Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran di Sekolah Minggu

I Putu Ayub Darmawan, Diana Kristanti

Abstract


Sunday School is a forum for education in the church which is held with the aim of fostering members of the congregation. The learning process in Sunday school needs to continue to innovate so that the message of the Bible can be well understood. To help Sunday school children understand the Bible's message, one of the lessons that can be applied is a cooperative learning model picture and picture. The author then conducted a qualitative study to examine the application of picture and picture in learning in Sunday school. The results showed that the application of picture and picture can help increase the ability to listen and retell through sorting according to the storyline.

Abstrak
Sekolah Minggu adalah wadah pendidikan dalam gereja yang diselenggarakan dengan tujuan untuk membina anggota jemaat. Proses pembelajaran di sekolah minggu perlu terus berinovasi sehingga pesan Alkitab dapat dipahami dengan baik. Untuk membantu anak-anak sekolah minggu memahami pesan Alkitab, salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah cooperative learning model picture and picture. Penulis kemudian melakukan penelitian kualitatif untuk mencermati penerapan picture and picture dalam pembelajaran di sekolah minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan picture and picture dapat membantu peningkatan kemampuan menyimak dan menceritakan kembali melalui pengurutan gambar sesuai alur cerita.

Full Text:

PDF

References


Adhimah, Fefti Nur, dan Nurhenti Simatupang. “Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok A Di TK Muslimat Sidoarjo.” PAUD Teratai 3, no. 3 (2014): 1–6.

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS, 2013.

Agustina, Lia, dan Sri Slamet. “Upaya Meningkatkan Rasa Pecaya Diri Anak Melalui Cerita Bergambar Kelompok B Di TK Desa Singopuran 1 Kartasura Tahun Ajaran 2017/2018.” S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018. http://eprints.ums.ac.id/66875/.

Arbangi, A. Manajemen Mutu Pendidikan. Prenada Media, 2016.

Arsyad, Azhar. Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Darmawan, I P. Ayub. Menjadi Guru Yang Terampil. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

Darmawan, I. Putu Ayub. Dasar-Dasar Mengajar Sekolah Minggu. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2015.

Darmawan, I Putu Ayub. “Pembelajaran Memorisasi dalam Ulangan 6:6-9.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 1 (2019): 25–31.

Hildayani, Rini. “MODUL 1: Perkembangan Manusia.” Dalam Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang: Universitas Terbuka, 2014.

Kaschel, Reiner, Sergio Della Sala, Anna Cantagallo, Andrea Fahlböck, Ritva Laaksonen, dan Miguel Kazen. “Imagery mnemonics for the rehabilitation of memory: A randomised group controlled trial.” Neuropsychological Rehabilitation 12, no. 2 (1 Maret 2002): 127–53. https://doi.org/10.1080/09602010143000211.

Lubis, Elfi Lailan Syamita. “Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 417–20. Medan: Universitas Negeri Medan, 2017. http://semnasfis.unimed.ac.id/index.php/artikel/.

McDaniel, Mark A., dan Michael Pressley. Imagery and Related Mnemonic Processes: Theories, Individual Differences, and Applications. New York, NY, US: Springer Science & Business Media, 1987.

Miftah, M. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 2 (2013): 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105.

Nuh, Semion, I. Putu Ayub Darmawan, dan Edi Sujoko. “Implementasi PAK Konteks Gereja Di GKII Tandang, Semarang.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2019): 59–70. https://doi.org/10.36270/pengarah.v1i1.7.

Odoh, Obden Sumero, dan Anita Rohana Sitio. “Pengaruh Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dan Pelatihan Guru Terhadap Kualitas Mengajar Guru Sekolah Minggu Di Gereja Kristen Kemah Daud Wilayah Jabodetabek.” Jurnal Pembaharu 5 (2019): 34–50.

Pontoh, Widya P. “Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak.” JURNAL ACTA DIURNA 2, no. 1 (2013): 1–11.

Purwanto, Hary. “Manfaat Penelitian Untuk Perkembangan Gereja.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2016.

Richards, Lawrence O. Pelayanan Kepada Anak-Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2013.

Richardson, John T. E. “The efficacy of imagery mnemonics in memory remediation.” Neuropsychologia, The Neuropsychology of Mental Imagery, 33, no. 11 (1 November 1995): 1345–57. https://doi.org/10.1016/0028-3932(95)00068-E.

Riniwati, Riniwati. “Bentuk Dan Strategi Pembinaan Warga Jemaat Dewasa.” Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen STT Simpson Tahun 2016 Tema: Strategi Pembinaan Jemaat Untuk Meningkatkan Kehidupan Jemaat, 1–13. Ungaran: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2016.

Setiawan, Diana Tjie. “Bible Mnemonik 5.” Sekolah Tinggi Theologia Baptis Indonesia, 6 Mei 2019.

Sulfemi, Wahyu Bagja, dan Hilga Minati. “Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 4, no. 2 (15 September 2018): 228–42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3857.

Wahyuni, Sri. “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida.” JURNAL RAUDHAH 5, no. 2 (2017): 1–29.

Wenas, Maria Lidya, dan I. Putu Ayub Darmawan. “Signifikansi Pendidikan Anak Dalam Perspektif Alkitab.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 2 (2017): 118–28.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v5i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.