Advance-Organizer and Team-Teaching: Suatu Strategi Mendukung Peran Guru Pendidikan Agama Kristen di Era Revolusi Industri 4.0

Yenni Septiani Purba

Abstract


PAK teachers also have a very strong influence in preparing children or students to become quality human resources. The problem faced is that some PAK teachers are not ready to face a fully digital and technology-oriented teaching system in the era of the 4.0 industrial revolution. Therefore, this study aims to provide a solution to this problem, by offering advance-organizer and team-teaching as a strategy for dealing with this problem. The author develops the concept of advance organizer, a concept pioneered by D. P. Ausubel, and applies it to the teaching strategy of team-teaching. This strategy will help PAK teachers to actively develop their own abilities, develop presentations and deliver them according to the needs of the educators. The results of this study are useful as recommendations in developing the role of PAK teachers in facing this industrial revolution era in Indonesia.

Abstrak
Guru PAK juga memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam mempersiapkan anak-anak atau siswa-siswi agar menjadi SDM yang berkualitas. Masalah yang dihadapi adalah sebagian Guru PAK belum siap untuk menghadapi sistem pengajaran yang serba digital dan berorientasi pada teknologi canggih pada era revolusi industri 4.0 tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberi solusi untuk masalah ini, dengan menawarkan advance-organizer dan team-teaching sebagai strategi untuk menghadapi masalah ini. Penulis mengembangkan konsep advance organizer, sebuah konsep yang dirintis oleh D. P. Ausubel, dan memberlakukannya dalam strategi pengajaran team-teaching. Strategi ini akan menolong para Guru PAK untuk aktif mengembangkan kemampuan diri, mengembangkan presentasi dan menyampaikannya sesuai dengan kebutuhan naradidik. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai rekomendasi dalam mengembangkan peran guru PAK untuk menghadapi era revolusi industri ini di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Adam, Aulia. Selamat Tinggal Generasi Milenial, Selamat Datang Generasi Z, https://tirto.id/selamat-tinggal-generasi-milenial-selamat-datang-generasi-z-cnzX. Diakses tanggal 22 Mei 2019.

Adeney, Bernard T. Etika Sosial Lintas Budaya. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Collins, Janet, Michael Hammond dan Jerry Wellington, Teaching and Learning with Multimedia. London & New York: Routledge, 1997.

Dale, Daryl. Teaching Basics Youth. New York: Christian Publication, 1985.

Djokopranoto, Richardus. Filosofi Pendidikan Indonesia: Rangkaian Esai Masalah Pendidikan. Jakarta: Obor, 2011.

Hasugian, Johanes Waldes. “Kurikulum Pendidikan Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2019): 36–54.

Hasugian, Johanes Waldes. Menjadi Guru PAK Profesional Melalui Supervisi Pendidikan Agama Kristen. 2nd ed. Medan: CV. Mitra, 2016.

Hasugian, Johanes Waldes. Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Kristen Yang Efektif. Prodi Teologi STT-SU, 2016.

Joyce, Bruce, Marsha Weil, Emily Calhoun, Models of Teaching Edisi Kesembilan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Lyotard, Jean-Francois. Posmodernisme: Krisis dan Masa Depan Pengetahuan. Jakarta: Teraju, 2004.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 1999.

Murwani, Elika Dwi, peny. Education for Change: Pendidikan untuk Perubahan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Orteza, Edna, ed. Religious Education in Asia: Challenges, Perspectives and Vision in the 21st Century. Hong Kong: Christian Conference of Asia, 2003.

Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.

Piliang, Yasraf Amir. Dunia yang Berlari: Mencari “Tuhan-Tuhan” Digital. Jakarta: Grasindo, 2004.

Rakhmat, Ioanes, Beragama dalam Era Sains Modern. Jakarta: Pustaka Surya Daun, 2013.

Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “Penanaman Nilai-Nilai Kristiani Bagi Ketahanan Keluarga Di Era Disrupsi.” Regula Fidei 5, no. 1 (2020): 13–24.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1997.

Sumaji, dkk., Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: Kanisius, 1998.

Sumiyatiningsih, Dien. Mengajar dengan Kreatif dan Menarik: Buku Pegangan untuk Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: Andi, 2006.

Supriadi, Dedi. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta, 1994.

Thompson, Cathy. Educational and Theological Basis for Curriculum Construction, dalam Religious Education in Asia: Challenges, Perspectives and Vision in the 21st Century, ed. Edna Orteza. Hong Kong: Christian Conference of Asia, 2003.

Tilaar, H.A.R., Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia, 1998.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v5i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.