Memaksimalkan Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran dalam Membangun Kreativitas Siswa

Andrias Pujiono, Kanafi Kanafi, Yonatan Alex Arifianto

Abstract


social media can be used as a learning medium. Tiktok is a social media that is specifically researched in building the creativity of students. In this article the method used is descriptive-analytical. Which analyzes various credible sources. Tiktok as a social networking application that is widely used by young people has creativity in it. This can be seen in the abundant variety of creative results that can be witnessed by its users, which ultimately encourages them to be creative. This spirit to be creative is supported by the ease of using features in the Tiktok application to produce content. In the end, students can easily produce a variety of content. From this study, it was concluded that Tiktok is a social media that is able to encourage the creativity of students.

 

Abstrak

Media sosial dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Tiktok sebagai media sosial yang diteliti secara khusus dalam hubungannya membangun daya kreativitas peserta didik. Dalam artikel ini metode yang digunakan adalah deskriptif analitis. Yang menganalisis berbagai sumber kredibel. Tiktok sebagai aplikasi jejaring sosial yang banyak digunakan kaum  muda ini telah membawa nilai kreativitas di dalamnya. Hal ini tampak pada ragam hasil kreativitas melimpah yang dapat disaksikan oleh penggunanya, yang pada akhirnya mendorong mereka untuk berkreasi. Spirit untuk berkreasi ini ditopang oleh kemudahan dalam menggunakan fitur di aplikasi Tiktok untuk menghasilkan sebuah konten. Yang pada akhirnya, dengan mudah para peserta didik dapat menghasilkan beragam konten. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Tiktok adalah media sosial yang mampu mendorong daya kreativitas peserta didik.

 


Keywords


tiktok; instruction media; creativity; student; media pembelajaran; kreativitas; peserta didik

Full Text:

PDF

References


Budiarti, Yesi. “Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 3, no. 1 (2015): 61–72.

Bulele, Yohana Noni, dan Tony Wibowo. “Analisis Fenomena Sosial Media Dan Kaum Milenial: Studi Kasus Tiktok.” Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology 1, no. 1 (2020): 565–572. http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit.

Clinten, Bill. “TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh Tahun 2021, Ungguli Facebook dkk.” tekno.Kompas.com. Last modified 2021. Diakses Januari 15, 2022. https://tekno.kompas.com/read/2021/12/30/10050007/tiktok-jadi-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-tahun-2021-ungguli-facebook-dkk.

Djamarah, Syaiful Bhari. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Evandio, Akbar. “Terpopuler Check, TikTok Aplikasi Favorit Anak 2020-2021 - Teknologi Bisnis.com.” Last modified 2021. Diakses September 1, 2021. https://teknologi.bisnis.com/read/20210604/84/1401400/terpopuler-check-tiktok-aplikasi-favorit-anak-20202021.

Fanaqi, Chotijah. “TikTok Sebagai Media Kreativitas Di Masa Pandemi COVID-19” 22, no. 1 (2021): 105–130.

Hadi, Sofyan. “Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding TEP & PDs 1, no. 15 (2017): 96–102.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan. Bat: Literasi Nusantara, 2020.

Hutamy, Ericha Tiara, Andi Naila Quin Azisah Alisyahbana, Nur Arisah, dan Muhammad Hasan. “Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Peserta Didik.” Pendidikan Dompet Dhuafa 11, no. 2018 (2021): 21–26.

Iskandar. “Apa yang Membuat TikTok Disukai Generasi Z?” liputan6.com. Last modified 2020. Diakses Januari 15, 2022. https://www.liputan6.com/tekno/read/4328268/apa-yang-membuat-tiktok-disukai-generasi-z.

Jacobs, Aimee, dan Yu-Chun Pan & Yen-Chen Ho. “More than just engaging? TikTok as an effective learning tool.” In The 27th UK Academy for Information Systems International Conference, 2022.

kemdikbud. “Profil Pelajar Pancasila.” https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/.

Khlaif, Zuheir N, dan Salha Suheil. “Using TikTok in Education: A Form of Micro-learning or Nano-learning?” Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences 12, no. 3 (2021): 2–7.

Kusuma, Wahyunanda, dan Yusuf. “Indonesia Sumbang Angka Unduhan TikTok Terbanyak di Dunia.” Last modified 2020. Diakses September 1, 2021. https://tekno.kompas.com/read/2020/09/11/15010037/indonesia-sumbang-angka-unduhan-tiktok-terbanyak-di-dunia.

Kusumawardhani, Elisa, dan Deasy Silvya Sari. “Gelombang Pop Culture Tik-Tok: Studi kasus Amerika Serikat, Jepang, India dan Indonesia.” Padjadjaran Journal of International Relations 3, no. 1 (2021): 19.

Literat, Ioana. “‘Teachers Act Like We’re Robots’: TikTok as a Window Into Youth Experiences of Online Learning During COVID-19.” AERA Open 7, no. 1 (2021): 233285842199553.

Niyomsuk, Sasina. “The Application of TikTok in Instructing Grade 7 Students’ Thai Traditional Dancing Art.” Journal of Educational Issues 8, no. 1 (2022): 480–490.

Pane, Aprida, dan Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar Dan Pembelajaran” 03, no. 2 (2017): 333–352.

Pujiono, Andrias. “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 1.

———. “Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Agama Kristen.” In Exsequendum Dikdaktik, 187–211. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju, 2020.

Rakhmayanti, Intan. “Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y.” tekno.sindonews.com. Last modified 2020. Diakses Januari 15, 2022. https://tekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y.

Ridhoi, Muhammad Ahsan. “TikTok Telah Diunduh Lebih dari 2 Miliar Kali di Dunia | Databoks.” Last modified 2020. Diakses September 2, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/tiktok-telah-diunduh-lebih-dari-2-miliar-kali-di-dunia.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Stephanie, Conney. “Apa Itu FYP di TikTok dan Bagaimana Cara Kerjanya? Halaman all - Kompas.com.” Last modified 2021. Diakses September 9, 2021. https://tekno.kompas.com/read/2021/08/26/10410017/apa-itu-fyp-di-tiktok-dan-bagaimana-cara-kerjanya-?page=all.

Winarso, Bambang. “Apa Itu TikTok dan Apa Saja Fitur-fiturnya? - Trikinet.com.” Last modified 2021. Diakses September 9, 2021. https://trikinet.com/post/apa-itu-tik-tok/.

Zaluchu, Sonny Eli. “Straregi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama” 4 (2020): 28–38.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v7i1.129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot