablisher, 2020. diakses 14 Juni 2023. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lPcOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA25&dq=prinsip+pemilihan+teknologi+pembelajaran&ots=ByqXShAlkk&sig=xKAAzTteWp6iaBmZmATEdWu-PDo&redir_esc=y#v=onepage&q=prinsip pemilihan teknologi pembelajaran&f=false.

Kusnandi, Kusnandi. “Mengartikulasikan Perencanaan Pendidikan Di Era Digital.” Jurnal Wahana Pendidikan 6, no. 1 (14 Mei 2019): 1. diakses 27 Juni, 2023. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/2023.

Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.” EDURELIGIA; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (10 Agustus 2018): 94–100. diakses 27 Juni 2023. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459.

Margaretha, Lydia. “Teori Belajar Untuk Kecerdasan Bahasa Anak Usia Dini.” Early Childhood Research and Practice 1, no. 01 (15 Juni 2020): 8–15. diakses 27 Juni, 2023. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/ecrp/article/view/1074.

Marinda, Leny. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman 13, no. 1 (18 April 2020): 116–152. diakses 24 Juni 2023. http://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/view/26.

Miftah, Muhammad. “Media Pembelajaran: Dari Konsepsi Ke Utilisasi Dan Permasalahannya.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 3, no. 2 (2015). https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/view/30.

Mokalu, Valentino Reykliv, Johanes Kornelius Panjaitan, Noh Ibrahim Boiliu, and Djoys Anneke Rantung. “Hubungan Teori Belajar Dan Teknologi Pendidikan.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 1 (19 Januari 2022): 1475–1486. diakses 27 Juni 2023. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/8961.

Rungkat, Nova Jelly, Noh Ibrahim Boiliu, Djoys Aneke Rantung, dan Pricylia Elviera Rondo. “Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dengan Teknologi Pendidikan.” Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 11, no. 2 (29 Juni 2022): 279–297.

Sari, Milya, and Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Allex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol. 1, no. 2 (2020): 78–95. http://e-journal.sttikat.ac.id/index.php/sikip/article/view/57.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v8i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.