PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI MOTIVATOR
Abstract
Abstrak: Tanggung jawab guru adalah membantu peserta didik agar dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal. Potensi peserta didik yang harus dikembangkan bukan hanya menyangkut masalah kecerdasan dan keterampilan, melainkan menyangkut seluruh aspek kepribadian. Guru tidak hanya dituntut untuk memiliki pemahaman atau kemampuan dalam bidang belajar dan pembelajaran tetapi juga dalam memotivasi peserta didik. Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) berperan dalam mengajarkan nilai-nilai spritual dan memotivasi peserta didiknya. Guru PAK harus memahami konsep-konsep motivasi sehingga mampu berfungsi sebagai fasilitator perkembagan peserta didik, baik yang menyangkut aspek intelektual, emosional, sosial, maupun mental spiritual.
Full Text:
PDFReferences
Abineno, J.L.Ch. 1999. Pedoman Praktis untuk Pelayanan Pastoral. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Boehlke, Robert R. 2000. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen dari Plato sampai IG Loyoha. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Homrighausen, E.G. dan Enklaar, I.H. 2013. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
Ismail, Andar. 2009. Selamat Menabur 33 Renungan tentang Didik mendidik. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Pullias, Earl V. dan James D. Young. 1983. Guru Adalah Segala-galanya. Bandung: Tarate.
Seraano, Janse Belandina Non. 2009. Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen SD, SMP, SMA. Bandung: Bina Media Informasi.
Nuhamara, Daniel. 2009. Pembimbing PAK. Bandung: Jurnal Info Media.
Sidjabat, B. Samuel Sidjabat. 2009. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis. (Edisi Revisi). Yogyakarta: Yayasan ANDI
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Regula Fidei telah terdaftar pada situs:
| ![]() |
View Regula Fidei Stats