FILSAFAT PENDIDIKAN DRIYAKARA DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA INDUSTRI 4.0

Eustalia Wigunawati

Abstract


There are so many challenges faced in the world of education in the era of industrial revolution 4.0. In answering this, the writer made an article that use literature study methods from several literatures with content analysis studies. In the article the author emphasizes that educators must restore the essence of an education. As offered by Driyarkara in his thoughts and integrated with the philosophy of humanism education. The main actors in education are parents and children. The essence of an education is the inculcation of religious values and morals. The educational values conveyed by Driyarkara are basic education which consists of parents and children. The task of parents as educators is to accompany children to become mature humans. Children learn to become adults by learning directly and actively. Thus, children will realize the benefits of learning itself. In the process there must still be discipline and the implementation of values.




Abstrak: Ada begitu banyak tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan di era revolusi industri 4.0. Dalam tulisan ini, penulis berusaha menjawab tantangan tersebut dengan metode studi pustaka dari beberapa literatur dengan kajian analisis isi. Dalam artikel penulis menekankan bahwa para pendidik harus mengembalikan esensi dari sebuah pendidikan. Seperti yang ditawarkan oleh Driyakara dalam pemikirannya dan dipadukan dengan filsafat pendidikan humanism. Pelaku dalam pendidikan yang utama adalah orangtua dan anak. Esensi dari sebuah pendidikan adalah penanaman nilai-nilai dan moral keagamaan. Nilai-nilai pendidikan yang disampaikan oleh Driyarkara adalah pendidikan mendasar yang didalamnya terdiri dari orangtua dan anak. Tugas orangtua sebagai pendidik adalah mendampingi anak agar menjadi manusia yang dewasa. Anak belajar menjadi manusia dewasa dengan belajar secara langsung dan aktif. Dengan demikian, anak akan menyadari manfaat dari belajar itu sendiri. Dalam prosesnya harus tetap ada pendisiplinan dan pelaksanaan nilai-nilai.

Full Text:

PDF

References


Agus, P. Manfaat dan Tantangan Platform Digital Industry 4.0. Diunduh pada tanggal 8 Februari 2019 pada https://digitalentrepreneur.id/revolusi-industri-4-0/, 2018.

Boiliu, Noh, Ibrahim, Sumbangsih Paulo Freire Bagi Pendidikan Kristen di Indonesia. Torah, Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol.1 No.2 September 2016, 1-15.

Boiliu, Noh, Ibrahi, Sumbangan Filsafat Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Fidei, Vol. 1 No.2 September 2016, 233-259.

Hanurawan, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rosda. 2004.

Pengasuh Majalah Basis, Driyarkara Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1980.

Rohman, Abdul. & Ningsih, Yenni Eria, Pendidikan multicultural: Penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0, Diseminarkan pada Seminar Nasional Multidisiplin 2018 di UNWAHA Jombang, 29 September 2018.

Sudiarja, A., Subanar, G. Budi., Sunardi, S., & Sarkim, T, Karya Lengkap Driyarkara: Esai-Esai Filsafat Pemikir Yang Terlibat Penuh Dalam Perjuangan Bangsanya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Syamsuar & Reflianto, Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0, E-TECH: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Vol. 6(2), 2018.

Treurini, Frieda, Driyarkara si Jenthu, Jakarta: Penerbut Buku Kompas, 2013.

Yahya, Muhammad., Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia, Disampaikan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar, 14 Maret 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.