MISI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN PROBLEM MORALITAS ANAK
Abstract
Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk membahas misi Pendidikan Agama Kristen dan moralitas anak. Pendidikan Agama Kristen tidak boleh menafikan unsur moral dalam proses pendidikan. Pendidikan Agama Kristen harus menempatkan moralitas sebagai unsur utama. Pendidikan dan persoalan moralitas anak merupakan persoalan yang serius dan memiliki proses pembentukan yang sangat panjang. Pembentukan moralitas anak dimulai dari sejak lahir hingga menyelesaikan pendidikannya sampai akhirnya terlibat dalam masyarakat. Keterlibatan tersebut tidak terbatas pada implementasi akademis yang dimiliki tetapi dalam aktualisasi diri yang tidak terpisah dari sikap diri, nilai-nilai agama yang diyakini, pengetahuan, keterampilan, dan konsep diri anak.
Full Text:
PDFReferences
Allen, Judith. Pengajaran dan Pembimbingan Anak, Jakarta: Kalam Hidup, 2000.
Berkhof, Louis dan Cornelius van Til. Dasar Pendidikan Kristen, Surabaya: Momementum, 2012.
Boiliu, Noh, Ibrahim. Metode Fenomenologi Eksistensial sebagai suatu Pendekatan dalam Menganalisis Struktur Eksistensi Manusia. Tesis, Surakarta: STT Berita Hidup, 2007
Boiliu, Noh, Ibrahim. Nilai Manusia dalam Praksis Kepemimpinan. Berdasarkan Kejadian 1:26,27. Jurnal The Way, 1 (2):4-115, 2013.
Cully, Iris, V. Dinamika Pendidikan Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia,1995.
D’Costa, Cavin. Mempertimbangkan Kembali Keunikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.
Drijarkara, N. Filsafat Manusia, Yokyakarta: Yayasan Kanisius, 2004.
Gangel, Kenneth, O. Membina Pemimpin Pendidikan Kristen, Malang: Yayasan Gandum Mas, 1998
Groome, Thomas, H. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011
Hick, John & Knitter, Paul, F. Mitos Keunikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.
Homgridhausen, E.G. dan I.H. Enklar. Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
Jakobs, Tom. Paham Allah dalam Filsafat, Agama-agama dan Teologi, Yokyakarta: Yayasan Kanisius, 2004.
Maxwell, John. Karakter dalam Kepribadian, Malang: DIOMA, 2000.
Mini, Rose. Perilaku Anak Usia Dini, Jakarta: Kalam Hidup, 2002.
Peters, George. A Biblical Theology of Missions, Chicago: Moody Press, 1972.
Sadono, Sentot. Psikologi Pendidikan Kristen, Semarang: STBI, 2012.
Selan, Rut, F. Pedoman Pembinaan Warga Jemaat, Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2000.
Sijabat B.S. Pengajar Secara Profesional, Bandung: Kalam Hidup, 2009.
Sadono, Sentot. Psikologi Pendidikan, Semarang: STBI, 2012.
Sirait, Tunggul. Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen di Indonesia antara Konseptual, Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Smith,Wilfred, C. Memburu Makna Agama, Bandung: Mizan, 2004.
Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak, Jakarta: Erlangga, 1984.
Tong, Stephen. ,Arsitek Jiwa 1, Jakarta: BPK Gunung Mulia,2000.
Wahana, Paulus. Nilai Etika Aksiologis, Yogyakarta: 2007.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.