Transformasi Kurikulum Pendidikan Agama Kristen: Menjawab Tantangan Pendidikan Abad 21

Franklin Franklin, Dyulius Thomas Bilo

Abstract


Di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat, Pendidikan Agama Kristen menghadapi tantangan yang kompleks dalam menjawab kebutuhan dan dinamika abad 21. Artikel ini membahas transformasi kurikulum Pendidikan Agama Kristen sebagai respon terhadap tantangan tersebut. Penelitian ini mengeksplorasi berbagai aspek yang perlu diperhatikan dalam merancang kurikulum yang relevan dan adaptif, termasuk integrasi teknologi, pengembangan karakter, dan pembentukan keterampilan berpikir kritis serta kreatif. Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur, wawancara dengan pendidik, dan analisis kurikulum yang telah diterapkan di beberapa institusi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum Pendidikan Agama Kristen perlu mengalami pembaruan yang signifikan, dengan fokus pada pendekatan interdisipliner dan pengembangan spiritualitas yang relevan dengan konteks modern. Artikel ini menawarkan rekomendasi praktis untuk para pendidik dan pembuat kebijakan dalam mengimplementasikan transformasi kurikulum yang dapat membekali siswa dengan pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

Keywords


Kurikulum; Pendidikan; Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Ansyar, Mohamad, Kurikulum: Hakekat, Fondasi, Desain dan Pengembangan (Jakarta: Kanca, 2017).

Gaol, R. L., & Hutasoit, R. Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja yang Bertransformasi bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z dalam Era Digital, Lumban Gaol, KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi. Kenosis: Jurnal Kajian Teologi, Vol. 7, No. 1 (2021): 146–172.

Tung, Khoe Yao. Pendidikan Kristen, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Yogyakarta: ANDI, 2013).

Nazir, M, Metode penelitian, (Yogyakarta: Ghalia Indonesia, 2003).

Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. PALAPA, Vol. 8, No. 1 (2020): 42–55.

Susilowati, Heni, STIE STEKOM, Tantangan Pendidikan dan Pembelajaran Abad 21, Oktober 2021. https://stiestekom.ac.id/berita/tantangan-pendidikan-dan-pembelajaran-abad-21/2021-10-06

Tani, F., Boham, A., & Tangkudung, P. (2016). Kajian Peran Media Onlina Bagi Pemuda Di Gereja Advent Walantakan Kecamatan Langowan Barat. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, Vol. 5, No. 3 (2016): 85–92.

Zulfahmi, Najhan, (2024), 7 Macam Nama Generasi dan Tahunya, serta Perbedaan Karakteristiknya, https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7349623/7-macam-nama-generasi-dan-tahunnya-serta-perbedaan-karakteristiknya#:~:text=tahun%20sembilan%20puluhan.-,4.%20Generasi%20Y%20(Lahir%201980%2D1994),pekerjaan%20mencari%20peluang%20lebih%20baik




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot