Kompetensi Sosial Guru dalam Pengelolaan Kesehatan Mental Siswa sebagai Upaya Optimalisasi Pembelajaran di Masa Post-Pandemi

Setya Budi Tamtomo, Fereddy Siagian

Abstract


 

The purpose of this study is to analyze and provide a theological reflection on the social competence of teachers in managing students' mental health as an effort to optimize learning in the post-covid-19 pandemic. This research was carried out using quantitative methods using an effectiveness description analysis technique. The effectiveness description is used for effectiveness used between people/subjects who take action with the intended target. The research subjects were Christian students who were enrolled in State Junior High Schools in Surakarta, totaling 569 students were used as samples. The results show that in the post-covid-19 pandemic, face-to-face learning has created stress on Christian students in Surakarta City. From the results of the research, there is a role of social competence of Christian Religious Education teachers and Budi Pekerti in managing students' mental health. In order for students' mental health to be maintained, teachers need to provide correct guidance, understanding, and knowledge about mental health. For students with good mental health, learning activities in the post-pandemic period can run optimally. 


Abstrak 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan refleksi teologis terhadap kompetensi sosial guru dalam pengelolaan kesehatan mental siswa sebagai upaya optimalisasi pembelajaran di masa post pandemi covid-19.  Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Teknik analisis deskripsi keefektifan. Dekripsi keefektifan berfungsi untuk efektivitas digunakan antara orang/subyek yang melakukan tindakan dengan sasaran yang dituju. Subyek penelitian adalah siswa Kristen yang terdaftar di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kota Surakarta yang berjumlah berjumlah 569 siswa digunakan sebagai sampel. Hasilnya menunjukkan bahwa di masa post pandemi covid 19 pembelajaran tatap muka telah menimbulkan stress pada peserta didik kristiani di Kota Surakarta. Dari hasil penelitian adanya peran kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti dalam mengelola kesehatan mental siswa. Agar kesehatan mental siswa tetap terjaga, guru perlu memberikan bimbingan, pemahaman dan pengetahuan yang benar tentang kesehatan mental. Siswa dengan kesehatan mental yang baik maka kegiatan pembelajaran di masa post pandemi dapat berjalan secara optimal.


Keywords


social competence; mental health; learning; post covid-19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Bouncher, Michelle Dawn. Social Competence Education for Pre-Service Teachers, California State University: Sacramento, 2012.

Deliviana, Evi. Pengelolaan Kesehatan Mental Mahasiswa Bagi Optimalisasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia, Jurnal Selaras (Kajian Bimbingan dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan), Volume 3, Nomor 2, November 2020 (129 – 138), e-ISSN: 2621-0614/p-ISSN: 2621-0606

Fatimah, Siti. dan Mahmudah, Umi., How E-Learning Affects Students' Mental Health During Covid-19 Pandemic: An Empirical Study, DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, e-ISSN: 2581-1835, p-ISSN: 2581-1843, Volume 4, Nomor 1, Agustus 2020, halaman 114-12

Fitria, Putri Ayu. dan Saputra, Desma Yuliadi. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Semester Awal. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang Banten, Jurnal Riset Kesehatan Nasional, Volume 4, Nomor 2, November 2020, Halaman 60-66, e-ISSN: 2548-6144, p-ISSN: 2580-6173

Firdaus, Spiritualitas Ibadah Sebagai Jalan Menuju Kesehatan Mental Yang Hakiki, Jurnal Al-Adyan, Volume XI, Nomor 1, Januari – Juni 2016.

Holmes, Michael W. The Greek New Testament: SBL Edition, Lexham Press; Society of Biblical Literature, 2011–2013.

Jamieson, Robert., Fausset, A. R., and Brown, David Commentary Critical and Explanatory on the Whole Bible, vol. 2, Oak Harbor, WA: Logos Research Systems, Inc., 1997.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Rozali, Yuli Asmi., Sitasari, Novendawati Wahyu., Lenggogeni, Amanda., Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic, Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul, Jakarta Jalan Arjuna Utara Tol Tomang Kebon Jeruk, Jakarta, Jurnal Abdimas Volume 7 Nomor 2, Januari 2021, halaman 109 – 113

Subagyo, Joko. Metode Penelitian dari Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sarimaya, Farida. Sertifikasi Guru, Bandung:Yrama Widya, 2008.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 1999.

Souter, Alexander. A Pocket Lexicon to the Greek New Testament, Oxford: Clarendon Press, 1917.

Warsito, Hadi. Dkk. Pembelajaran Online Pasca Pandemi Covid 19: Identifikasi Masalah Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, e-ISSN 2621-2978; p-ISSN2685-9394, Volume 5 Nomor 1, Februari, 2022, hlm. 75-84




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v7i1.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot