PENGARUH PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MINGGU TERHADAP PEMAHAMAN MATERI YANG DIAJARKAN PADA ANAK USIA 9-12 (Kelas Besar) TAHUN DI GBI TAMAN
Abstract
Abstrak: Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa pengaruh profesionalisme guru Sekolah Minggu terhadap pemahaman materi. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dimana jenis penelitian yang digunakan oleh penulis ini yaitu metode survei berbentuk korelasi atau pengaruh antar variabel yang diteliti. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan pengaruh antar variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel bebas dalam skripsi ini adalah Profesionalime guru Sekolah Minggu (X) dan variabel terikatnya adalah Pemahaman materi (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak Sekolah Minggu pada Usia 9-12 tahun (kelas besar) Gereja Bethel Indonesia (GBI) Taman Meruya, Jakarta Barat. Untuk pengumpulan data penelitian ini digunakan angket yang disusun oleh peneliti dan dijawab pada sampel penelitian. Berdasarkan hasil dapat diketahui bahwa thitung (4.097) > ttabel (2.048) jadi H0 ditolak dan Ha diterima, berarti profesionalisme guru sekolah minggu (X) berpengaruh terhadap pemahaman materi yang diajarkan pada anak usia 9-12 (kelas besar) tahun di GBI Taman Meruya,Jakarta Barat, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengaruh profesionalisme guru terhadap pemahaman materi yang diajarkan pada anak usia -12 tahun di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Taman Meruya, Jakarta Barat. Dan Dari hasil pengujian di atas diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.375. Jadi sumbangan pengaruh dari variabel profesionalisme guru (X) terhadap pemahaman materi yang diajarkan pada anak Usia 9 -12 tahun (Y) di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Meruya, Jakarta Barat adalah sebesar 37.5%, sedangkan sisanya (100% - 37.5%=62.5%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Full Text:
PDFReferences
Boehlke, Robert. 2011. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen:dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
_____________. 2006. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: dari Plato sampai Ignatius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.Bagasari, Dina. 2015. Pengaruh Metode Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika (Skripsi). Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Indraprasta PGRI.
Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Groome, Thomas. 2011. Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Homrighausen dan Enklaar. 2007. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Keeler, Ronald F. 2015. Belajar Alkitab Melalui Permainan. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Mucslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
____________. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926
View Regula Fidei Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.