Meningkatkan Kesadaran Orang Tua tentang Pendidikan Melalui Program Home Visit dan Kelas Orang Tua di Kelompok Bermain Abdi Trisno Siwi
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sering diabaikan dalam sistem pendidikan karena dianggap sebagai tahap yang tidak begitu penting bagi perkembangan anak. Persepsi ini diperkuat oleh klasifikasi Kelompok Bermain (KB) yang masih tergolong dalam pendidikan nonformal. KB Abdi Trisno Siwi juga menghadapi kendala terkait dengan persepsi orang tua yang menunjukkan rendahnya kesadaran mereka tentang pentingnya PAUD bagi anak mereka. Terlihat dari seberapa seringnya peserta didik di KB Abdi Trisno Siwi absen di kelas. Berbagai faktor, seperti latar belakang pendidikan, tingkat keterlibatan orang tua, dan kondisi geografis, diketahui berkontribusi terhadap kurangnya pemahaman yang komprehensif tentang PAUD. Melalui penelitian kualitatif yang menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk pengumpulan data, penelitian ini bertujuan untuk membantu para guru dalam mengoptimalkan program home visi dan kelas orang tua sebagai upaya meningkatkan kesadaran orang tua mengenai pentingnya PAUD bagi anak-anak mereka di KB Abdi Trisno Siwi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah Cendrakasih Samoeri. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Orang Tua Dalam Menyekolahkan Anak Ke PAUD.” Jurnal Telenta 9, no. 1 (2018).
Andreas B. Subagyo. Pengantar Riset KKuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Anjani, Ratna, and Esya Anesty Mashudi. “Kseterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru.” Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (2024): 110–127.
Annisa Ajeng Tri Rahmah, Salsabila, Vesi Tri Septiani, Inas Safira Fatya, Yecha Febrieantih Putri. “Program Parenting Kelas Pertemuan Orang Tua (KPO) Dan Keterlibatan Orang Tua Dalam Kelompok Kelas Anak (KOK).” Jurnal Mulidipliner Baharasumba 1, no. 2 (2022).
Eka Widi Susanti, Adelina Hasyim, Yunisca Nurmalisa. “Faktor Penyebab Orang Tua Tidak Menyekolahkan Anaknya Di PAUD Fajar.” Jurnal Kultur Demokrasi 4, no. 5 (2016): hal 1-16.
Eliya Hafidathul Jannah. “Pelaksanaan Program Home Visit Di RA Ulul Albabab Jember Tahun Ajaran 2019/2020.” Universitas Muhammadiyah Jember (2019): hal 3-7.
Ihromi, T, O. Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.
Ika Budi Maryatun, Nur Hayati. Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kemnentrian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta, 2010.
Muamaroh. “Latar Belakang Rendahnya Kesadaran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Perempuan.” Jurnal Pendidikan Psikologi 2, no. 1 (2013).
Nia Nurhansanah, Aria Ahmad Mangunwibawa, Mohammad Roland Zakaria, Fitriana Wuri Herarti, Nana Maznah Prasetyo, Lusi Margiyani, Pia Adiprima, Rosfita Roesli, Dian Fikriani. Panduan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas: Penyelengaraan Kelas Orang Tua (Seri 3). Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog, 2022.
Prayitno dan Erman Amti. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.
Puji Gusri Handayani. “Pentingnya Pelaksanaan Home Visit Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling.” Global Conferences Index (2018).
Rani Darojah, Urip Triwijayanti dan Raden Sudarwo. “Pendidikan Anak Usia Dini Di Pedesaan: Menelusiri Faktor-Faktor Penentu Orang Tua Dalam Menyekolahkan Di PAUD.” Jurnal Care (Children Advisory Research and Education) 11, no. 2 (2024).
Siti Hadijah, Masita. “Meningkatkan Kesadaran Masyrakat Dalam Mendukung Terselenggaranya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melalui Kegiatan Ibu Pembinaan Ketahanan Keluarga (PKK) Di Desa Pela Kec. Monta.” jurnal Pelangi Jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan Islam anak Usia Dini 03, no. 1 (2021): hal 53.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Suyadi dan Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Yuyun Istiana. “Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.” Didaktika 20, no. 2 (2014).
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v10i1.274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.