PENERAPAN METODE PERMAINAN TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SD KRISTEN KANAAN TANGERANG

Stepanus Daniel, Friska Hasali

Abstract


This study was conducted to obtain answers about the application method of a game that affect the increased student motivation in learning Christian education at Canaan Christian elementary Tangerang. The method used in this study is a qualitative method. The population in this study were elementary school students grade 3 Tangerang Canaan Christian school year 2015/2016, while the focus of the study population are students of class 3b. In carrying out this study researchers using observation sheets, questionnaires and written test. Mengertahui observation sheet used for students' motivation in participating in learning activities. A questionnaire was used to determine students' opinions about the methods of the game, while the written test is used to determine the ability of students after participating in learning activities using games. The results of data analysis showed that the increased student motivation along with the increasing average value of cognitive students at each cycle. In addition, the psychomotor aspect, the students were active in participating in learning activities, whereas the affective aspects of students become more focused on listening to the regulations and instructions given by the teacher. This means that this study may be accepted where there is a positive and significant relationship between the application of the game method with increased student motivation grade 3 in Canaan Christian elementary Tangerang. Especially students of class 3b.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh jawaban tentang penerapan metode permainan yang berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Kristen Kanaan Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Kristen Kanaan Tangerang kelas 3 tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan fokus populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 3b. Dalam melaksanakan penelitian ini Peneliti mengunakan lembar observasi, kuisioner dan tes tertulis. Lembar observasi digunakan untuk mengertahui motivasi belajar siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kuisioner digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang metode permainan, sedangkan tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan permainan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa meningkatnya motivasi belajar siswa bersamaan dengan meningkatnya rata-rata nilai kognitif siswa pada setiap siklusnya. Selain itu, pada aspek psikomotorik, para siswa terlihat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sedangkan aspek afektif siswa menjadi lebih fokus dalam mendengarkan peraturan dan petunjuk yang diberikan oleh guru. Hal ini berarti bahwa penelitian ini dapat diterima dimana terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penerapan metode permainan dengan peningkatan motivasi belajar siswa kelas 3 di SD Kristen Kanaan Tangerang. Khususnya siswa-siswi kelas 3b.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asri, Sri Awan dan Yuliwati. 2013. Bahan Ajar Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: STKIP Kusuma Negara.

Atsusi “2C” Hiruni. 2014. Bermain Game di Sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Boehlke, Robert. 2011. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen:dari Yohanes Amos Comenius sampai Perkembangan PAK di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

_____________. 2006. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen: dari Plato sampai Ignatius Loyola. Jakarta: BPK Gunung Mulia.Bagasari, Dina. 2015. Pengaruh Metode Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika (Skripsi). Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Indraprasta PGRI.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Faizi, Nastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Groome, Thomas. 2011. Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Homrighausen dan Enklaar. 2007. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Jufri, Wahab. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Keeler, Ronald F. 2015. Belajar Alkitab Melalui Permainan. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Mucslich, Masnur. 2010. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2009. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

____________. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Regula Fidei telah terdaftar pada situs:

   

Published: Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Kristen
Address: Jl. Mayor Jendral Sutoyo, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630
Website E-Jurnal: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/index
e-ISSN: 2620-9926


View Regula Fidei Stats


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.