Penggunaan Platform Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi
Abstract
Abstrak
Era disrupsi memberikan dampak dan pengaruh besar kepada seluruh sistem pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK), sehingga sekolah maupun guru dituntut untuk mengikuti perubahan sistem pembelajaran ini. Pembelajaran di sekolah tidak lagi dilakukan secara langsung melainkan secara maya (online). Hal ini menuntut untuk penggunaan platform-platform digital yang dapat mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan platform digital pada pembelajaran PAK di ERA disrupsi. Untuk mengungkapkan tujuan ini, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan studi pustaka dengan menganalisis, kemudian mengemukakan sebuah pembelajaran PAK di era disrupsi. Hasil kajian didapati bahwa penggunaan platform digital yang tepat untuk pembelajaran akan berdampak kepada efektivitas dan berjalan lancarnya proses belajar mengajar PAK
Full Text:
PDFReferences
Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Nurmiani Sinaga. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadap Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 2 (2020): 174–193.
Andriani, Tuti. “SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.” Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Buday a 12, no. 1 (2015): 127–150.
Assidiqi, M H, and W Sumarni. “Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional … (2020): 298–303.
Benyamin, Prislika issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17.
Casriarno, Adida, and Demianus Nataniel. “Dinamika Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Wabah Corona: Sebuah Refleksi Berdasarkan Pengajaran Paulus Dalam Galatia 6:2.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Musik Gereja 4, no. 1 (2020): 25–42.
Djaya, Iman Dian, Johni Hardori, and Josia Pantja Paruntung. “Kontribusi Pembelajaran Pak Terhadap Kerohanian Siswa Di Smpn 122 Jakarta Utara” 11, no. 1 (2020): 54–62.
Fredik Melkias Boiliu, Kaleb Samalinggai, Devi Wahyu Setiawati. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0.” Jurnal DIDACGE 1, no. 1 (2020): 25–8.
Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal UNEJ 10, no. 1 (2016).
Manuputty, Prilly, and Novia Lakoruhut. “Problematika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Problematics of Teachers of Christian Religion Education in Learning in the Pandemic Time Covid-19.” Jurnal Didaxei 1, no. 20 (2020).
Novalis, Dede, Yuel Sumarno, Josia Pantja Paruntung, Sekolah Tinggi, and Teologi Bethel. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak” 10 (2019): 27–39.
Ready, Algu, and Rumyeni. “Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi.” Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. 3, no. 1 (2016).
Rumahorbo, Benget. “Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4 . 0” 9 (2019): 132–144.
Salsabila, Unik Hanifah, Munaya Ulil Ilmi, Siti Aisyah, Nurfadila Nurfadila, and Rio Saputra. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Disrupsi.” Journal on Education 3, no. 01 (2021): 104–112.
Sianipar, Desi. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Era Industri 4.0.” Universitas Kristen Indonesia (2018): 167–177.
Sitorus, Merinda Maranatha, and Fredik Melkias Boiliu. “Kajian Perkembangan Teknologi Berdasarkan Pendidikan Agama Kristen Merinda.” Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2021): 27–28.
Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Administrasi” (2012): 58–59.
Sulastri, Dera, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. “Pemanfaatan Platform Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 910-914 (2020): 910–914.
Suni Astini, Ni Komang. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2020): 241–255.
Supriani, Yani. “Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School.” JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2017): 210–220.
Tefbana, Abraham, and A. Dan Kia. “Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandemi.” Jurnal Luxnos 6, no. 2 (2020): 254–270.
Wongkar, Anggrini Amelia, and Yuel Sumarno. “Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 1–7.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v6i1.85
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.