Pola Pendidikan Agama Kristen yang Humanis dalam Pembentukan Perilaku Anak Usia 6-12 Tahun Melalui Persekutuan Doa Efata Jemaat GMIT Betlehem Oesapa Barat, Kota Kupang
Abstract
Persekutuan Doa Efata Jemaat GMIT Oesapa Barat Kota Kupang memiliki permasalahan yang dihadapi yakni: pertama, belum adanya Pendidikan Agama Kristen Yang Humanis. Kedua, pembentukan perilaku anak dalam ibadah. Kondisi perilaku anak-anak di kalangan persekutuan doa tidak tertib dalam ibadah Persekutuan doa. Kondisi seperti ini mendatangkan sorotan dari oknum-oknum tertentu menyangkut perilaku anak-anak dalam persekutuan doa tersebut. Metode yang dipakai adalah kualitatif deskriptif. Penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dan pendekatan pendidikan agama Kristen yang humanis harus memerhatikan kebutuhan, minat, dan perkembangan anak secara holistik. Pengurus membuat grup WhatsApp agar pengajar membagikan video-video yang berkaitan dengan Pendidikan Humanis lewat grup tersebut. Pengajar mengarahkan anak-anak dengan lemah lembut, bukan dengan kekerasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baskoro, Paulus Kunto. “Landasan Psikologis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 1 (December 4, 2020): 47–67. https://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id/index.php/jupak/article/view/6.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktik Pendidikan Agama Kristen: Dari Platon Sampai Ig. Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
Gearon, Liam, Arniika Kuusisto, Yonah Matemba, Saija Benjamin, Petro Du Preez, Pia Koirikivi, and Shan Simmonds. “Decolonising the Religious Education Curriculum.” British Journal of Religious Education 43, no. 1 (January 2, 2021): 1–8. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/01416200.2020.1819734.
Istarani. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada, 2012.
Maria Shalom, Jemima, and Roce Marsaulina. “Aplikasi Teori Belajar Humanis Dalam Pendidikan Agama Kristen.” JURNAL LUXNOS 7, no. 2 (December 16, 2021): 222–236. https://luxnos.sttpd.ac.id/index.php/20_luxnos_20/article/view/jemima_2021.
Marija, Petrus, Yudhi Kawangung, and Munatar Kause. “Pendekatan Humanis-Relegius Pada Pendidikan Kristen Sebagai Pembentukan Karakter Generasi Milenial .” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 1 (2019). Accessed June 13, 2020. http://e-journal.stakterunabhakti.ac.id/index.php/teruna/article/view/36.
Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rodsakarya, 2008.
Nuryatno, Agus. Mahzab Pendidikan Kritis. Yogyakarta: Resist Book, 2011.
Pramujiono, Agung, Suhari, Reza Rachmadtullah, Tri Indrayanti, and Bramianto Setiawan. Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karater Dan Pembelajaran Yang Humanis. Tangerang Selatan: INDOCAMP, 2020.
Silaban, Diana Rotua. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Konselor Bagi Perubahan Perilaku Remaja Kelas X-XI Di SMA Negeri 48 Jakarta Timur.” Regula Fidei 3, no. 1 (June 11, 2019): 459–481.
Somantri, Gumilar Rusliwa. “Memahami Metode Kualitatif.” Makara Human Behavior Studies in Asia 9, no. 2 (December 1, 2005): 57. https://scholarhub.ui.ac.id/hubsasia/vol9/iss2/8/.
Sosis, Richard. “Four Advantages of a Systemic Approach to the Study of Religion.” Archive for the Psychology of Religion 42, no. 1 (March 29, 2020): 142–157. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0084672420905019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Wadu, Ludovikus Bomans, Robeka Novita Dua Kasing, Andri Fransiskus Gultom, and Klemens Mere. “Child Character Building Through the Takaplager Village Children Forum,” 2021. https://www.atlantis-press.com/article/125955428.
DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v8i2.178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.