MOTIVASI DAN KEBERHASILAN BELAJAR SISWA

Yohanes Joko Saptono

Abstract


Motivation to learn is so important, because it affects students’ learning outcomes. Anyone who is not motivated to learn will be unable to carry out the learning activities. Naturally, everyone performs an activity with a purpose. A motivated person will utilize all means he can get to achieve his goal. The levels of motivation are even used as an indicator of good or poor learners. Students who like certain subjects will study happily and vigorously. Motivation will undoubtedly determine learners’ level of achievement.

Abstrak: Motivasi belajar begitu penting, sebab berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak mungkin dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik. Setiap orang mempunyai tujuan melakukan sebuah aktivitasnya. Terdorongnya seseorang melakukan sebuah kegiatan, akan berjalan bersama dengan motivasi yang kuat, Motivasi untuk mencapai maksudnya dengan memanfaatkan segala daya upaya yang dapat dilakukan. Tinggi rendahnya motivasi selalu dijadikan indikator terhadap baik buruknya prestasi belajar peserta didik. Anak didik yang menyukai mata pelajaran tertentu akan senang mengikuti dan dengan penuh semangat mempelajarinya. Motivasi akan menentukan tinggi rendahnya pencapaian prestasi peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Burhanuddin, Salam. Pengantar Pedagogik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Engkoswara, dan Aan Komariah. Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010

Gunarsa, Singgih D. Psikologi Olah Raga Prestasi, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004

Irwanto, dkk. Psikologi Umum, Jakarta : Gramedia, 1989

Nainggolan, J M. Strategi Pendidikan Agama Kristen, Bandung: Generasi Info Media, 2008

Oemar Hamalik. Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002

Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2009

Sidjabat. BS. Menjadi Guru Profesional: Sebuah Perspektif Kristiani, Bandung: Kalam Hidup, 2000

Syaiful, Bahri Djamarah. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Tholib, Kasan. Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta: Studia Press, 2009

Winkel,. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia, 1996

Wasty, Soemanto. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.