PERANAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP INTERAKSI SOSIAL (STUDI PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 7 DEPOK)

Melda Rumia Rosmery Simorangkir, Elmy Trimega Vielia

Abstract


Later social media became a means of communication today that is very fast and rapid and can not be separated from the community. The development of increasingly sophisticated technology provides a major change in communication carried out by society in the modern era. The use of increasingly sophisticated communication facilities provides an opportunity for each individual to access information according to their wants and needs so easily, remote communication services are made easy without thinking about the time and transportation costs to meet. The purpose of this study is to examine the use of social media instagram on student social interactions in Depok 7 High School. By using quantitative research methods. The sample in this study were 73 students with a trial of 20 students. This study resulted that: it was found significant in the Linearity Division of 0.470> 0.005, thus it can be interpreted that the role of social media (X) on student social interaction (Y) is linear. Ϋ = 19,618 + 0,961, which means that the role of Instagram Social Media has a significant relationship to Social Interaction of class X students in Depok 7 Public High School. The results of the data analysis show that the role of Instagram social media on the social interaction of class X students in Depok Public High School is significant. Abstrak: Belakangan media sosial menjadi sarana komunikasi masa kini yang sangat cepat dan pesat dan tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat. Perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan suatu perubahan besar dalam komunikasi yang dilakukan oleh masyarakat di era modern. Penggunaan fasilitas komunikasi yang semakin canggih memberikan peluang bagi setiap individu untuk mengakses informasi sesuai keinginan dan kebutuhan dengan begitu mudah, layanan berkomunikasi jarak jauh menjadi begitu mudah tanpa memikirkan waktu dan biaya transportasi untuk bertemu. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti penggunaan media sosial instagram terhadap interaksi sosial siwa dilingkungan sekolah SMA Negeri 7 Depok. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa dengan uji coba sebanyak 20 siswa. Penelitian ini menghasilkan bahwa : didapatkan Signifikan pada Diviationfrom Linearity sebesar 0,470>0,005, dengan demikian dapat diartikan bahwa peranan media sosial (X) terhadap interaksi sosial siswa (Y) bersifat linear. Ϋ = 19,618+0,961, artinya bahwa Peranan Media Sosial Instagram memiliki hubungan yang signifikan terhadap Interaksi Sosial siswa kelas X di SMA Negeri 7 Depok. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa peranan media sosial Instagram terhadap interaksi sosial siswa kelas X di SMA Negeri 7 Depok signifikan.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2005.

Soekano, Budi. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raha Grafiando Persada, 2017.

Syamsul, Bambang. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Syarbaini. Dasar-Dasar Sosiologi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: AlfaBeta, 2008.

Rulli Nasrullah. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2015

Tonny Ferdinan. Sosiologi Umum. Jakarta: Obor Indonesia, 2015.

Khairunisa, “Dampak Aplikasi Instagram terhadap Peilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online di kalangan Siswa-Siswi SMA NEGERI 2 Tenggarong”, e-Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 4 (2014): 220-2230.

Tila Ikhsan. Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Kepribadian Remaja Usia 12-17 Tahun di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, Skripsi. Jakarta: UIN, 2017.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v3i2.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

  


View Regula Fidei Stats