Analisis Implementasi Strategi Belajar Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Abstrak
Pendidikan Agama Kristen (PAK) merupakan bagian dari pelayanan gereja yang semestinya dilaksanakan dengan berlandaskan pada Alkitab. Tujuan PAK adalah memampukan orang Kristen hidup sesuai dengan Iman Kristen. Strategi belajar adalah suatu rancangan yang dibuat oleh guru agar terjadi proses pembelajaran yang interaktif antara guru dan siswa dengan lingkungan sebagai sumber media pembelajaran. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa hanya 37% siswa yang memperoleh nilai sesuai Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam Kurikulum KTSP ketika diterapkan strategi belajar non-interaktif. Oleh karena itu, perlu untuk terus menerapkan strategi belajar Interaktif sehingga siswa terus aktif dan memahami materi pada saat kegitan belajar mengajar dilaksanakan terkhususnya di kelas V SD Negeri Sonalete pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam penerapan strategi belajar interaktif persentase nilai siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sesuai dengan arahan kurikulum KTSP adalah sebesar 89%. Oleh karena itu, strategi belajar interaktif dapat diterapkan secara kontiniu dan umum di SD Negeri Sonalete dan terkhususnya di kelas V Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Karena kelas V merupakan kelas persiapan dimana akan menghadapi ujian nasional.
Full Text:
PDFReferences
Asmarnis dkk. “Media dan Efektivitas Belajar Siswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi”, Jurnal Zarah, 2016. Vol. 4, No. 1
Boehlke, Robert. R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Borrong, Robert P. Berakar didalam Dia dan Dibangun di atas Dia, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.
Bahri & Aswan Saefudin. (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Dasna, I. W. Modul: Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Universitas. Terbuka. (online). (https://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR5203-M1.pdf), 2015.
David, Fred R. Manajemen Strategis Konsep, Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Handrianto, Ciptro. “Penerapan Pendekatan Interaktif Oleh Tutor Dalam Pembelajaran Paket C Pada Kelompok Binuang Sakti Kota Padang,” Juli 2013, Vol. I, No.2.
Hidayat, Isnu. 50 Strategi Belajar Terpopuler, Yogyakarta: Diva Press, 2019.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Munandar, Arif. Pengantar Kurikulum, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
Nasution. Metode Research: Penelitian Ilmu Ilmiah, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Nugroho, Widiantono dan Harjono Nyoto. “Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD,” September 2017, Vol 7 No 3 (2017).
Prayekti. “Penerapam Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA di SD,” Jurnal Teknologi Pendidikan. (online), (http://www.teknologipendidikan.net), (2004).
Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana. 2008.
S.H. Tito. “Model Pembelajaran Interaktif dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 7 Metro Pusat dalam Pembelajaran IPS Tentang Lingkungan Alam dan Buatan Semester I Tahun Ajaran 2012/2013.” Vol. No. 1.
Sukmawati, Rika. “Pengaruh Pembelajaran Interaktif Dengan Strategi DRILL Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa”, Vol. 10 No. 2. Tarbiyah, Januari-Juli 2018, Vol. 25, No. 1, P-ISSN: 0854–2627, E-ISSN: 2597-4270 (2017).
Thomas, F. (2017). Metode Mengajar, Bandung: Kalam Hidup, 2017.
Widodo, A. Pendidikan IPA di SD (BBM). Bandung: UPI. (online), (https:/file.ipi.edu/Direktori/Dual_Modes/Pendidikan_IPA_Di_SD/BBM_6.pd) 2007
DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i2.71
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
| ![]() |
View Regula Fidei Stats