FILSAFAT PENDIDIKAN DRIYAKARA DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Abstrak: Ada begitu banyak tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0. Dalam tulisan ini, penulis berusaha menjawab tantangan tersebut dengan metode studi pustaka dari beberapa literatur dengan kajian analisis isi. Dalam artikel penulis menekankan bahwa para pendidik harus mengembalikan esensi dari sebuah pendidikan. Seperti yang ditawarkan oleh Driyakara dalam pemikirannya dan dipadukan dengan filsafat pendidikan humanism. Pelaku dalam pendidikan yang utama adalah orangtua dan anak. Esensi dari sebuah pendidikan adalah penanaman nilai-nilai dan moral keagamaan. Nilai-nilai pendidikan yang disampaikan oleh Driyarkara adalah pendidikan mendasar yang didalamnya terdiri dari orangtua dan anak. Tugas orangtua sebagai pendidik adalah mendampingi anak agar menjadi manusia yang dewasa. Anak belajar menjadi manusia dewasa dengan belajar secara langsung dan aktif. Dengan demikian, anak akan menyadari manfaat dari belajar itu sendiri. Dalam prosesnya harus tetap ada pendisiplinan dan pelaksanaan nilai-nilai.
Full Text:
PDFReferences
Agus, P. Manfaat dan Tantangan Platform Digital Industry 4.0. Diunduh pada tanggal 8 Februari 2019 pada https://digitalentrepreneur.id/revolusi-industri-4-0/, 2018.
Boiliu, Noh, Ibrahim, Sumbangsih Paulo Freire Bagi Pendidikan Kristen di Indonesia. Torah, Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol.1 No.2 September 2016, 1-15.
Boiliu, Noh, Ibrahi, Sumbangan Filsafat Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, Vol. 1 No.2 September 2016, 233-259.
Hanurawan, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rosda. 2004.
Pengasuh Majalah Basis, Driyarkara Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1980.
Rohman, Abdul. & Ningsih, Yenni Eria, Pendidikan multicultural: Penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0, Diseminarkan pada Seminar Nasional Multidisiplin 2018 di UNWAHA Jombang, 29 September 2018.
Sudiarja, A., Subanar, G. Budi., Sunardi, S., & Sarkim, T, Karya Lengkap Driyarkara: Esai-Esai Filsafat Pemikir Yang Terlibat Penuh Dalam Perjuangan Bangsanya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.
Syamsuar & Reflianto, Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0, E-TECH: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Vol. 6(2), 2018.
Treurini, Frieda, Driyarkara si Jenthu, Jakarta: Penerbut Buku Kompas, 2013.
Yahya, Muhammad., Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia, Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar, 14 Maret 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
| ![]() |
View Regula Fidei Stats