MANAJEMEN KONFLIK DAN PENDIDIK KRISTEN: SEBUAH TEORI DAN PRAKSIS

Jerry Rumahlatu

Abstract


In most educational institutions’ daily life, various conflicts involving individualsor groups occur. The conflicts can be differentiated into five forms: a) conflict within the individual; b) conflicts between individuals; c) conflicts among members of one group; d) conflicts between educators and administrative personnels; and (e) conflicts between organizations. Conflicts are inevitable in an institutionn. Conflicts can also be positive and negative forces.The management, therefore, should not eliminate any conflicts, except the ones causing bad impact. Some types or levels of conflict may even be used to change or to innovate. Thus, conflict is not something to be feared. It is something to be managed so that itcontributein the trials to achieve tehe goals of the organization.

Abstrak: Dalam aktivitas lembaga pendidikan, dijumpai bermacam-macam konflik yang melibatkan individu-individu, maupun kelompok-kelompok. Pada hakekatnya konflik ditandai dengan lima bentuk yaitu a). Konflik dalam diri individu b). Konflik antar individu c). Konflik antar anggota dalam satu kelompok, d). Konflik antar bagian pendidik dan kependidikan dalam institusi pendidikan dan juga konflik antar organisasi. Seringkali konflik tidak dapat dihindari dalam sebuah lembaga, karena pada prinsipnya konflik tersebut dapat menjadi kekuatan positif dan negatif, sehingga manajemen seharusnya tidak perlu menghilangkan semua konflik, tetapi hanya pada konflik yang menimbulkan dampak ganguan atas usaha organisasi mencapai tujuan saja yang perlu dihilangkan. Beberapa jenis atau tingkatan konflik mungkin terbukti bermanfaat pula digunakan sebagai sarana untuk perubahan atau inovasi. Dengan demikian konflik bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan, tetapi merupakan sesuatu hal yang perlu untuk dikelola agar dapat memberikan kontribusinya bagi perncapaian tujuan organisasi.

Full Text:

PDF

References


Aldag, R.J dan Stearns, T.M, Management, Cincinnati: South Western Publishing, 1987

DuBrin, A.J. Foundatiuon of Organizational Behavior: An Applied Perspective. London: Prentice-Hall International,1983

Echols, John M dan Shadily, Hassan. Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2005), 138

Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1976), 519

Luthans, F. Organizational Behavior. New York: McGraW-Hill Book Company,1985

Menurut Stoner dan Wankel, Manajemen, Alih Bahasa: Wihelmus, W Bakowatun. Jakarta: Intermedia, 1993

Owens, R.G, Organizational Behavior in Education, (Fourth Edition). Boston: Allynand Bacin Inc, 1995.

Robbin, Stephen P. Essential of Organizational Behavior, New Jersey: Prentice-Hall, 1984

Stephen P. Robbins, Managing Organizational Conflict, Prentice Hall Englewood Cliffs, New York, 1974

Stoner, J dan Freeman, R. Edward. Manajemen, Jakarta: CV. Intermedia, 1994.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot