Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Penilaian Kinerja Guru yang Efektif
Abstract
Guru menjadi variabel penting dalam pendidikan. Kompetensi guru dalam mendidik, membina dan mengajar menjadi faktor penting yang harus diketahui. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemantauan kinerja guru. Kinerja guru sering dihadapkan pada berbagai tantangan. Penilaian yang tidak akurat dan tidak efektif dapat mengakibatkan kurangnya motivasi bagi guru, serta kurangnya pengakuan terhadap prestasi yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pendidikan melalui sistem penilaian kinerja guru yang efektif dalam lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengimplementasikan sistem penilaian kinerja guru yang holistik dan adil, sekolah dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan guru-guru, memfasilitasi pelatihan dan pengembangan yang sesuai, serta memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan kinerja guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anastasia Dewi Anggraeni. “Pengaruh Persepsi Atas Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah
dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol. 4 No. 3 (November 2017).
Angkotasan, Suleman, dan Soleman Watianan. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan
Mutu Pendidikan Di Kampus Stia Alazka Ambon.” KOMUNITAS: Jurnal Ilmu Sosiologi
, no. 2 (2021): 42–50. https://doi.org/10.30598/komunitasvol4issue2page42-50.
Boiliu, Esti. “Sumbangsih PAK Bagi Pertumbuhan Iman dan Moral Kaum Muda di Era Revolusi
Industri 4.0.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5 (14 Juni 2022): 58–74.
BPMP D.I. Yogyakarta. “Peningkatan Mutu Guru Melalui Penilaian Kinerja Guru (Pkg),” 6
November 2013. https://bpmpjogja.kemdikbud.go.id/peningkatan-mutu-guru-melalui
penilaian-kinerja-guru-pkg/.
Erwin Widiasworo. Cerdas Pengelolaan Kelas. (Yogyakarta: DIVA Press, 2018.
Esti Boiliu & Penta Astari Prasetya. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Mental
Block Pada Anak Usia Dini.” 2, no. 1 (2023): 19–39.
Groome, T. H. Christian Religious Education. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2020.
Irvan Wandiri. Upaya meningkatkan keterampilan menjelaskan dan bertanya guru melalui
supervisi klinis di SMA. Tangerang: PT. Mediatama Digital Cendekia, 2018.
Kartomo, Andhika Imam, dan Slameto Slameto. “Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi.” Kelola:
Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (2016): 219.
Muslimin, Muslimin. “Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam
Meningkatkan Prestasi Kerja Guru.” Indonesian Journal of Education Management &
Administration Review 4, no. 1 (24 Oktober 2020): 193–200.
Neneng Aminah, dkk. Keterampilan Dasar Mengajar. Cirebon: KovRinz Publishing, 2019.
Patilima, Sarlin. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan.”
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 0, no. 0 (2022): 228–36.
Puspitasari, Ika Fitri. “Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Se
Gugus Ngloro, Saptosari, Gunungkidul.” E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi
Pendidikan 10, no. 5 (2021): 466–76.
Raharjo, Sabar Budi. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian dan
Evaluasi Pendidikan 16, no. 2 (2013): 511–32.
Rahmah, Syarifah. “Pengawas Sekolah Penentu Kualitas Pendidikan.” Jurnal Tarbiyah 25, no. 2
(2018).
Rusman. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
S. Sagala. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.
Sulastri Taridara dan Rosihan Anwar. Transformasi Edukasi: Mengoptimalkan Kinerja Guru dan
Kualitas Layanan Melalui Program merdeka Belajar. Sigi: Feniks Muda Sejahtera, 2023.
Supadi. Manajemen Mutu Pendidikan. (Jakarta: UNJ Press, 2021.
Suwanto. Budaya Kerja Guru. Lampung: CV.GRE PUBLISHING, 2019.
Dendik Surya Wardana. “Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi.” Ilmiah Psikologi Terapan 1, no. 1 (2013): 88–109.
———. “Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi.” Jurnal: Ilmiah Psikologi Terapan 1, no. 1 (2013).
Hendri Rohman. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan 1, no. 2 (2020): 92–102.
Suratno, M. Rusdi, Hary Soedarta H. “Evaluasi Kinerja Guru Profesional (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Di Kota Jambi).” Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 12, no. 1 (2010): 37–44.
———. “Evaluasi Kinerja Guru Profesional (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Di Kota Jambi).” Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 12, no. 1 (2010): 37–44.
Uno Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Dendik Surya Wardana. “Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi.” Ilmiah Psikologi Terapan 1, no. 1 (2013): 88–109.
———. “Motivasi Berprestasi Dengan Kinerja Guru Yang Sudah Disertifikasi.” Jurnal: Ilmiah Psikologi Terapan 1, no. 1 (2013).
Hendri Rohman. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan 1, no. 2 (2020): 92–102.
Suratno, M. Rusdi, Hary Soedarta H. “Evaluasi Kinerja Guru Profesional (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Di Kota Jambi).” Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 12, no. 1 (2010): 37–44.
———. “Evaluasi Kinerja Guru Profesional (Studi Kasus Guru Sekolah Dasar Di Kota Jambi).” Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora 12, no. 1 (2010): 37–44.
Uno Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i1.210
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.