PENGARUH PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MINGGU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI YANG DIAJARKAN PADA ANAK USIA 9-12 (Kelas Besar) TAHUN DI GBI TAMAN

Marta Uli Nadapdap

Abstract


This study was conducted to represent the importance of professionalism of Sunday school teacher toward understanding of material taught to 9-12-year-old students (youth class) at GBI Meruya Jakarta Barat. In this study, the researcher wanted to know how significant the effect of professionalism of Sunday school teacher toward understanding of material. The data of this research is quantitative where the method of this research is survey of correlation or the effect between the variables investigated. The researcher, in this case, wanted to test the hypothesis related to dependent and independent variables. The independent variable is professionalism of Sunday school teacher (X) and the dependent variable is understanding of material (Y). The population of this research is 9-12-year-old students (youth class) at GBI Meruya Jakarta Barat. To collect the data, the researcher used questionnaire form answered in research sample. Based on the result, it is known that tcount (4.097) > ttable (2.048), so H0 was accepted and Ha was rejected. It means that professionalism of Sunday school teacher affected toward the understanding of material taught to 9-12-year-old students (youth class) (Y) at GBI (gereja Bethel Indonesia) Meruya Jakarta Barat. Based on the result above, it was found that determination coefficient (r square) reaches 0.375. Thus, the effect of teacher variable professionalism (X) toward understanding of material taught to 9-12-year-old students (youth class) (Y) at GBI (gereja Bethel Indonesia) Meruya Jakarta Barat is 37.5%, while the rest (37.5%) was affected by another factor not researched.


Abstrak: Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa pengaruh profesionalisme guru Sekolah Minggu terhadap pemahaman materi. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dimana jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ini yaitu metode survei berbentuk korelasi atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan pengaruh antar variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel bebas dalam skripsi ini adalah Profesionalime guru Sekolah Minggu (X) dan variabel terikatnya adalah Pemahaman materi (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak Sekolah Minggu pada Usia 9-12 tahun (kelas besar) Gereja Bethel Indonesia (GBI) Taman Meruya, Jakarta Barat. Untuk pengumpulan data penelitian ini digunakan angket yang disusun oleh peneliti dan dijawab pada sampel penelitian. Berdasarkan hasil dapat diketahui bahwa thitung (4.097) > ttabel (2.048) jadi H0 ditolak dan Ha diterima, berarti profesionalisme guru sekolah minggu (X) berpengaruh terhadap pemahaman materi yang diajarkan pada anak usia 9-12 (kelas besar) tahun di GBI Taman Meruya,Jakarta Barat, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh profesionalisme guru terhadap pemahaman materi yang diajarkan pada anak usia -12 tahun di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Taman Meruya, Jakarta Barat. Dan Dari hasil pengujian di atas diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.375. Jadi sumbangan pengaruh dari variabel profesionalisme guru (X) terhadap pemahaman materi yang diajarkan pada anak Usia 9 -12 tahun (Y) di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Meruya, Jakarta Barat adalah sebesar 37.5%, sedangkan sisanya (100% - 37.5%=62.5%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Boehlke, Robert. 2011. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen:dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

_____________. 2006. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: dari Plato sampai Ignatius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.Bagasari, Dina. 2015. Pengaruh Metode Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika (Skripsi). Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Indraprasta PGRI.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Groome, Thomas. 2011. Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Homrighausen dan Enklaar. 2007. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Keeler, Ronald F. 2015. Belajar Alkitab Melalui Permainan. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Mucslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

____________. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.