Penggunaan Platform Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi

Priskila Issak Benyamin, Ucok P. Sinaga, Febie Yolla Gracia

Abstract


The era of disruption has had a major impact and influence on the entire learning system of Christian Religious Education (PAK), so that schools and teachers are required to follow this change in the learning system. Even learning in schools is no longer carried out directly but virtual (online) to the influence caused by the era of disruption through platforms that support the learning process. Therefore, in this study, the researcher aims to describe the use of digital platforms in PAK learning in the ERA of disruption. By using a qualitative approach, literature review and literature study by analyzing, then suggesting a PAK learning in the era of disruption. The sources that are prioritized are analyzing including the results of research contained in literature study journals and observing those in accordance with the title of writing. The results of the study of the era of disruption and the use of digital platforms for learning will have an impact on PAK learning, so the author will adjust this phenomenon to what should be done by teachers or education that follows the times in the era of disruption.

Abstrak
Era disrupsi memberikan dampak dan pengaruh besar kepada seluruh sistem pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK), sehingga sekolah maupun guru dituntut untuk mengikuti perubahan sistem pembelajaran ini. Pembelajaran di sekolah tidak lagi dilakukan secara langsung melainkan secara maya (online). Hal ini menuntut untuk penggunaan platform-platform digital yang dapat mendukung proses pembelajaran berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan platform digital pada pembelajaran PAK di ERA disrupsi. Untuk mengungkapkan tujuan ini, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan studi pustaka dengan menganalisis, kemudian mengemukakan sebuah pembelajaran PAK di era disrupsi. Hasil kajian didapati bahwa penggunaan platform digital yang tepat untuk pembelajaran akan berdampak kepada efektivitas dan berjalan lancarnya proses belajar mengajar PAK

Full Text:

PDF

References


Ambarita, Jenri, Ester Yuniati, and Nurmiani Sinaga. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Kristen Indonesia Terhadap Pembelajaran Online Di Tengah Covid-19 Dan Era Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4, no. 2 (2020): 174–193.

Andriani, Tuti. “SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.” Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Buday a 12, no. 1 (2015): 127–150.

Assidiqi, M H, and W Sumarni. “Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional … (2020): 298–303.

Benyamin, Prislika issak, Yogi Mahendra, and Donald Samuel Slamet Santosa. “Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen: Studi Meta Analisis.” SOTIRIA (Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani) 3, no. 1 (2020): 25–35. http://sttpaulusmedan.ac.id/e-journal/index.php/sotiria/article/view/17.

Casriarno, Adida, and Demianus Nataniel. “Dinamika Pendidikan Agama Kristen Di Tengah Wabah Corona: Sebuah Refleksi Berdasarkan Pengajaran Paulus Dalam Galatia 6:2.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Musik Gereja 4, no. 1 (2020): 25–42.

Djaya, Iman Dian, Johni Hardori, and Josia Pantja Paruntung. “Kontribusi Pembelajaran Pak Terhadap Kerohanian Siswa Di Smpn 122 Jakarta Utara” 11, no. 1 (2020): 54–62.

Fredik Melkias Boiliu, Kaleb Samalinggai, Devi Wahyu Setiawati. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0.” Jurnal DIDACGE 1, no. 1 (2020): 25–8.

Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal UNEJ 10, no. 1 (2016).

Manuputty, Prilly, and Novia Lakoruhut. “Problematika Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Problematics of Teachers of Christian Religion Education in Learning in the Pandemic Time Covid-19.” Jurnal Didaxei 1, no. 20 (2020).

Novalis, Dede, Yuel Sumarno, Josia Pantja Paruntung, Sekolah Tinggi, and Teologi Bethel. “Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak” 10 (2019): 27–39.

Ready, Algu, and Rumyeni. “Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi.” Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. 3, no. 1 (2016).

Rumahorbo, Benget. “Pembentukan Spiritualitas Mahasiswa Di Era Revolusi Industri 4 . 0” 9 (2019): 132–144.

Salsabila, Unik Hanifah, Munaya Ulil Ilmi, Siti Aisyah, Nurfadila Nurfadila, and Rio Saputra. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Era Disrupsi.” Journal on Education 3, no. 01 (2021): 104–112.

Sianipar, Desi. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Era Industri 4.0.” Universitas Kristen Indonesia (2018): 167–177.

Sitorus, Merinda Maranatha, and Fredik Melkias Boiliu. “Kajian Perkembangan Teknologi Berdasarkan Pendidikan Agama Kristen Merinda.” Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2021): 27–28.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan Administrasi” (2012): 58–59.

Sulastri, Dera, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. “Pemanfaatan Platform Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 910-914 (2020): 910–914.

Suni Astini, Ni Komang. “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2020): 241–255.

Supriani, Yani. “Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Berbantuan Quipper School.” JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2017): 210–220.

Tefbana, Abraham, and A. Dan Kia. “Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandemi.” Jurnal Luxnos 6, no. 2 (2020): 254–270.

Wongkar, Anggrini Amelia, and Yuel Sumarno. “Agama Kristen Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 11, no. 1 (2020): 1–7.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

  


View Regula Fidei Stats