Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 4 Kota Kupang dengan Menerapkan Model Pembelajaran Quantum Teaching
Abstract
The purpose of this article is to find out the improvement of students' learning achievements at the State Senior High School 4 Kupang City by applying the Quantum Teaching-learning model. The method used in this paper is a type of classroom action research. The results showed that the average student learning outcomes before the study were 6.1. After learning by using the Quantum Teaching model in cycle I student learning outcomes increased to 6.6, in cycle II student learning outcomes increased to 7.3, and cycle III student learning outcomes increased to 7.9. Overall with the use of the Quantum Teaching model can improve student learning outcomes by 7.3. This means that the Quantum Teaching-learning model can improve student achievement in Christian Religious Education subjects in class XII State Senior High School 4, Kupang City.
Abstrak
Tujuan yang di capai dalam artikel ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Kupang dengan Menerapkan Model pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang di pakai dalam penulisan ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum penelitian adalah 6,1. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Teaching pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 6,6, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,3 dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,9. Secara keseluruhan dengan penggunaan model Quantum Teaching tersebut mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 7,3. Hal ini berarti model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Kupang.
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional RI. Standar Isi Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2002.
Hadikusumo, Kunaryo, dkk. Pengatar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press., 1996.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press, 1988.
Nilandri. A. Quantum Teaching :Orchestrating Student Succes (Bobbi DePoter, Mark Reardon, Sarah Singer-Nourie,Terjemahan), Boston: Allyn and Bacon, 2010
Serrano dan Suleeman. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika
Wijaya dan Syahrum. Penelitian Tindakan Kelas: Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013
DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i1.41
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.