Media Sosial sebagai Sumber Belajar bagi Generasi Z
Abstract
The main reason for this research is the attachment of Generation Z's life to social media. The author is interested in proving that social media is sufficient and interesting to be a source of learning for Generation Z. This research uses a literature study. With the established research stages, the authors can present a research result that can be accounted for. The result of this study is that social media can be used as a learning resource for Generation Z. However, teachers can be selective and provide appropriate references to students, which accounts and what types of social media contain educational content and those relevant to the theme—being studied.
Abstrak
Lekatnya kehidupan Generasi Z dengan media sosial menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan. Penulis tertarik untuk membuktikan bahwa media sosial mencukupi dan menarik untuk dijadikan sumber belajar bagi generasi Z. penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Dengan tahapan-tahapan penelitian yang ditetapkan, penulis yakin dapat menyajikan suatu hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian ini adalah media sosial dapat dijadikan sumber belajar bagi generasi Z. Namun demikian, para guru dapat berupaya selektif dan mampu memberikan rujukan yang tepat kepada peserta didik, akun mana saja dan apa jenis media sosial yang memuat konten edukasi, serta yang relevan dengan tema yang sedang dipelajari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ramli. “Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar.” Jurnal Ilmiah Didaktika 12, no. 2 (2012): 216–231.
Budi, Budi Budi, Ernita Arif, and Elva Ronaning Roem. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur.” Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) 3, no. 1 (2019): 34–44.
Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Publiciana 6, no. 1 (2016): 140–157.
Fitriyani, Pipit. “Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z.” In Knappptma, 7:307–314, 2018. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf.
Hafid, H. Abd. “Sumber Dan Media Pembelajaran.” Jurnal Sulesana 6, no. 2 (2011): 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kepustakaan. Bat: Literasi Nusantara, 2020.
Hastini, Lasti Yossi, Rahmi Fahmi, and Hendra Lukito. “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 10, no. 1 (2020): 12–28.
Manap dkk, Jamiah. “Penggunaan Dan Implikasi Media Sosial Terhadap Remaja Generasi Z.” In International Conference On Social and Economic Development (ICSED) 2016, 2012.
Morrison, G. R. Designing Effective Instruction. New York: John Wiley & Sons, Inc, 2004.
Napitupulu, Trinatasita, and Erli Mutiara. “Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube Dan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Negeri 8 Medan.” GARNISH : Jurnal Pendidikan Tata Boga 6, no. 1 (2022): 11–19.
Permana, Erwin Putera. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal PINUS 4, no. 1 (2018): 2442–9163.
Pratiwi, Ni Kadek Ayu. “Antara Tren Dan Interaksi: Gaya Bermedia Sosial Ala Gen-Z.” Cfds.Fisipol.Ugm.Ac.Id. Last modified 2022. Accessed April 30, 2022. https://cfds.fisipol.ugm.ac.id/id/2022/04/04/difussion-71-antara-tren-dan-interaksi-gaya-bermedia-sosial-ala-gen-z/.
Pujiono, Andrias. “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 1.
Pujiono, Andrias, Kanafi Kanafi, and Yonatan Alex Arifianto. “Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Membangun Kreativitas Siswa.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7, no. 1 (2022): 1–11.
Rastati, Ranny. “Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta.” Jurnal Kwangsan 6, no. 1 (2018): 60–73.
Sasmita, Rimba Sastra. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (2020): 99–103.
Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, and Junaidi Indrawadi. “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial.” Journal of Civic Education 2, no. 4 (2019): 313–323.
Widiastuti, Nela. “Berita Viral Di Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Media Massa Konvensional.” Jurnal Digital Media dan Relationship 1, no. 1 (2019): 23–30.
Zazin, Nur, and Muhammad Zaim. “Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z.” In Proceeding Antasari International Conference, 1:534–563, 2019. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3744.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v7i2.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.