Analisis Implementasi Strategi Belajar Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen

Yunita Sarah Beis, Steaven Octavianus, Dwi Novita Sari

Abstract


Christian Religious Education (PAK) is a part of church services which should be implemented based on the Bible. The goal of PAK is to enable Christians to live according to the Christian faith. The learning strategy is a design made by the teacher so that an interactive learning process occurs between the teacher and students with the environment as a source of learning media. The results of the data analysis show that only 37% of students score according to the Minimum Completeness Criteria Standard (KKM) in the KTSP curriculum when non-interactive learning strategies are applied. Therefore, it is necessary to continue to implement interactive learning strategies so that students continue to be active and understand the material when teaching and learning activities are carried out, especially in grade V SD Negeri Sonalete on Christian Religious Education Subjects. In the application of interactive learning strategies, the percentage of students who reach the minimum completeness criteria according to the KTSP curriculum direction is 89%. Therefore, interactive learning strategies can be applied continuously and generally at SD Negeri Sonalete and especially in grade V on Christian Religious Education subjects. Because class V is a preparation class that will face the national exam.

Abstrak
Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan bagian dari pelayanan gereja yang semestinya dilaksanakan dengan berlandaskan pada Alkitab. Tujuan PAK adalah memampukan orang Kristen hidup sesuai dengan Iman Kristen. Strategi belajar adalah suatu rancangan yang dibuat oleh guru agar terjadi proses pembelajaran yang interaktif antara guru dan siswa dengan lingkungan sebagai sumber media pembelajaran. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa hanya 37% siswa yang memperoleh nilai sesuai Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam Kurikulum KTSP ketika diterapkan strategi belajar non-interaktif. Oleh karena itu, perlu untuk terus menerapkan strategi belajar Interaktif sehingga siswa terus aktif dan memahami materi pada saat kegitan belajar mengajar dilaksanakan terkhususnya di kelas V SD Negeri Sonalete pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam penerapan strategi belajar interaktif persentase nilai siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sesuai dengan arahan kurikulum KTSP adalah sebesar 89%. Oleh karena itu, strategi belajar interaktif dapat diterapkan secara kontiniu dan umum di SD Negeri Sonalete dan terkhususnya di kelas V Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Karena kelas V merupakan kelas persiapan dimana akan menghadapi ujian nasional.

Full Text:

PDF

References


Asmarnis dkk. “Media dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi”, Jurnal Zarah, 2016. Vol. 4, No. 1

Boehlke, Robert. R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Borrong, Robert P. Berakar didalam Dia dan Dibangun di atas Dia, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.

Bahri & Aswan Saefudin. (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Dasna, I. W. Modul: Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Universitas. Terbuka. (online). (https://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR5203-M1.pdf), 2015.

David, Fred R. Manajemen Strategis Konsep, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Handrianto, Ciptro. “Penerapan Pendekatan Interaktif Oleh Tutor Dalam Pembelajaran Paket C Pada Kelompok Binuang Sakti Kota Padang,” Juli 2013, Vol. I, No.2.

Hidayat, Isnu. 50 Strategi Belajar Terpopuler, Yogyakarta: Diva Press, 2019.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Munandar, Arif. Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Nasution. Metode Research: Penelitian Ilmu Ilmiah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.

Nugroho, Widiantono dan Harjono Nyoto. “Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD,” September 2017, Vol 7 No 3 (2017).

Prayekti. “Penerapam Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA di SD,” Jurnal Teknologi Pendidikan. (online), (http://www.teknologipendidikan.net), (2004).

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana. 2008.

S.H. Tito. “Model Pembelajaran Interaktif dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 7 Metro Pusat dalam Pembelajaran IPS Tentang Lingkungan Alam dan Buatan Semester I Tahun Ajaran 2012/2013.” Vol. No. 1.

Sukmawati, Rika. “Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi DRILL Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa”, Vol. 10 No. 2. Tarbiyah, Januari-Juli 2018, Vol. 25, No. 1, P-ISSN: 0854–2627, E-ISSN: 2597-4270 (2017).

Thomas, F. (2017). Metode Mengajar, Bandung: Kalam Hidup, 2017.

Widodo, A. Pendidikan IPA di SD (BBM). Bandung: UPI. (online), (https:/file.ipi.edu/Direktori/Dual_Modes/Pendidikan_IPA_Di_SD/BBM_6.pd) 2007




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

  


View Regula Fidei Stats