Kecerdasan Emosional Menurut Matius 5:1-48 dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Untuk Remaja di Era Digital

Sri Rizki Marpaung

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi secara efektif dan membangun hubungan sosial dengan orang lain sangat minim. Hal ini merupakan esensi dari kecerdasan emosional. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kecerdasan emosional menurut Matius 5. Bagian ini diimplikasinya ke dalam Pendidikan Agama Kristen di era digital, karena kecerdasaan emosional merupakan salah satu esensi dari ajaran Tuhan Yesus dalam Matius 5 dan bagian ini masih jarang yang membahasnya secara khusus. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan mengunakan eksegese yaitu dengan menafsirkan ajaran Tuhan Yesus dalam Matius 5 secara khusus mengenai kecerdasan emosional dalam Matius 5. Hasilnya adalah kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola emosinya, sehingga ini merupakan dasar untuk berelasi dengan orang lain. Hal ini harus berakar pada Allah itu sendiri, yaitu melalui perjumpaan dengan Tuhan Yesus. Maka, Pendidikan Agama Kristen berfungsi sebagai strategi mengajarkan kecerdasan emosional, bahkan menjadi wadah atau tempat untuk melatih dan membimbing peserta didik.


Keywords


Kecerdasan emosional, Matius 5, Pendidikan Agama Kristen

Full Text:

PDF

References


Aguas, Jake. “Emotional Intelligence in the Discourse of the Johannine Account.” Journal of Biblical Perspectives in Leadership 8, no. 1 (2018): 51–70.

Andrei, Olivia. “Enhancing Religious Education through Emotional and Spiritual Intelligence.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 79, no. 1 (February 10, 2023). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.7887.

Arockiasamy M.S. Seelvaraj, Bijoy Krishna Panda, and Muktipada Sinha. “Emotional Intelligence in Children of Christian Missionary Schools at Kolkata.” MIER Journal of Educational Studies Trends & Practices, January 1, 2021, 267–77. https://doi.org/10.52634/mier/2020/v10/i2/1346.

Babıak, Olha, Svitlana Sytnık, Olena Zharovska, Iryna Kondratıeva, Liudmyla Smokova, and Uliana Varnava. “Emotional Intelligence of Schoolchildren in the Educational Process.” BRAIN. Broad Research in Artificial Intelligence and Neuroscience 14, no. 1 (March 9, 2023): 14–29. https://doi.org/10.18662/brain/14.1/404.

Boiliu, Esti Regina. “Analisis Pendidikan Agama Kristen Terhadap Emotional Intelligence Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak.” JURNAL LUXNOS 8, no. 1 (June 29, 2022): 1–10. https://doi.org/10.47304/jl.v8i1.175.

Boiliu, Fredik Melkias. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 10, no. 1 (December 26, 2020): 107–19. https://doi.org/10.51828/td.v10i1.17.

Boiliu, Noh Ibrahim, Aeron Frior Sihombing, Christina M. Samosir, and Fredy Simanjuntak. “Mengajarkan Pendidikan Karakter Melalui Matius 5:6-12.” Kurios 6, no. 1 (April 29, 2020): 61. https://doi.org/10.30995/kur.v6i1.128.

Castañeda, David. “On Christian Education in the Digital Age: The Socialization of A Transformed Epistemology and Key Implications for Pedagogy.” Drew University, 2017. https://digitalcollections.drew.edu/UniversityArchives/ThesesAndDissertations/THEO/MA/2017/Castaneda/openaccess/DCastaneda.pdf.

Domeris, W. “Meek or Oppressed? Reading Matthew 5:5 in Context.” Acta Theologica 23, no. 1 (October 17, 2016): 131. https://doi.org/10.4314/actat.v23i1S.7.

Drigas, Athanasios, and Chara Papoutsi. “A New Layered Model on Emotional Intelligence.” Behavioral Sciences 8, no. 5 (May 2, 2018): 45. https://doi.org/10.3390/bs8050045.

Dustman, Teresa. “A Call for Emotional Intelligence Skills Training Curricula at Christian Colleges.” Journal of Research on Christian Education 27, no. 2 (May 4, 2018): 183–91. https://doi.org/10.1080/10656219.2018.1499572.

France, R.T. The New International Commentary on the New Testament: The Gosple of Matthew. Grand Rapids: William B. Eerdmans Publishing Company, 2007.

Gliebe, Sudi Kate. “Emotional Intelligence in Christian Higher Education.” Christian Higher Education 11, no. 3 (July 2012): 192–204. https://doi.org/10.1080/15363759.2010.515477.

Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional. 20th ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Heer, J.J. Injil Matius Pasal 1-22. 12th ed. BPK Gunung Mulia, 2013.

Karyawati, Lisa. “Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk.” Veritas Lux Mea 1, no. 1 (2019): 23–29.

Keener, Craig S. The IVP Bible Background Commentary: New Testament. Downers Grove, Ill: InterVarsity Press, 1993.

Kristianto, Kristianto. “Pengembangan Model Pembelajaran Agama Kristen Berbasis Kecerdasan Kristen Berbasis Emosional Di UKI Toraja.” KINAA JURNAL TEOLOGI 4, no. 2 (2019): 75–83.

Leo, Sutanto. Skripsi, Tesis, Dan Disertasi Teologi Kristen. Bandung: Lembaga Literature Babtis, 2022.

Littrell, Brittany. “A Biblical Model of Emotional Intelligence.” Liberty University, 2022. https://digitalcommons.liberty.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=4621&context=doctoral.

Mayer, John D., Peter Salovey, and David R. Caruso. “TARGET ARTICLES: ‘Emotional Intelligence: Theory, Findings, and Implications.’” Psychological Inquiry 15, no. 3 (July 2004): 197–215. https://doi.org/10.1207/s15327965pli1503_02.

Nainggolan, John M. PAK (Pendidikan Agama Kristen) Dalam Masyarakat Majemuk: Pedoman Bagi Guru Agama Kristen Dalam Mengajar. Cet. 2. Bandung: Bina Media Informasi, 2009.

Nauli Thaib, Eva. “Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 2 (February 1, 2013). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485.

Newman, Barclay M., and Philip C Stine. Pedoman Penafsiran Alkitab: Injil Matius. BPK Gunung Mulia, 2008.

Nolland, John. The Gospel of Matthew: A Commentary on the Greek Text. The New International Greek Testament Commentary. Grand Rapids, Mich: Bletchley: W.B. Eerdmans Pub. Co.; Paternoster Press, 2005.

Sihombing, Aeron Frior. “Relasi Etika Perjanjian Lama Dengan Etika Global Hans Kung.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 4, no. 2 (April 12, 2021): 163–92. https://doi.org/10.51828/td.v4i2.61.

Silalahi, Haposan. “Historical-Gramatical.” TE DEUM (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan) 8, no. 1 (April 8, 2021): 17–49. https://doi.org/10.51828/td.v8i1.43.

Sinaga, Donna Crosnoy Sinaga, Marlina Nasrani, Daniel Dowansiba, Elsina Sanawaty, and Angel Sarsarulu. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk,” 1:49–57. 1. Manokwari: Proseding STT Erikson-Tritt, 2021.

Stott, John. Khotbah Di Bukit; Injil Memanusiakan Manusia Di Bumi Guna Menyatakan Kasih Surgawi. 7th ed. Jakarta: Yayasan komunikasi Bina Kasih/ OMF, 2002.

Widiyanto, Mikha Agus, and Armin Sukri. “Perwujudan Kebahagiaan Dalam Relasi Interpersonal: Implementasi Etika Kerajaan Allah Berdasarkan Matius 5:3-9.” KURIOS 8, no. 1 (April 30, 2022): 175. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.547.




DOI: https://doi.org/10.46307/rfidei.v8i2.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.