Mengembangkan Strategi Misi dalam Penginjilan Generasi Z melalui Media Komunikasi Visual pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak di Tangerang

Boaz Adi Prakoso

Abstract


Generasi Z sebagai generasi yang lahir dan tumbuh dalam era digital memiliki pola komunikasi yang sangat dipengaruhi oleh media visual. Dalam konteks lembaga pembinaan khusus anak di Tangerang strategi penginjilan yang efektif harus mempertimbangkan metode komunikasi yang relevan dan menarik bagi kelompok ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi misi dalam penginjilan Generasi Z dengan memanfaatkan media komunikasi visual seperti poster video dan infografis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam observasi partisipatif dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual mampu meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap pesan-pesan Alkitab terutama yang berkaitan dengan kasih pengampunan dan pengharapan. Poster dengan desain sederhana warna cerah dan ilustrasi ekspresif terbukti lebih efektif dibandingkan pendekatan verbal semata. Pembahasan dalam penelitian ini mencakup efektivitas media visual dalam membangun koneksi emosional dengan audiens pentingnya menyelaraskan pesan dengan konteks budaya digital Generasi Z serta tantangan dan peluang dalam penerapan strategi ini di lembaga pembinaan anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media komunikasi visual dapat menjadi sarana yang sangat efektif dalam penginjilan Generasi Z dan merekomendasikan agar lembaga pembinaan terus mengembangkan inovasi dalam penggunaan media visual sebagai bagian dari program pengajaran dan penginjilan.


Keywords


Generazi Z, Misi, Penginjilan, Media Visual

Full Text:

PDF

References


Anwar, F., dan Priyono, B. “Peran Poster Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Pesan Alkitab pada Generasi Muda.” Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Pendidikan Agama 4, no. 2 (2023): 48.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 4th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2014.

Dewi, R., dan Prasetya, S. “Efektivitas Desain Minimalis dalam Media Visual Pendidikan.” Jurnal Desain dan Visualisasi Kontemporer 10, no. 3 (2019): 45–52.

Fitriana, Novi, dan Susanto, Rudi. “Efektivitas Warna Cerah dalam Media Visual Pendidikan Kristen.” Jurnal Pendidikan dan Komunikasi Visual 12, no. 2 (2020): 54–63.

Godwin-Jones, Robert. Emerging Media and Digital Storytelling. New York: Palgrave Macmillan, 2018.

Godwin-Jones, Robert. “Emerging Technologies: Mobile Apps for Language Learning.” Language Learning & Technology 22, no. 1 (2018): 2–8.

Hensel, Natalie. Christian Symbolism in Visual Art. Cambridge: Cambridge Scholars Publishing, 2017.

Hidayat, M., dan Kusuma, E. R. “Efektivitas Komunikasi Visual dalam Pendidikan Agama untuk Generasi Z.” Jurnal Media dan Komunikasi Religius 5, no. 1 (2022): 17.

Lam, Kenneth. Visual Storytelling in Digital Contexts. London: Routledge, 2010.

Marshall, I. Howard. The Gospel of Luke: A Commentary on the Greek Text. Grand Rapids: Eerdmans, 1978.

Martin, Joanna, dan Fox, Samuel. Designing for Youth Engagement: Visual Media and Audience Retention. New York: Routledge, 2015.

Martin, T., dan Fox, A. “Komunikasi Visual dan Pengaruhnya terhadap Generasi Digital.” Jurnal Komunikasi dan Media Digital 7, no. 1 (2015): 25.

Moss, Claire, dan O’Connor, Kate. Teaching Religion in a Visual Age. London: Harper & Row, 2017.

Pew Research Center. “How Teens Navigate School and Social Media.” Pew Research Center, September 2018. https://www.pewresearch.org.

Pew Research Center. “Teens, Social Media & Technology 2018.” Pew Research Center, May 2018. https://www.pewresearch.org.

Prensky, Marc. “Digital Natives, Digital Immigrants.” On the Horizon 9, no. 5 (2001): 1–6.

Rahmawati, I., dan Nugraha, E. “Media Visual Kontekstual dalam Pendidikan Agama untuk Generasi Muda.” Jurnal Pendidikan dan Komunikasi Visual 14, no. 2 (2021): 92.

Rahman, D., dan Sari, M. A. “Integrasi Elemen Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Anak dan Remaja.” Jurnal Pendidikan dan Religi Digital 3, no. 4 (2022): 79.

Ramadhani, F., dan Surya, M. D. “Koneksi Emosional dalam Media Visual Berbasis Religiusitas.” Jurnal Psikologi dan Pendidikan 8, no. 4 (2020): 67–78.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v10i1.290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.