Pentingnya Pendidikan Kristen dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Yonatan Alex Arifianto

Abstract


The covid-19 pandemic brought disaster in all aspects of the world including formal and Christian education carried out by the church. So that the church and all believers must obey government regulations. The corona virus epidemic also affects the psychology and spirituality of believers. Therefore, families based on the importance of PAK in building family spirituality during the Covid-19 pandemic can be understood and carried out to build trust and knowledge of God and can be an answer for those who are discouraged in the midst of the Covid-19 pandemic. The author conducted a study using the literature method with a qualitative descriptive approach in order to be able to find benefits for Christian families, at this time in the 19th and post-epidemics.
The importance of building spirituality in the family can be done first, understanding the basis and purpose of Christian religious education and family in building spirituality. Then it is grounded that the Bible as a spiritual foundation in the family and family must work together to become servants who equip family life in spirituality that is increasingly pleasing before God and a blessing to others because there is value and fruit that is produced through the important role of PAK in building family spirituality in the future. the Covid-19 pandemic.


Abstrak
Pandemi Covid-19 membawa bencana dalam segala aspek di dunia termasuk bagi pendidikan formal maupun pendidikan Kristen yang dilakukan oleh gereja. Sehingga gereja dan seluruh orang percaya wajib mentaati peraturan pemerintah. Wabah penyakit virus corona juga mempengaruhi psikologi dan kerohanian orang percaya. Maka itu keluarga berdasarkan Pentingnya PAK dalam membangun kerohanian keluarga di masa pandemi Covid-19 dapat dipahami dan dilakukan untuk membangun iman percaya dan pengenalan akan Tuhan serta dapat menjadi jawaban bagi mereka yang putus asa ditengah pandemic Covid-19. Penulis melakukan kajian menggunakan metode pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif supaya dapat menemukan manfaat bagi keluarga Kristen, saat ini dimasa Covid-19 maupun pasca wabah ini.
Pentingnya membangun kerohanian dalam keluarga dapat dilakukan dengan pertama, memahami landasan dan tujuan pendidikan agama Kristen dan keluarga dalam membangun kerohanian. Lalu mendasari bahwa Alkitab sebagai Dasar fondasi kerohanian dalam Keluarga dan keluarga harus bekerja sama menjadi pelayan yang memperlengkapi kehidupan keluarga dalam kerohanian yang semakin berkenan dihadapan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama karena ada nilai dan buah yang dihasilkan lewat peran pentingnya PAK dalam membangun kerohanian keluarga di masa pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Agung, Ivan Muhammad. “Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi (2020).

Albet Saragih, and Johanes Waldes Hasugian. “Model Asuhan Keluarga Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” JURNAL TERUNA BHAKTI 3, no. 1–11 (2020).

anthony Michael. Foundation Of Ministriy An Introduction To Christian Education For A New Generation. Malang: gandum mas, 2012.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.

Basthoumi Muslih. “Urgensi Komunikasi Dalam Menumbuhkan Motivasi Di Era Pandemi Covid-19.” 58 Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 5, no. 1 (2020): 57–65.

Berkhof, Louis, and Cornelius Van Til. Dasar Pendidikan Kristen. surabaya: Momentum, 2016.

Buana, Dana Riksa. “Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) Dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i (2020).

Budiyana, Hardi. “PERSPEKTIF ALKITAB TERHADAP KELUARGA KRISTEN.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidie 3, no. 2 (2018).

———. “Roh Kudus Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kristen Mewujudkan Pengajaran Kristen Yang Mengandung Nilai Kekal.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018).

Chia, Philip Suciadi, and Juanda Juanda. “Dispensasionalisme Sebagai Metode Dalam Memahami Alkitab.” Journal KERUSSO (2020).

Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012.

Groome, Thomas H. Pendidikan Agama Kristen Berbagi Cerita Dan Visi Kita. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Hastuti, Ruwi. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Pusat Bermisi.” Jurnal Antusias 2, no. 4 (2013): 23–68.

Hendrick, howard G. Mengajar Untuk Mengubah Hidup. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2011.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, and Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Luh.” Jurnal Teknologi Pendidikan (2020).

Homrighausen, E.G, and I.H Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Hutabarat, Oditha R. “MENDIDIK ANAK BERKARAKTER KRISTEN MENGATASI KEKERASAN.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama (2019).

Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei (2016).

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19).” Direkorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (2020).

Michael, Antony. Fondasi Pendidikan Abad 21. Malang: gandum mas, 2017.

Oci, Markus. “Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen Di Gereja Lokal.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

Pailang, Herianto Sande, and Ivone Bonyadone Palar. “Membangun Spiritual Remaja Masa Kini Berdasarkan Amsal 22 : 6.” Jurnal Jaffray (2012).

Sairwona, Wellem. “KAJIAN TEOLOGIS PENYAMPAIAN FIRMAN TUHAN DAN PENGARUHNYA BAGI PERTUMBUHAN IMAN JEMAAT.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (2017).

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei 5, no. 1 (2020): 13–24.

Simanjuntak, Junihot M. “Belajar Sebagai Identitas Dan Tugas Gereja.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (March 2018): 1.

Soesilo, Yushak. “Pengalaman Pribadi Dengan Roh Kudus Sebagai Indikator Kualitas Pelayanan.” Antusias: Jurnal Teologi dan Pelayanan 1, no. 3 (2011): 1–17.

Stevanus, Kalis. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak” 1, no. 1 (n.d.): 79–95.

Sumiwi, Asih Rachmani Endang. “Pembaharuan Pikiran Pengikut Kristus Menurut Roma 12:2.” Jurnal Teologi Berita Hidup 1, no. 1 (2018): 46–55. www.e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jbh.

Sumiwi, Asih Rachmani Endang. “Peran Roh Kudus Dalam Kehidupan Orang Percaya Masa Kini.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 23–31.

Suprihati, Deslana R. Hapsarini & Wahyu. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di Era Masa Kini.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) (2019).

Suryaningsih, Eko Wahyu. “Doktrin Tritunggal Kebenaran Alkitabiah.” PASCA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen (2019).

T Umar and S. L. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Telaumbanua, Arozatulo. “Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika (2019).

Wadi, Elsyana Nelce, and Elisabet Selfina. “Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart Dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen Pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua.” Jurnal Jaffray 14, no. 1 (March 2016): 77–92.

Widyaningrum, Gita Laras. “WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya?” National Geographic Indonesia.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal 4, no. 1 (2020): 28–38.

Zaluchu Sonny Eli. Tantangan Postmodernisme Terhadap Finalitas Alkitab. PASCA, 2010.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i2.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

  


View Regula Fidei Stats