Berpikir Kritis Melalui Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Mind mapping diterapkan melalui berbagai aktivitas seperti diskusi kelompok, analisis teks agama, dan refleksi pribadi. Penulisan artikel ini menggunakan metode kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengorganisir dan menghubungkan konsep agama Kristen secara visual, serta mengidentifikasi hubungan sebab-akibat, memecahkan masalah, dan menganalisis pemikiran mereka secara lebih efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode mind mapping dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, memperkuat pemahaman tentang ajaran agama Kristen, dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amral, and Asmar. Hakikat Belajar & Pembelajaran. Edited by Guepedia. Bogor, 2020.
Arsana, I Komang, Made Suarjana, and Ni Wayan Arini. “Pengaruh Penggunaan Mind Mapping Berbantuan Alat Peraga Tangga Garis Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika.” International Journal of Elementary Education 3, no. 2 (2019): 99–107.
Berliana, Netty, Eny Enawati, and Ira Lestari. “Pengaruh Penggunaan Media Chemcrossworld Puzzle Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 7, no. 9 (2018): 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/27820/75676578050.
Binti Yusup, Wirastiani. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 18–31.
Boiliu, Noh Ibrahim. “Misi Pendidikan Agama Kristen Dan Problem Moralitas Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (Regula Fidei) 1, no. 1 (2016): 115–140. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/406.
Esther Rela Intarti. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen. REGULA FIDEI 4, no. 1 (2021): 36–46.
Hutapea, Rinto Hasiholan. “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 1, no. 1 (2019): 18–30.
Kurniawati, Dewi, and Arta Ekayanti. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran 3, no. 2 (2020): 107–114.
Lutfi, Ismail, Andi Asmawati Azis, and Ismail Ismail. “Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Literasi Sains, Kreativitas, Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” In Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194, 2017.
Nome, Nehemia. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik.” Phronesis: Jurnal Teologi dan Misi 2, no. 2 (2020): 158–176.
Panggabean, Justice Zeni Zari. “Pendidikan Kristiani Berbasis Berpikir Kritis: Sebuah Tawaran Model Pembelajaran Demokratis Berdasarkan Pemikiran Pendidikan Membebaskan Menurut Paulo Freire.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2022): 127–145.
Pardede, Parlindungan. “Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pendidikan Kristen.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 1–32. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/1.
Purwati, Purwati, Dede Darisman, and Aiman Faiz. “Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi Dalam Praksis Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3729–3735.
Rinaldus Tanduklangi. “Analisis Teologis Tentang Tujuan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Matius 28:19-20,.” PEADA-Jurnal Pendidikan Kristen 1, No.1, no. 1 (2020): 47–58. http://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/14.
Rismawaty, Sabar. Pendidikan Agama Kristen Terhadap Terbentuknya Nilai-Nilai Iman Kristiani. Cv. Azka Pustaka, 2022.
Saputra, Juanda, Agus Triyogo, and Aren Frima. “Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021): 5133–5141.
Sihotang, Kasdin. Berpikir Krtitis Kecakapan Hidup Di Era Digital. Depok: PT Kanisius, 2019.
Simamora, N S. “Hubungan Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Kreativitas Belajar PAK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli ….” Areopagus: Jurnal Pendidikan Dan … 19, no. 2 (2021): 35–50. http://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/areopagus/article/view/457.
Sindi Apriliyanti, Maya Dewi Kurnia, Jaja Jaja, and Cahyo Hasanudin. “Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Mind Mapping.” Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris 2, no. 3 (2022): 09–15.
Triana, Resta, Asrin Asrin, and Itsna Oktaviyanti. “Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk.” Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal 2, no. 1 (2021): 11–18.
Viani, Neni, and Yonatan Alex Arifianto. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 1–13.
Wati, Ni Nyoman Kurnia. “Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 5, no. 4 (2022): 440–446.
Windia, Dewi Tri. “Analisis Peranan Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 02 Petungesu Wagir Malang.” In Jurnal Seminar Nasional PGSD UNIKAM, 4:223–229, 2020.
Wulandari, Fitriana Ayu, Mawardi Mawardi, and Krisma Widi Wardani. “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 1 (2019): 10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:s
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.