Penerapan Model Backward Design dalam Desain Kurikulum PAK Pemuda untuk Merevitalisasi Semangat Patriotisme
Abstract
Upaya revitalisasi semangat patriotisme di kalangan pemuda sangat penting, karena pemuda berperan besar dalam kesejahteraan bangsa. Namun, perkembangan teknologi membawa dampak negatif, seperti kekerasan, ujaran kebencian, terorisme, bullying, penyalahgunaan teknologi, dan individualisme. Hal ini menjadi ancaman bagi semangat patriotisme. Gereja berperan dalam upaya ini melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK), dengan menawarkan desain kurikulum yang relevan. Penelitian ini menawarkan kurikulum PAK Pemuda dengan pendekatan Backward Design Model, yang mencakup tahapan dengan menentukan tujuan, perencanaan penilaian, dan kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Riset ini memberikan panduan bagaimana Backward Design Model dapat diterapkan dalam kurikulum PAK yang efektif, mendukung gereja dalam pembinaan iman dan karakter pemuda, serta menghidupkan kembali semangat patriotisme.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Homrighausen, E.G. & I.H. Enklaar. No Title. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media, 2016.
Llerena, Alvarez, Carlos Lenin. “The Benefits of Backward Design in the English as a Foreign Language Context.” IJEE (Indonesian Journal of English Education) 7, no. 2 (2020): 145–158.
Allen, Rick. The Essentials of Science, Grades 7-12: Effective Curriculum, Instruction, and Assessment. Priorities in Practice. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development, 2007.
Aristin, Rini. “Upaya Menumbuhkan Patriotisme Dan Nasionalisme Melalui Revitalisasi Makna Identitas Nasional Di Kalangan Generasi Muda,” n.d.
Bullard, Julie. Creating Curriculum in Early Childhood: Enhanced Learning through Backward Design. New York, NY: Routledge, 2020.
Sulidar, Fitri. “Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 2 (2017): 118–123.
Anggito, J.S Albi. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak Publisher, 2018.
Madung, Otto Gusti Ndegong, Adison Adrianus Sihombing, and Zaenuddin Hudi Prasojo. “Human Rights and Views of the Catholic Church under Habermas Discourse Theory: Discovering Common Ground in Differences.” Journal of Southeast Asian Human Rights 7, no. 2 (2023): 154–175.
Heineke, Amy J., and Jay McTighe. Using Understanding by Design in the Culturally and Linguistically Diverse Classroom. Alexandria, Virginia: ASCD, 2018.
Martono, Eko. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, 2015.
Moore, Kenneth D. Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. 2nd ed. Thousand Oaks, Calif: Sage Publications, 2009.
Ndraha, Amurisi, Pipit Endayani Zalukhu, and Dorkas Orienti Daeli. “Pengembangan Spiritualitas Kaum Muda Melalui Katekisasi.” Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan 15, no. 1 (July 7, 2022)
Pazmino, Roberth. “Fondasi Pendidikan Kristen,” 2012.
Widiatmaka, Pipit. "Peran Organisasi Kepemudaan Dalam Membangun Karakter Pemuda Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Pemuda (Studi Pada Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah)" Jurnal Ketahanan Nasional 22, no. 2. 2016.
Palinggi, Sandryones, Srivan Palelleng, dan Lutma Ranta Allolinggi. “Peningkatan Rasio Kejahatan Cyber Dengan Pola Interaksi Sosio Engineering Pada Periode Akhir Era Society 4.0 Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 4, no. 1 (2020): 145.
Rahmawati, Ineu. “The Analysis Ofcyber Crime Threat Risk Management To Increase Cyber Defense.” Jurnal Pertahanan & Bela Negara 7, no. 2 (2017): 51–66.
Rungkat, Nova Jelly. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff.” Jurnal Luxnos 8, no. 1 (2022): 25–39.
Sianipar, Wasinthon Fernando, Pardomuan Munthe, dan Renol P Sianturi. “Collegium Pastoral Di GKPI Resort Sigompulon Terhadap Peran Pemuda Dalam Gereja,” n.d.
Suwito, Anton. “Membangun Integritas Bangsa Di Kalangan Pemuda Untuk Menangkal Radikalisme,” no. 2 (2014).
Telaumbanua, Sozanolo, and Desi Sianipar. “Patriotisme Kristen: Pembelajaran Pak Keluarga Pada Anak Usia Dini” 5 (2021).
Telaumbanua, Sozawato. “Manajemen Pak Pemuda Di Era Digital.” Illuminate: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 3, no. 2 (January 22, 2021): 107–18. https://doi.org/10.54024/illuminate.v3i2.84.
“Undang-Undang Republik Indonesia No.40. Tahun 2009 Tentang Kepemudaan,” 2009.
Wiggins, Grant P., and Jay McTighe. Understanding by Design. Expanded 2nd ed. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development, 2005.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.251
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.