Pemanfaatan Video Animasi Kartun Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Dunosel Ir. Koebanu, Agustinus Maniyeni, Maglon Ferdinand Banamtuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan validator dan respon peserta didik terhadap media video animasi kartun berbasis Macromedia flash 8 dengan materi Allah hadir dalam alam semesta yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (Penelitian dan pengembangan) dengan model Analysis Design, Development or Production, Implementation or Delivery dan Evaluations). Data dikumpulkan melalui angket/ kuesioner untuk dinilai oleh validator dan siswa sebagai responden kemudian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video animasi kartun berbasis Macromedia flash 8 dengan materi Allah Hadir dalam Alam Semesta layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli media sebesar  85,26%, ahli desain sebesar 92%, ahli materi sebesar 85%, respon uji satu orang sebesar 82%, uji kelompok kecil sebesar 89% dan uji kelompok besar sebesar 92,13%. Maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi kartun layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Macromedia Flash 8; Video Animasi Kartun

Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan. Multimedia Digital, Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: ANDI, 2010.

Cahyadi, Ani. Pengembangan Media & Sumber Belajar Teori & Prosedur. Banjarmasin. Kalimatan Selatan: Laksita Indonesia, 2019.

Jalinus, Nizwardi, dan Ambiyar. Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: KENCANA, 2018.

Kustandi, Cecep, dan Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA, 2020.

Panggabean, Nurul Huda, dan Amir Danis. Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis SAINS. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Putra, I Gusti, Tastra Dewa, dan Ignatius Suwatra. “Pengembangan Media Pembelajaran dengan Model ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” Edutech Universitas Pendidikan Ganesha 2 (2014): 1.

Rayanto, Yudihari, dan Sugianti. Penenlitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute, 2020.

suardi, Moh. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Suardi, Moh. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Suharjanto, Ari, Hery Sawiji, dan Tutik Susilowati. “Penerapan Media Pembelajaran dengan Penggunaan Software Prezi dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Diklat Komunikasi.” Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Administrasi Perkantoran, FKIP Universitas sebelas Maret Surakarta (2013).

Sutiah. Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2016.

Wardoyo, Tricipto Tunggul. Mengembangkan Model Pembelajaran Berbasis Video Animasi, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33541/rfidei.v8i1.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.