Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral di Tengah Era Disrupsi
Abstract
Abstrak
Persoalan peserta didik dalam menghadapi dekadensi moral dalam pergaulan di era teknologi sangat riskan dapat membenturkan kerohanian. Persoalan tersebut akan menjadi ancaman bila peran guru pendidikan agama Kristen tidak memaksimalkan dalam mengupayakan pembelajaran sesuai Alkitabiah. Melalui metode kualitatif deskritif dapat disimpulkan bahwa guru sebagai pendidik dalam Etis-Teologis untuk mengatasi dekadensi moral pada masa disrupsi ini harus menjadi prioritas guru dan orang tua untuk bekerja sama dalam menekan dekadensi moral. Maka yang dilakukan guru adalah yang pertama mengetahui hakikat dekadensi moral dan tantangan di era disrupsi. Sehingga dapat memberi solusi bagi peserta didik. Kedua guru mengajarkan nilai etika Kristen dalam persepektif Alkitab sebagai landasan norma kehidupan yang diajarkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Dan yang ketiga Guru pendidikan Agama Kristen sebagai teladan dalam kehidupan dimanapun berada terlebih di dunia maya atau digital maka hal ini akan berdampak bagi perubahan peserta didik yang melihat dan meneladani sikap guru dalam berkomunitas didunia nyata maupun digital.
Full Text:
PDFReferences
Agung, Imanuel, and Made Astika. “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar.” Jurnal Jaffray 9, no. 2 (2011): 147. https://doi.org/10.25278/jj71.v9i2.99.
Ana. “Masyarakat Dilanda Bencana Moral.” Kompas.com, 2011.
Angelia, Inge. “Menyontek Sebagai Bagian Dari Dekadensi Moral Bangsa.” Journal of Civic Education 2, no. 2 (2019): 120–25. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.125.
Anthony, Michael J. Introducing Christian Education Fondasi Pendidikan Abad 21. Cetakan ke. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2017.
Arifianto, Yonatan Alex. “Peran Gembala Menanamkan Nilai Kerukunan Dalam Masyarakat Majemuk.” Voice Of Hamy Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2020): 1–13.
Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.
Bashori, Khoiruddin. “Pendidikan Politik Di Era Disrupsi.” Sukma: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2018): 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018.
Belo, Yosia. “BUAH ROH DALAM GALATIA 5:22-23 DAN PENERAPANNYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” JURNAL LUXNOS 6, no. 2 (2020): 89–95. https://doi.org/10.47304/yosia.
Berkhof, Louis, and Chornelius Van Til. Foundation of Christian Education. Terjemahan. Surabaya: Momentum, 2010.
Bilo, Dyulius Thomas. “KORELASI LANDASAN TEOLOGIS DAN FILOSOFIS DALAM PENGEMBANGAN PRINSIP DAN PRAKSIS PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 3, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46.
Boice, James Montgomery. Dasar-Dasar Iman Kristen (Foundations of Christian Faith). Edited by Solomon Yo. Cetakan Ke. Surabaya: Penerbit Momentum (Momentum Christian Literature), 2015.
Brownlee, Malcolm. Pengambilan Keputusan Etis Dan Faktor-Faktor Di Dalamnya. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
Budiyana, Hardi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Cetakan ke. Surakarta: STT Berita Hidup, 2017.
Cahyo, Edo Dwi. “Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 9, no. 1 (2017): 16–26. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150.
Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak.” Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan 17, no. 2 (2017): 315–30. https://doi.org/10.21274/dinamika/2017.17.2.315-330.
Darmawan, I Putu Ayub. “Pendidikan Kristen Era Postmodern.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, no. Setiawan 2007 (2014): 31–40.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.
Denney, Andrew S., and Richard Tewksbury. “How to Write a Literature Review.” Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218–34. https://doi.org/10.1080/10511253.2012.730617.
Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2020): 1–22. https://doi.org/10.46558/bonafide.v1i1.7.
Ermindyawati, Lilis. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2, no. 1 (2019): 40–61. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.27.
Grafura, L, and A Wijayanti. Spirit Pedagogi Di Era Disrupsi. Yogyakarta: LAKSANA, 2019. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=6RSwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=pengertian+era+digital&ots=4E5RNCHDL3&sig=laBtKLr5Gt_AyrvaBnK9bDzLfLc.
Gultom, Andar, and Saur Hasugian. “Profesionalisme Standar Kompetensi Dan Pengembangan Profesi Guru PAK.” Bandung: Bina Media Informasi, 2007.
Handitya, Binov. “Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi.” Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan, 2018.
Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: ANDI, 2012.
Hendrick, howard G. Mengajar Untuk Mengubah Hidup. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2011.
“Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Dengan Perilaku Anak Dalam Penggunaan Gadget Di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara.” Jurnal Keperawatan 6, no. 2 (2018).
Intarti, E.R. “Guru Pendidikan Kristen Sebagai Motivator.” Guru Pendidikan Kristen Sebagai Motivator. Jurnal Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI 1, no. 2 (2016): 28–40. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v1i2.626.
Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei 1, no. 2 (2016): 28–40. https://doi.org/10.33541/regula fidei.v1i2.626.
Ismail, Andar. Ajarlah Mereka Melakukan: Kumpulan Karangan Seputar Pendidikan Agama Kristen. Gunung Mulia, 1998.
Jamal, Nur, Kata Kunci, Remaja Dan, and Dekadensi Moral. “Pengajian Dan Dekadensi Moral Remaja.” KABILAH: Journal of Social Community 1, no. 1 (2016): 170–97.
Kristen, Siswa I, Tarutung Kecamatan, and Sipoholon Kota. “P-Issn : 2549-3043 e-Issn : 2655-3201 Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa/i Kristen Tarutung Kecamatan Sipoholon Kota Taput” 5 (2019): 312–20.
Kristina, Oktavia. “Pentingnya Pendidikan Etika Kristen Untuk Perguruan Tinggi,” 2020.
Lasmawan, I Wayan. “Era Disrupsi Dan Implikasinya Bagi Reposisi Makna Dan Praktek Pendidikan (Kaji Petik Dalam Perspektif Elektik Sosial Analisis).” Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1, no. 1 (2019): 54–65. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v1i1.13.
Mochammad, Iskarim. “Dekadensi Moral Di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI Dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa).” Edukasia Islamika 1, no. 1 (2016): 1–20. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/766.
Muliawaty, Lia. “Peluang Dan Tantangan Sumber Daya Manusia Di Era Disrupsi.” Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi 10, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i1.1416.
Murtini, Sri, and Agus Sutedjo. Era Revolusi Industri 4.0: Dilematis Bagi Alumni Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional UNESA: Pendidikan Indonesia Menyongsong Revolusi Industri 4.0, 2018.
Ndraha, Nova Anggreani, and Wiyun Philipus Tangkin. “GURU SEBAGAI INOVATOR DALAM PENANAMAN NILAI MORAL SISWA BERDASARKAN PANDANGAN KRISTIANI DI ERA DIGITAL.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan 5, no. 1 (2021): 71–86.
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2012.
———. Fondasi Pendidikan Kristen - Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili. Edited by Redaksi BPK Gunung Mulia. Ke-3. Bandung: STT Bandung, 2016.
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
R, Boehlke Robert. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. 6th ed. Jakarta: Gunung Mulia, 2011.
Rantung, Djoys Anneke. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk.” Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2017): 177.
Sagala, Lenda Dabora. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2017): 48.
Samani, Muchlas, and Hariyanto. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya., 2013.
Setiardi, Dicky. “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Disrupsi.” Seminar Nasional PKn UNNES, 2018.
Seymour, Jack. Memetakan Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.
Simamora, May Rauli, and Johanes Waldes Hasugian. “PENANAMAN NILAI-NILAI KRISTIANI BAGI KETAHANAN KELUARGA DI ERA DISRUPSI.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 13–24.
Simorangkir, Nisma, and Dosen STAKN Tarutung. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Melalui Proses Pembelajaran.” Jurnal Saintech, 2013.
Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 1 (2020): 49–66.
Tafonao, Talizaro. “Peran Guru Agama Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digital,” 2019.
Taulabi, Imam, and Bustomi Mustofa. “Dekadensi Moral Siswa Dan Penanggulangan Melalui Pendidikan Karakter.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (2019): 28–46.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peran Gembala Sidang Sebagai Pendidik Dalam Pertumbuhan Rohani Jemaat.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2, no. 2 (2019): 362–87. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.45.
Tenny, Tenny, and Yonatan Alex Arifianto. “Aktualisasi Misi Dan Pemuridan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Era Disrupsi.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 41–57.
Thomas Lickona. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Remaja Rosda karya, 2013.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Utomo, Bimo Setyo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 2 (2017): 102. https://doi.org/10.30648/dun.v1i2.111.
Verkuyl, J. “Aku Percaya.” Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2001.
Waruwu, Mesirawati, Yonatan Alex Arifianto, and Aji Suseno. “Peran Pendidikan Etika Kristen Dalam Media Sosial Di Era Disrupsi.” JUPAK: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 38–46.
Wisnarni, Wisnarni. “Implikasi Guru Profesional Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan 14, no. 1 (2018): 31. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i1.253.
Wulandari, Sari. “DEKONSTRUKSI SENI RAJUT KEJUT DI ERA DISRUPSI.” JOURNAL OF CONTEMPORARY INDONESIAN ART 5, no. 2 (2019): 92–104.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v6i1.84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.