Kapasitas Sosial Guru Pendidikan Agama Kristen Berwawasan Multikultural di SMA Kristen Tumbang Samba, Kalimantan Tengah

Yuel Yuel, Wella Arisca Anjelina

Abstract


Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal bahwa di peserta didik di SMA Kristen Tumbang Samba berasal dari latar belakang yang berbeda. Menurut guru tersebut mata pelajaran agama mereka hanya diajarkan oleh guru agama Kristen dan guru agama Islam. Namun masih terdapat peserta didik yang beragama lain dari kedua agama tersebut. Hal ini yang dapat atau lambat laun akan memicu terjadinya konflik. Jika terjadi benturan  semakin membuat sekolah kondisinya menjadi melemah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kompetensi sosial guru PAK yang berwawasan multikultural di SMA Kristen Tumbang Samba. Metode penelitian kualitatif ini untuk melihat subjek penelitian yaitu perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang berlokasi di di Sekolah Menengah Atas Kristen (SMA Kristen) Tumbang Samba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial mengalami kebermaknaan ketika berjumpa dengan upacara ucapan syukur, budaya (Sanggar Seni Kariak Antang, tari dan Pramuka) dan kehidupan di SMA Kristen Tumbang Samba, Kalimantan Tengah.


Keywords


Kariak Antang; Kompetensi Sosial; Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Charmaz, Kathy, and Robert Thornberg. “The Pursuit of Quality in Grounded Theory.” Qualitative Research in Psychology 18, no. 3 (2021).

Ferary, Dorothy. “On Ki Hadjar Dewantara’s Philosophy of Education.” Nordic Journal of Comparative and International Education (NJCIE) 5, no. 2 (2021).

Genuis, Quentin I.T. “Dignity Reevaluated: A Theological Examination of Human Dignity and the Role of the Church in Bioethics and Endof-Life Care.” Linacre Quarterly, 2016.

Guo, Zac. “How To Reinvigorate Learning By Using Play.” Gamasutra: Zac Guo’s Blog.

Hasan, Muhammad, Tuti Khairani Harahap, Septian Nur Ika Trisnawati, Hajrah Hamzah, Alfonso Munte, Lasmaria Nami Simanungkalit, Lukman Hakim, Syahrial Hasibuan, Nur Arisah, and Nelson Suryadi Hasibuan. “Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila.” Penerbit Tahta Media (2023).

Hattu, Justitia Vox Dei. “Keterkaitan Pendidikan Kristiani Di Sekolah Dan Gereja.” Indonesian Journal of Theology 7, no. 1 (2019).

Jennische, Ulrik, and Adrienne Sörbom. “Governing Anticipation: UNESCO Making Humankind Futures Literate.” Journal of Organizational Ethnography 12, no. 1 (2023).

Jones, Phillip W. International Policies for Third World Education: Unesco, Literacy and Development. International Policies for Third World Education: Unesco, Literacy and Development, 2018.

Kanwil Kemenag Kalteng. “Jumlah Pemeluk Agama Dan Kepercayaan.” Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah. Last modified 2019. Accessed March 26, 2023. https://kalteng.kemenag.go.id/kanwil/artikel/42972/Jumlah-Pemeluk-Agama.

Kumoro, Nindyo Budi. “Dayak Kaharingan Di Tengah Perubahan Sosial Ekologi Dan Praktik Perpindahan Agama Di Pedesaan Kalimantan Tengah.” Jurnal Masyarakat dan Budaya (2020).

Mamarimbing, Natanael Yehezkiel, Imanuel Ezra, Apri Yardi, Chika Dwi Anatasya, Fifian Agustina Kowy, and Evi Mariani. “Meng-Antara Studi Literatur-Perbandingan Pythagoras Dan Musik Matematikalis.” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 1, no. 4 (2023): 1611–1629.

Munte, Alfonso. “Human Rights, Vocational High School, Christian Education-Homo Hortensis and Political Philosophy.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 14, no. 2 (2022): 907–926.

Nugrahhu, Putra Andino, Ratih Sulistyowati, Ni Nyoman Astrini Utami, and Jose Ernest. “Striving for Musical Excellence: A Study on the Development of Music Players’ Skills for Church Worship Accompaniment through Ensemble Training.” Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni 18, no. 1 (2023).

Pahan, Berth Penny. “Peran Nyanyin Ungkup Dalam Sejarah Pekabaran Injil Di Kalimantan.” Danum Pambelum: Jurnal Pendidikan dan Pelayanan 16, no. 1 (2020): 1–6.

Pahan, Berth Penny, and Arly Prasetya. “Pembinaan Tari Dan Musik Tradisional Kalimantan Tengah Sebagai Pendidikan Karakter Pada Siswa SMKN 1 Kuala Kapuas.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 5, no. 1 (2023): 110–121.

Pengky, Pengky, Octavia Octavia, Natali Seruyanti, Endri Endri, and Yesyurun Munthe. “Fluktuasi Pembelajaran-Peziarahan-Profesionalitas-Kode Etik Guru Di Indonesia.” Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar 2, no. 1 (2023): 60–75.

Picanussa, Branckly Egbert. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristiani.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik dan Agama 3, no. 1 (2020).

Puspita, Ratna. “Kemendikbud Sebut Jumlah SMK Sudah Lampaui Target.” Antara. Jakarta, 2020.

Putri, Yulia, Rahel Gloria Merlinda Suriani, Yohana Sefle, and Alfonso Munte. “Miroslav Volf’s Theosophy and Charitable Social Living.” Athena: Journal of Social, Culture and Society 1, no. 4 (2023): 219–231.

Riska, Meri, Nur Liansih, Novia Gustina, and Alfonso Munte. “Urgensial Filsafat, Kode Etik Dan Profesionalisme Guru Di Kalimantan Tengah.” SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (2023): 39–51.

Samuel, R, Jeni Utary, Dia Mirsa, and Yesyurun Munthe. “Pemikiran Emmanuel Levinas" I-Self (Moi-Soi), Nausea" Dan Egoik Teknologi Pendidikan.” INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan 2, no. 1 (2023): 12–26.

Shaw, Ian. “Qualitative Research in Social Work.” In Research and Social Work in Time and Place, 2023.

Sianipar, Desi. “Pendidikan Agama Kristen Yang Membebaskan.” Jurnal Shanan 1, no. 1 (2017).

Suriani, Rahel Gloria Merlinda, and Christine Akuilla Betaubun. “The Connection between the Cosmostheandric Philosopher Raimundo Panikkar and Interreligious Relations in Indonesia.” Indonesian Journal of Christian Education and Theology 1, no. 2 (2022): 70–81.

Tirayoh, Marlon Christian, Jeni Kistisia, Maya Permata Sinta, Sella Vinisya, Aprianto Wirawan, and Alfonso Munte. “Rethinking Juan Luis Segundo: Phenomenological Philosophy, Existentialism and Liberation Theology.” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 10 (2023): 605–621.

Tuju, Rifky Serva, Dinn Wahyudin, and Laksmi Dewi. “Mekanisme Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Di Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 5, no. 1 (2022).




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i2.213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s


  
 

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

 




slot dana

slot

slot