Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Minggu Menurut Pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters
Abstract
gereja menggunakan kurikulum agar proses pembelajaran lebih terstruktur dan terukur. Menyadari akan pentingnya kurikulum Pendidikan Agama Kristen dalam gereja perlu adanya tindak-lanjut dari sekolah minggu untuk memiliki kurikulum yang tetap. Namun, banyak gereja tidak menyadari akan hal ini sehingga tidak memiliki kurikulum sekolah minggu yang tetap, materi ditentukan oleh pengajar dan pembelajaran dijalankan tanpa tujuan yang jelas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pendekatan kurikulum Bobbitt dan charters untuk mendesain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen sekolah minggu menggunakan pendekatan Kurikulum Bobbitt dan Charters. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil dari penelitian ini ialah desain kurikulum sekolah minggu menurut pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters. Desain kurikulum Pembelajaran Agama Kristen menurut pendekatan Bobbitt dan Charters sangat relevan digunakan dalam sekolah minggu. Melalui penggunaan pendekatan kurikulum Bobbitt dan Charters dapat membantu membuat desain kurikulum Pendidikan Agama Kristen bagi siswa sekolah minggu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.C. Orsntein, and F.P.Hunkis. Curriculum Foundations, Principles , and Issues. USA: Pearson, 2009.
Ansyar, Mohamad. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain Dan Pengembangan. Jakarta: KENCANA, 2017.
Astuti, Dwi, Prof Siswandari, and Djoko Santosa. “E-Book for Problem Based Learning to Improve Learning Outcome of the Students” 158, no. Ictte (2017): 220–227.
Baharudin, M. “Pendidikan Agama Kristen Untuk Anak: Strategi Dan Model Pengajaran Di Sekolah Minggu.” Teologi & Pendidikan Kristiani 4, no. 1 (2017): 20–39.
Christiani, Tabita Kartika. “Belajar Dari Sejarah Gereja: Pendidikan Kristiani Untuk Anak Melalui Sekolah Minggu.” Gema Teologi 31, no. 1 (2007): 1–9. https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/view/98.
Hidayat, Udin Firman, Budiman Nainggolan, Jimson Sitorus, and Desi Sianipar. “Desain Kurikulum Sekolah Minggu Menurut Model Grassroots Rationale.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 2 (2022): 269–291.
———. “Desain Kurikulum Sekolah Minggu Menurut Model Grassroots Rationale.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 2 (December 14, 2022): 269–291. https://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei/article/view/354.
Horace Bushnell, Christian Nurture (New Haven: Yale University, 1960), dikutip Robert R. Boehlke. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.
I Putu Ayub Darmawan. Dasar Dasar Mengajar Sekolah Minggu. Jawa Tengah: Sekolah Tinggi Teologi Simpson, 2015.
Mariam Ulfa*, Bambang Yulianto. “Relevansi Model Kurikulum Bobbittt Dalam Kkni Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia (2019): 2–9.
Masykur. TEORI DAN TELAAH PENGEMBANGAN KURIKULUM. Bandar Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Ra, 2019.
Mat, Mualimin. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang.” Thesis (2012): 38–78. Kurikulum Pendidikan Agama Islam; Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2014.
Mison Immanuel Daud. Perkembangan Kurikulum Sekolah Minggu Gereja-Gereja Di Manado. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2022.
Pattinama, Yenny Anita. “Peranan Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 8, no. 2 (2020): 132–151.
Peter Wagner. Strategi Pertumbuhan Gereja. Malang: Gandum Mas, 2018.
Purnama, Windi. “Perkembangan Karakter Dan Iman Anak Sekolah Minggu.” pendidikankan Agama Kristen 1, no. 4 (2016): 1–6.
Ratag, Adolf Edwin. “Pengembanganan Kurikulum Sekolah Minggu.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 1, no. 1 (2017): 1–17.
Rungkat, Nova Jelly. “Pentingnya Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Pemuda Dalam Meningkatkan Spiritualitas Pemuda Menurut Teori Wychoff.” Jurnal Luxnos 8, no. 1 (2022): 25–39.
Sahertian, Marthen. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Sudut Pandang John Dewey.” JURNAL TERUNA BHAKTI 1 (2018): 1–16.
Samuel Agus Setiawan and Andrias Pujiono. “Urgenitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dalam Pelayanan Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Injili 1, no. 2 (2021): 102–110.
Tabita Kartika Christiani. Pendidikan Anak: Penting Tetapi Disepelekan? Dalam Ajarlah Mereka Melakukan, Andar Ismail. (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.
wisnu Sapto N, Sri Aryanti K. “PROS_Wisnu Sapto N, Sri Aryanti K_Pendidikan Agama Kristen_fulltext.Pdf.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 2019.
Wiwiet Arie Shanty, Talizaro Tafonao, and Desetina Harefa. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Bagi Anak Sekolah Minggu Kelas Madya.” Harati I, no. 1 (2021): 129–142.
Yenni Septiani Purba and Djoys Anneke Rantung. “Desain Kurikulum Pak Anak Usia 9-12 Tahun Di Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (Gkps) Dengan Menggunakan Teori Wyckoff.” Shanan 3, no. 2 (2019): 27–61.
Yudhi Kawangung, Rinto Hasiholan Hutapea, and Yuel Yoga Dwianto. ““Pemetaan Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Sekolah Minggu.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2020): 13–32.
DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i1.209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.