Pengaruh Materi Keluarga Terhadap Pemaknaan Keluarga Kristen Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Barat

Devi Wahyu Setiawati

Abstract


Materi Keluarga merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran siswa selama jenjang Sekolah Dasar. Akan tetapi dalam realitasnya, buku pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Penerbit Kemendikbud pada jenjang Sekolah Dasar Negeri belum cukup banyak menyinggung mengenai keluarga. Pemaknaan dalam pembelajaran memberi pengertian bahwa siswa mampu untuk memahami, menghayati, memaknai dan juga mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari kedalam dunia sosial mereka. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh materi keluarga terhadap pemaknaan keluarga Kristen pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik penelitian yaitu Cluster Sampling serta cara pengumpukan data dengan skala penelitian yakni skala Guttman. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa hasil uji t sebesar 0.214 dan uji f sebesar 1.578 yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh antara materi keluarga terhadap pemaknaan keluarga Kristen pada siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Barat.

Keywords


Materi Keluarga; Pemaknaan; Siswa

Full Text:

PDF

References


Bessie, D., & Napitupulu, R. (2017). Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas I. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balibang, Kemendikbud.

Bessie, D., & Napitupulu, R. (2017). Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balibang, Kemendikbud.

Boiliu, N., & Natonis, H. (2021). Pengantar Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Ferianti, Y. (2021). Pentingnya Etika Kristen Dalam Pendidikan Agama Kristen. Inculco Journal of Christian Education, Vol. 1, No. 2, 1-14.

Jamaludin. (2013). Peningkatan Aktivitas Siswa Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Teori Belajar Bermakna David Ausebel di Kelas. Khatulistiwa, 1-14.

Khaulani, F., S, N., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VII No.1, 51-59.

Preskila, E., & Jatmiko, B. (2020). Keluarga Harmonis berdasarkan Kolose 3:18-21dan Pengaruhnya terhadap Etika Pergaulan Anak. Didaché:Journal of Christian Education, 153-168.

Rahmah, N. (2013). Belajar Bermakna Ausebel. Al-Khwarizmi, 43-48.

Sartika, S. B. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Model Pembelajaran Pemaknaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogia Vol. 1, No. 1, 63-82.

Setiadi, A. (2019). Implementasi Pembelajaran Bermakna Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Atas. Institutio: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol V No.I, 22-25.

Sihombing, R., & Sarungallo, R. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mendewasakan Iman Keluarga Kristen Menurut Ulangan 6:6-9. KERUSSO, VOLUME 4 NUMBER 1, 34-41.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tasilipet, Y. A. (2021). Makna Keutamaan Kasih Dalam 1 Korintus 13:1-8 dan Aplikasinya Bagi Orang Kristen Masa Kini. Jakarta: Skripsi. Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (Setia) Jakarta.

Tompah, N., & Marthin, E. (2018). Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas VI. Jakarta: Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Kelas VI.

Tulangouw, M. E. (2022). Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. Educatio Christi, 126-134.

Yaumi, M., Ibrahim, N., & Sidik, D. (2014). Prinsip-prinsip desain pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Yuliani, N., Tukiran, & Yuanita, L. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Pemaknaan Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Pengembangan Karakter Pada Siswa SMK. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya Vol.1 No.2, 80-84.

Zuhairi, K., Irwansyah, D., Setiawan, W., Yunarti, Y., & Mustofa, I. (2016). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot