Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Penggunaan Media Pembelajaran “Quizizz” di Masa Pandemi Covid-19

Priskila Issak Benyamin, Yuel Sumarno, Ucok Sinaga

Abstract


Online learning in the pandemic era tends to make students passive in class. Therefore, researchers use Quizizz Learning media to increase student activity and achievement in PAK learning at SMA Negeri 16 Jakarta in the covid-19 era. The purpose of this study was to determine the increased inactiveness and learning achievement of Christian Religious Education for class XII students of SMA Negeri 16 West Jakarta through the learning media "Quizizz." This research uses the classroom action research method. The researcher was directly involved in the class action process in this study. The researcher acts as a teacher to teach and assess students' activeness and learning achievement. The sample-set was nineteen students from class XII SMA Negeri 16 West Jakarta. This study indicates that the Quizizz learning media increases student activity in class and student achievement.


References


Alexander, Ferdinant, and Fenni Regina Pono. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 2 (2019): 110–126.

Arifianto, Yonatan Alex, Sari Saptorini, and Kalis Stevanus. “Pentingnya Peran Media Sosial Dalam Pelaksanaan Misi Di Masa Pandemi Covid-19.” HARVESTER: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 5, no. 2 (2020): 86–104.

Asria, Lailatul, Dwi Ratna Sari, Siti Anifatul Ngaini, Umi Muyasaroh, and Fadhilah Rahmawati. “Analisis Antusiasme Siswa Dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz.” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 3, no. 1 (2021): 1–17.

Barlina, Ikbal. “Pentingkah Strategi Belajar Mengajar?” Jurnal Forum Sosial 6, no. 1 (2013): 241–246.

Benyamin, Priskila Issak, Ibnu Salman, and Frans Pantan. “Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 52–59.

Betakore, Yoel. “Menggapai Pengetahuan, Memperoleh Spiritualitas: Urgensi Dwi-Konsep Pengetahuan-Spiritualitas Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 3975–3983.

Charly Panjaitan, Yonatan, Ferndinand Edu, and Ivonne Shandra Sumual. “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PAAIKES UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIASME ANAK SEKOLAH MINGGU DALAM BERIBADAH ONLINE DI GBI PAPUA RESTORATION FOR CHRIST.” Jurnal PkM Setiadarma 2, no. 2 (2021).

Daniel, S, and F Hasali. “Penerapan Metode Permainan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di SD Kristen Kanaan Tangerang.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 41–61.

Dwi, Nency, Diana Sadrakh, and Aser Lasfeto. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Perilaku Belajar Bermasalah Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Efata Tangerang Serpong.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 2 (2019): 40–49.

Fredik Melkias, Boiliu. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA DI ERA DIGITAL.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (2020): 107–109.

Fredik Melkias, Boiliu, and S Sinaga. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Centered Learning Di Sekolah.” URNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 9, no. 2 (2021): 120–126.

Gratia, Yada Putra, Priskila Benyamin Issak, Yuel Sumarno, and Valentino Wariki. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Korban Kemiskinan.” Jurnal Ecodunamika 3, no. 1 (2020): 1–11.

Hafiz, Ahmad. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Kitabah Di SMPIT Brilliant Batusangkar Kelas 7.” Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3 (2021): 90–105.

Krisna Pakpahan, Gernaida, Ibnu Salman, and Andreas Budi Setyobekti. “Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Upaya Mencegah Radikalisme.” KURIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 7, no. 2 (2021).

Mahendra, Yogi, Yehezciel V Fernando, and Anastasya Runesi. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Metode Sersan Sebagai Model Pembelajaran Efektif Dan Inovatif Dalam Kelas Virtual Di Sekolah Tinggi Teologi Bethel Indonesia” 4, no. 2 (2022): 1668–1677.

Maria Setiani Putri, Christine, Yuel Sumarno, and Priskila Issak Benyamin. “Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Ilmu Pengetahuan Alkitab Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Teologi Kristen Bethel, Jakarta.” Jurnal Didaktikos 4, no. 1 (2021): 10–19.

Namitawati, N. “PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS.” (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang). (2019).

Nuhamara, Daniel. “Penguatan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16 (1) (2018).

Pakpahan, Gernaida Krisna R. “Identitas Pendidikan Keluarga.” In Education For Change, edited by Junifrius Gultom, 83. 1st ed. Jakarta: Bethel Press, 2017.

Pantan, Frans, Priskila Issak Benyamin, Johni Hardori, Yuel Sumarno, and Sadrakh Sugiono. “Resiliensi Spiritual Menghadapi Disruption Religious Value Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Lembaga Keagamaan.” Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 7, no. 2 (2021): 372–380.

Pantan, Frans, and Setia Nainggolan. “Ketrampilan Guru Dalam Mengajar Pendidikan Agama Kristen.” Edukasi : Jurnal Pendidikan agama kristen 1, no. 1 (2008): 1.

Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, and Yunardi Kristian Zega. “IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH.” Jurnal Shanan 5 (2021): 29–42.

Riyana, Cheppy. Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia, 2007.

Salman, Ibnu, Priskila Benyamin, and Wartoni Wartoni. “Monitoring Model and Evaluation of ICT Utilization in The New Normal Era in Distance Learning in Madrasah” (2021): 1–8.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Silaban, J, and E Siringo-ringo. “PENGARUH DISIPLIN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SIPOHOLON TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018.” Jurnal Pendidikan Dan Teologi 3, no. 1 (2020): 19–40.

Sirait, Erita Dewi, and Sadrakh Sugiono. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Bethel Petamburan” 11 (2020): 16–31.

Sitorus, Herowati. “Refleksi Teologis Kitab Yeremia Tentang Pesan Sang Nabi Bagi Orang-Orang Buangan.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 2 (2018): 267–280.

Sugiono, Sadrakh. “PAK Dan Penginjilan Dalam Amanat Agung Yesus Kristus.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2008): 1–16.

Sumarno, Yuel, Apin Militia Christi, Febie Yolla Gracia, Anastasia Runesi, and Hendrik Timadius. “Strategi PAIKEM Terpadu Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Pandemi Covid-19.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 4, no. 2 (2021): 226–244.

Susanto, Erwin Joko. “Efektivitas Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Lms Untuk Membangun Antusiasme Siswa Dalam Kegiatan Literasi Digital.” Prosiding Seminar Nasional Ahlimedia 1, no. 1 (2021): 74–82.

Tamara, Yesi, Desserly Christie Pakasi, Angel Krismawaty Wesly, and Edi Sujoko. “Profesionalitas Yesus Sang Guru Agung Dalam Penggunaan Media Pembelajaran.” Didache: Journal of Christian Eduaction 1, no. 1 (2020): 65.

Telaumbanua, Arozatulo. “Implementasi Konsep Pengajaran Tuhan Yesus Kristus Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi Rahmat 6, no. 1 (2020): 27-39.

Vuspa, S L. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS PATRA MANDIRI PLAJU PALEMBANG.” Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG). (2017).

Yusimarliah, Elis. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 01, no. 01 (2015): 1–15.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i2.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

  


View Regula Fidei Stats